Kimi no Na wa Sabet Penghargaan Film Animasi Terbaik di Ajang Los Angeles Critics Awards 2016!

kimi no na waKesuksesan film Kimi no Na wa sepertinya belum terbendung. Baru-baru ini, film besutan Makoto Shinkai tersebut didaulat sebagai film anime terbaik dalam ajang Los Angeles Critics Awards 2016. Sedangkan di posisi kedua diraih oleh film The Red Turtle karya Michael Dudok dan Studio Ghibli.

Los Angeles Critic Awards merupakan ajang prestisus tahunan yang diselenggarakan setiap bulan Desember, di mana para jurinya terdiri dari berbagai media cetak dan elektronik di kota Los Angeles.

Ada fakta unik terkait ajang Los Angeles Critics Awards, pasalnya beberapa film animasi Jepang yang berhasil meraih predikat film animasi terbaik di ajang ini, memiliki peluang besar untuk menyabet penghargaan sama di ajang Piala Oscar atau Academy Awards. Contohnya saja ketika Spirited Away karya animator legendaris Hayako Miyazaki yang meraih kemenangan di Los Angeles Critics Awards pada tahun 2002. Setahun berselang, Spirited Away sukses menyabet predikat film animasi terbaik di ajang Piala Oscar.

Sebelumnya, Kimi no Na wa juga sempat mengukir prestasi membanggakan di Stigas Film Festival 2016. Ajang bergengsi yang diadakan di Spanyol tesebut menganugerahkan Kimi no Na wa sebagai film animasi terbaik tahun ini.

kimi-no-na-wa-awardKimi no Na wa sendiri mengetengahkan kisah Taki yang tinggal di Tokyo dan Mitsuha yang berada di sebuah desa terpencil. Cerita pun semakin rumit sebab ketika tertidur, kadang tubuh mereka tertukar serta membuat kehidupan mereka menjadi kacau. Taki yang penasaran dengan fenomena aneh yang menimpanya, kemudian bertekad mencari tempat tinggal Mitsuha dan menemukan fakta yang tak pernah ia pikirkan sebelumnya.

Bukti sahih kenapa Kimi no Na wa merupakan film animasi terbaik bisa dilihat dari suksesnya film ini merajai puncak box office film Jepang. Bahkan bukan sekadar memuncaki, namun Kimi no Na wa juga selalu mendominasi puncak box office selama sembilan minggu berturut-turut sebelum dikalahkan oleh film live action Death Note, Death Note Light Up The New World.

Popularitas merajai box office selama sembilan minggu berturut-turut berbanding lurus dengan pendapatan yang diperoleh film Kimi no Na wa. Sampai bulan Desember ini, Kimi no Na wa sukses meraih hampir 19,9 milyar Yen atau sekitar Rp2,4 triliun. Pendapatan tersebut tentunya akan terus bertambah mengingat film ini masih akan tayang di beberapa negara termasuk Indonesia.

Diedit oleh Febrianto Nur Anwari

SHARE
Previous articleSebelum Menonton Film Headshot, Ketahui Dulu 5 Fakta Iko Uwais Berikut Ini!
Next articleTrailer Anime Force of Will Kedua Perlihatkan Unsur Ramayana!
Penikmat anime detective. Fans Liverpool layar kaca