Berkat Menonton Anime, Kita Ahirnya Tahu 6 Makanan Khas Jepang Berikut Ini!

Makanan di anime mana yang pernah kamu cicipi?

Berkat Menonton Anime, Kita Ahirnya Tahu 6 Makanan Khas Jepang Berikut Ini!

Berkat Menonton Anime, Kita Ahirnya Tahu 6 Makanan Khas Jepang Berikut Ini!Menonton anime tak hanya memberikan hiburan semata lewat petualangan tokoh utama menggapai mimpinya saja. Lebih dari itu, dengan menonton anime kamu bisa mengetahui bagaimana kehidupan atau budaya orang Jepang yang sebenarnya. Mulai dari cara berpakaian sampai makanan yang biasa disantap. Pasalnya, bukan rahasia lagi jika Jepang telah memanfaatkan hiburan seperti anime atau manga untuk memperkenalkan dan mempromosikan budayanya ke seluruh dunia.

Buktinya, kamu pasti sudah hafal betul deretan nama makanan Jepang yang sering muncul di anime berikut ini.


[page_break no="1" title="Dorayaki"]


Berkat Menonton Anime, Kita Ahirnya Tahu 6 Makanan Khas Jepang Berikut Ini!Kalau kamu sering menonton anime Doraemon, pastinya udah enggak asing dengan makanan Jepang yang satu ini. Yup, dorayaki! Kue favorit Doraemon ini berbentuk  bundar sedikit tembam, dibuat dari dua lembar panekuk yang direkatkan dengan selai kacang merah. Selain rasanya yang enak, dorayaki juga punya sejarah yang menarik loh.

Konon Dorayaki pertama kali dibuat oleh seorang pendekar bernama Saito Musashibo Benkei. Dalam masa pemulihan setelah berperang, Benkei membuat adonan dari campuran air dan tepung di atas gong (kabarnya dorayaki dinamakan karena bentuknya seperti gong atau “dora” dalam bahasa Jepang). Benkei pun tak lupa membagikan makanan buatannya itu kepada penduduk yang telah merawatnya.

Di Indonesia sendiri, sudah banyak loh kedai-kedai yang menjual kue dorayaki ini.


[page_break no="2" title="Ramen"]


Berkat Menonton Anime, Kita Ahirnya Tahu 6 Makanan Khas Jepang Berikut Ini!Jika dorayaki sangat identik dengan Doraemon, maka ketika berbicara ramen pasti yang terlintas dipikiran adalah Naruto. Gimana enggak, sejak di awal-awal cerita, Naruto sangat hobi untuk datang ke kedai Ramen Ichiraku bersama guru atau teman-temannya. Pastinya kamu ngiler setiap Naruto dan kawan-kawan makan di kedai Ramen Ichiraku itu kan?

Meskipun cukup populer sebagai makanan Jepang, tapi sebenarnya ramen berasal dari Cina. Banyak variasi ramen yang biasa dibuat seperti disajikan dengan berbagai daging dan sayuran atau basa sup.

Saking populernya makanan berbentuk mie ini, sudah tak terhitung banyaknya tempat makan di Indonesia yang menjajakan ramen dengan berbagai variasi rasa.


[page_break no="3" title="Onigiri"]


Berkat Menonton Anime, Kita Ahirnya Tahu 6 Makanan Khas Jepang Berikut Ini!Jika di Indonesia dikenal dengan nama nasi kepal, maka Jepang punya makanan sejenis bernama Onigiri. Onigiri sendiri merupakan makanan berupa nasi yang dipadatkan sewaktu masih hangat sehingga berbentuk segitiga, bulat, atau seperti karung beras.

Cara makannya yang sederhana, membuat onigiri menjadi hidangan instan yang sering dibawa orang-orang untuk bekal di sekolah atau kantor.

LANJUT KE HALAMAN DUA


[page_break no="4" title="Dango"]


Berkat Menonton Anime, Kita Ahirnya Tahu 6 Makanan Khas Jepang Berikut Ini!Namanya memang terdengar asing, namun makanan Jepang ini merupakan salah satu makanan yang selalu muncul di dalam anime. Dango terbuat dari tepung beras yang kemudian dibentuk menjadi bola-bola kecil lalu dikukus atau direbus. Uniknya, di Indonesia atau lebih tepatnya di Jawa Barat juga ada makanan sejenis namun lebih dikenal dengan sebutan Bacil (bakso kecil) yang dibuat menyerupai sate.

Dango dapat dihidangkan dengan berbagai macam cara, seperti dango dengan taburan bubuk kacang kedelai (kinako), dimasukkan ke dalam mitsumame atau selai kacang merah yang diencerkan dengan air.


[page_break no="5" title="Sushi"]


Berkat Menonton Anime, Kita Ahirnya Tahu 6 Makanan Khas Jepang Berikut Ini!Siapa sih gak kenal makanan Jepang yang satu ini. Seperti kita tahu, sushi merupakan salah satu makanan khas negara Jepang yang terdiri dari nasi yang dibentuk bersama lauk  berupa makanan laut, daging, sayuran mentah atau yang sudah dimasak. Nasi sushi mempunyai rasa asam yang lembut karena dibumbui campuran cuka beras (mizkan), garam, dan gula.

Kepopuleran sushi juga yang menjadi alasan mengapa banyak anime yang memilih sushi sebagai hidangan yang sering disantap.


[page_break no="6" title="Takoyaki"]


Berkat Menonton Anime, Kita Ahirnya Tahu 6 Makanan Khas Jepang Berikut Ini!Bentuknya memang mirip dengan dango. Tapi, jika dango identik dengan rasa manis maka takoyaki terkenal akan rasa gurih yang memanjakan lidah. Terlebih dengan potongan gurita di dalamnya, semakin menambah rasa nikmat ketika kamu menggigit tiap potong takoyaki.

Sebagai makanan pinggir jalan, cukup mudah untuk menemukan pedagang takoyaki di Jepang. Tak mengherankan banyak karakter anime yang hobi menyantap hidangan gurita ini.

[read_more id="279702"]

Nah mana makanan Jepang yang ada di anime yang pernah kamu cicipi?

Diedit oleh Arya W. Wibowo

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU