Tobio Kageyama VS Oikawa Tooro, Siapakah Setter Terbaik “Haikyuu!!”?

Kageyama Tobio vs Oikawa TooroMemasuki musim ketiganya, bukan hal aneh kenapa Haikyuu!! layak disebut sebagai anime terbaik tahun 2016 pilihan fans. Bahkan sebelum penayangannya pada musim gugur ini, Haikyuu!! menududuki peringkat pertama sebagai anime musim gugur paling ditunggu-tunggu dalam sebuah polling yang dilakukan oleh situs Charapedia.

Anime Haikyuu!! sendiri berkisah mengenai dua orang mantan rival Shoyo Hinata dan Tobio Kageyama yang berusaha membawa klub bola voli SMA Karasuno menjadi yang terbaik pada turnamen nasional. Season ketiganya sendiri dibuka dengan pertandingan yang sedang dilakoni oleh tim voli SMA Karasuno melawan tim dari Akademi Shiratorizawa.

Selain menyuguhkan aksi Shoyo Hinata sebagai “Raksasa Kecil” selanjutnya, persaingan antara setter Tobio Kageyama VS Oikawa Tooro pun jadi sajian menarik anime Haikyuu!!. Nah sampai sejauh ini siapakah yang pantas menanyandang predikat setter terbaik di Haikyuu?

Bakat

Jika melihat dari sisi bakat, persaingan Tobio Kageyama VS Oikawa Tooro pastinya mutlak dimenangkan oleh Kageyama. Berkat bakat besarnya, sejak bersekolah di SMP Daiichi Kitagawa, Tobio Kageyama sudah digadang-gadang sebagai setter terbaik masa depan. Kemampuan itu juga yang membuat Shoyo Hinata harus tersingkir lebih awal ada turnamen tingkat SMP.

Sementara, sebagai kakak kelas Kageyama, Oikawa sudah menyadari bakat besar yang dimiliki oleh adik kelasnya itu. Bahkan beberapa kali Oikawa tak sungkan mengakui jika Kageyama memang dibekali bakat sebagai setter genius.

Pengalaman

kageyama-vs-oikawa-1Nah jika berbicara pengalaman, tentu saja Oikawa sedikit lebih unggul dari Kageyama. Memiliki jam terbang di berbagai turnamen bola voli dan sudah melawan macam-macam tim membuat permainan Oikawa begitu terasah. Berbanding terbalik dengan Kageyama, meskipun punya bakat besar, namun dengan jam terbang yang tak sebanyak Oikawa membuat permainan Kageyama cendrung labil.

Beberapa kesempatan ia mampu menunjukan kemampuan hebatnya, namun di sisi lain ia juga kerap melakukan blunder yang merugikan tim.

Pesona

Bisa dibilang Tobio Kageyama dan Oikawa Tooro memiliki pesona yang bertolak belakang. Kageyama adalah karakter pendiam dengan ego besarnya sebagai pemain terbaik. Sifat itu juga lah yang membuat ia dijuluki “raja lapangan” oleh teman-temannya. Meski terdengan keren, namun julukan tersebut merupakan bentuk sindaran terhadap sikap egois Kageyama selama di lapangan.

Di sisi lain, Oikawa adalah pemain yang periang dan narsis. Sifat tersebut membuat setter SMA Aoba Joshai ini selalu menjadi pujaan para gadis setiap bertanding.

Kemampuan

Nah jika berbircara skill atau kemampuan antara Tobio Kageyama VS  Oikawa Tooro mana yang terbaik? Bakat besarnya, membuat Kageyama punya insting mengumpan yang tak bisa ditandingi. Bersama Hinata, ia menjadi salah satu pasangan ace-setter terbaik lewat spike cepat yang sulit di blok lawan.

Sementara itu, Oikawa tak hanya cerdas dalam memberikan umpan matang saja, ia juga mampu membangkitkan kemampuan terbaik temanan-temannya. Dan satu yang menjadi keunggulan telak Oikawa atas Kageyama adalah kemampuan jumping serve. Kemampuan jump serve ini ia tunjukan ketika melawan SMA Karasuno dan membuat Kageyama terpedaya melihatnya.

4 Anime Bola Voli Terbaik Wajib Tonton Jika Kamu Ingin Tambah Jago Main Voli

Bagi kamu yang hobi banget sama olahraga bola voli atau ingin belajar main voli, harusnya kamu tahu nih empat anime bola voli terbaik yang pernah ada berikut ini
Baca Juga

Nah jadi setelah melihat empat aspek tadi, siapakah yang pantas menyandang predikat setter terbaik di Haikyuu?

Diedit oleh Arya W. Wibowo


SHARE
Previous article[UPDATED] Dota 2 Update 7.00 Sudah Bisa Dinikmati Hari Ini! Updatenya 6 Giga!
Next articleSpekulasi – Apa Yang Terjadi Kepada Reiju di One Piece 849?
Penikmat anime detective. Fans Liverpool layar kaca