Dari Versus XIII sampai XV, Beginilah Sejarah Panjang Final Fantasy XV!

Final Fantasy Versus XIII XV
Desain Noctis sekarang dan dulu

Sudah lewat seminggu sejak peluncuran Final Fantasy XV ke pasaran. Duniaku.net pun sudah membahas luar-dalam game ini. Akan tetapi, satu hal penting belum disentuh yaitu sejarah panjang game terbaru garapan Square Enix ini. Selama satu dekade lamanya dia digodok hingga matang.

Mungkin kamu masih ingat, perjalanan Final Fantasy XV bermula sebagai game PS3 berjudul Final Fantasy Versus XIII. Saat pengumumannya di ajang Electronic Entertainment Expo (E3) 2006 silam, game ini dulunya merupakan bagian dari kompilasi bertema “Fabula Nova Crystallis,” di mana tiga judul game — Final Fantasy XIII, Final Fantasy Versus XIII dan Final Fantasy Agito XIII — akan menjadi sebuah miniseri baru dengan proses produksi yang serupa. Mulai dari mitos atau tema cerita hingga jadwal produksinya.

Strategi ini mungkin senada dengan “Compilation of FFVII,” sebuah sub-franchise yang mengumpulkan semua material yang berhubungan dengan Final Fantasy VII, baik film, novel, maupun game spin-off dengan tujuan untuk memperkaya dunia dan mitos di balik FF VII.

Final Fantasy Versus XIII FFVII Compilation
Timeline game dalam Compilation of Final Fantasy VII. Belum termasuk judul-judul novel.

Dikembangkan oleh tim yang menggarap serial Kingdom Hearts, Final Fantasy Versus XIII direncanakan menjadi “tidak hanya sekuel semata, tetapi kisah independen yang berlangsung di dunia yang berbeda dengan karakter yang berbeda.” Nama Versus XIII sendiri itu pula yang menggambarkan konsep tersebut, penambahan kata Versus sebagai antitesis dari XIII.

Jika Final Fantasy XIII mengambil lokasi di dunia fantasi yang terpecah belah; Cocoon dan Gran Pulse; maka untuk Final Fantasy Versus XIII, Square Enix menginginkan dunia yang terasa lebih nyata dan saling berhubungan. Dari situ tagline-nya yang berjudul “Fantasy based on reality” juga muncul

Akan tetapi nyatanya Versus XIII tidak kebagian perhatian yang sama dari sang pengembang. Saat Final Fantasy XIII mendapatkan trailer pengumuman yang cantik, sarat unsur aksi dan menggambarkan gameplay, Final Fantasy Versus XIII hanya diwakili oleh video Noctis merenung dan menuruni tangga saja selama dua menitan.

Ini yang Membuat FF XV Pantas Disebut Final Fantasy Paling Menyedihkan dalam Sejarah

Meskipun banyak yang kecewa karena ternyata FF15 bisa diselesaikan tidak lebih dari 14 jam saja, namun satu hal ini akan membuat siapa pun yang sudah menyelesaian game ini akan terus mengingatnya.
Baca Juga

Memang, kontras dengan kondisi sang “kakak perempuan” yang ceritanya sudah 80 persen komplit (dan tiga tahun kemudian rilis untuk PS3 pada 17 Desember 2009), game milik Noctis sendiri ternyata masih belum memiliki apa-apa selain teaser tersebut.

Bagaimana kelanjutannya? Simak di halaman 2!

1
2
3
SHARE
Previous articleBurst Fighter, Nostalgia Game Bullet Hell ala Raiden dari Malang!
Next articleCuma Deretan Bioskop Ini Saja yang Siap Menayangkan Kimi no Na wa di Indonesia
Jadi penulis karena nggak bisa koding.