Daftar 10 Musuh Batman Paling Berkesan – Siapa Saja Selain Joker?

musuh batman

Kalau membicarakan musuh Batman paling berkesan, sudah tentu Joker masuk. Tapi ada juga penjahat lain yang tak kalah populernya dari badut itu. Siapa saja?

10

Court of Owls

3304105-courtofowls

Trailer Transformers The Last Knight Perlihatkan Pecahnya Pertempuran Epik!

Trailer Transformers The Last Knight telah dirilis, menyajikan pertarungan baru yang lebih epik, dunia yang hancur, dan... Optimus jahat?
Baca Juga

Musuh Batman yang tergolong baru tapi berhasil menarik minat para pembaca. Court of Owls adalah konspirasi rahasia yang telah mengakar di Gotham selama ratusan tahun. Koneksi mereka begitu kuat dan anggota mereka sangat berpengaruh, hingga menghadapi mereka akan sangat sulit. Belum lagi pasukan rahasia Talon yang mereka miliki.

Court of Owl bahkan begitu berkesan hingga mereka tampil juga di serial TV Gotham.

9

Poison Ivy

Supervillain DC Comics - Poison Ivy

Musuh Batman yang satu ini menggambarkan apa yang terjadi kalau pecinta lingkungan jadi kelewat ekstrem. Ivy memiliki beberapa tanaman yang bisa menjerat dan menyulitkan musuh. Tubuhnya sendiri beracun dan bisa membahayakan musuh yang tidak hati-hati.

Ivy juga memiliki feromon yang dapat memikat musuh. Prestasi terbesar Ivy tak diragukan lagi adalah mengendalikan Superman di Batman: Hush. Ya, dalam satu kesempatan wanita ini pernah mengendalikan pahlawan super terkuat di bumi DC. Untung Batman dapat menangani masalah itu.

8

Penguin

batman-penguin

Penguin yang dibayangkan penulis di sini lebih ke Penguin versi komik, animasi, dan juga game – bukan makhluk mengerikan yang ditampilkan Tim Burton di Batman Returns. Penguin adalah seorang penjahat dengan kecerdasan tinggi dan cengkeraman yang cukup kuat di dunia hitam Gotham.

Penguin juga tak bisa diremehkan dalam pertarungan. Biasanya dia digambarkan mampu menggerakkan tubuh gemuknya lebih lincah dari orang awam. Tak hanya itu, payung kejutannya pun bisa ia jadikan senjata untuk membunuh orang.

Penguin disajikan dengan sangat baik oleh Robin Lord Taylor di serial TV Gotham.

7

Mr. Freeze

mr-freeze-batman

Dengan kemampuannya menembakkan es, Mr. Freeze adalah musuh yang bisa merepotkan banyak pahlawan – termasuk Batman. Versi Freeze yang paling berkesan sudah tentu adalah penampilannya di Batman: The Animated Series. Di sana, kisah masa lalu Freeze yang tragis menjadi pusat dari beberapa episode paling sedih di seluruh seri.

Kalau kamu mau melihat versi definitif Mr. Freeze, penulis menyarankan kamu mencoba menonton episode Heart of Ice.

6

Bane

Bane

Bane memulai debutnya dengan sangat meyakinkan. Menggunakan perpaduan kecerdasan dan otot, Bane berhasil membuat Batman kelelahan lalu mematahkan punggungnya. Tapi karakter yang satu ini sempat lama terkubur… hingga dia mengalami kebangkitan tak terduga.

Secret Six menyajikan Bane sebagai karakter yang lebih unik. Dia masih terasa sebagai penjahat, namun dia juga memiliki sisi-sisi menarik yang membuat dia menarik untuk didukung. Ia pun menjadi karakter yang lebih dalam ketimbang tukang pukul yang didukung oleh steroid super.

Lalu The Dark Knight Rises tayang, menyajikan Bane yang sangat menarik. Meski suaranya lucu, dan pada akhirnya ia tertutupi oleh satu karakter kejutan, Bane yang diperankan Tom Hardy ini tetap menarik. Hardy bisa menyajikan perpaduan pas antara otak dan otot, yang dimiliki juga oleh Bane di komik.


Kalau peringkat sepuluh hingga enam saja sudah seperti ini, siapa saja yang menduduki peringkat lima hingga satu? Kamu bisa mengetahuinya di halaman kedua!

1
2
SHARE
Previous articleLuke Cage akan Berlanjut ke Season 2!
Next articleInilah Daftar 7 Finisher Pegulat WWE yang Paling Heboh
Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.