Pecahkan Rekor, 11 Kota di Indonesia Siap Gelar Global Game Jam 2017!

11 kota dan mungkin masih akan bertambah. Ayo ikut nge-game jam bareng-bareng dengan developer game di seluruh dunia!

Pecahkan Rekor, 11 Kota di Indonesia Siap Gelar Global Game Jam 2017!

Pecahkan Rekor, 11 Kota di Indonesia Siap Gelar Global Game Jam 2017!

Kurang lebih satu bulan lagi, gelaran Global Game Jam (GGJ) 2017 akan segera digelar. Dan seperti tiga tahun berturut-turut sebelumnya (2014 hingga 2016), berbagai regional di Indonesia pun siap ikut meramaikan event game jam bareng seluruh dunia ini. Bahkan, GGJ 2017 Indonesia bakal lebih meriah dibandingkan gelaran tahun-tahun sebelumnya, karena untuk tahun ini tercatat sudah ada 11 site (tempat penyelenggara) yang tersebar di 11 kota di Indonesia!

Sedikit kilas balik, GGJ pertama kali diadakan di Indonesia pada tahun 2014, atas inisiatif dari komunitas developer game Yogyakarta alias Gamelan. Komunitas yang dikenal sangat aktif dalam menggelar event dan meetup ini mulai menggulirkan wacana untuk menggelar GGJ 2014. Gayung pun bersambut, dimana enam regional lain di Indonesia meliputi Pecahkan Rekor, 11 Kota di Indonesia Siap Gelar Global Game Jam 2017!

Berlanjut di tahun 2015, ada peningkatan dari sisi jumlah kota yang menyelenggarakan. Dari tujuh kota menjadi sembilan kota di penyelenggaraan tahun ini. GGJ semakin besar di tahun ketiganya, dimana GGJ 2016 diikuti lebih banyak peserta dan dengan fasilitas yang lebih memadai di setiap site-nya. Bagaimana dengan keikutsertaan Indonesia dalam GGJ 2017 nanti?

GGJ 2017 menurut rencana akan digelar awal tahun 2017 mendatang, tepatnya tanggal 20 hingga 22 Januari 2017. Sampai saat artikel ini ditulis sudah ada 11 site dari 11 kota yang terdaftar sebagai jam site. Kesebelas kota yang siap menggelar GGJ 2017 antara lain Jakarta, Bogor, Depok, Bandung, Semarang, Denpasar (Bali), Salatiga, Kediri, Malang, Surabaya, dan Makassar. Tentu saja dengan jumlah ini, GGJ 2017 memecahkan rekor di Indonesia dengan jumlah site paling banyak sepanjang sejarah penyelenggaraannya! Belum ditambah dengan Yogyakarta yang sampai artikel ini ditulis kabarnya masih melakukan persiapan.

Pecahkan Rekor, 11 Kota di Indonesia Siap Gelar Global Game Jam 2017!

Melihat daftar di atas, kita melihat ada beberapa kota yang baru tahun 2017 menjadi penyelenggara, yaitu Salatiga dan Kediri. Penyelenggaraan GGJ di dua kota baru ini tak lepas dari keberadaan dua studio top Indonesia di kota tersebut, antara lain Educa Studio di Salatiga, dan Tahoe Games di Kediri. Tentu saja, kehadiran GGJ ini diharapkan bisa memunculkan talenta-talenta baru di dua kota tersebut, serta menghidupkan komunitasnya.

Bagi yang berada di salah satu kota penyelenggara di atas dan ingin ber-game jam ria selama tiga hari berturut-turut, langsung saja daftarkan dirimu melalui salah satu tautan di bawah ini.

  • Jakarta
  • Depok
  • Bogor
  • Bandung
  • Salatiga
  • Semarang
  • Malang
  • Surabaya
  • Bali
  • Makassar
  • Kediri

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU