Inilah 10 Game Terburuk di Tahun 2016 Versi Duniaku.net

game terburuk 2016

2016 merupakan tahun yang terbilang cukup baik untuk gaming. Apalagi mengingat dua game yang pengembangannya mengawang-ngawang selama satu dekade lamanya — Final Fantasy XV dan The Last Guardian — bisa rilis menjelang akhir tahun 2016 ini. Belum dengan hadirnya game kompetitif baru yang mengguncang dunia, Overwatch.

Akan tetapi layaknya hitam dan putih, yin dan yang, api dan air, Tuyul dan Mbak Yul, semua hal bagus harus ada penyeimbangnya. Tidak semua game yang rilis di tahun 2016 ini sebanding dengan game-game yang disebutkan sebelumnya. Maka dari itulah, Duniaku.net mempersembahkan daftar “10 Game Terburuk 2016” pada kesempatan kali ini.

Siapa sajakah mereka yang pantas disebut sebagai game terburuk tahun ini? Tanpa basa-basi lagi, yuk kita bahas bersama-sama apa saja game terburuk 2016.

10

Street Fighter V

game terburuk 2016

  • Rilis: 16 Februari 2016 – Platform: PS4, PC

Sebenarnya saya “agak” kurang rela menyebut Street Fighter V sebagai game terburuk 2016, karena mekanika permainannya lebih solid (FADC was a mistake) dan secara keseluruhan terasa lebih rapih secara visual dari pendahulunya. Hanya saja tidak bisa dipungkiri kalau langkah Capcom dalam merilis game ini sangatlah buruk.

Kurang lebih peluncuran perdana Street Fighter V itu seperti melihat kerangka berjalan. Tidak ada mode Versus, Arcade dan Story Mode, fitur interaksi map absen kecuali di satu map saja, harus grinding cukup keras untuk mendapat Fight Money, bahkan servernya down terus. Memang akhirnya berkat teknologi internet Capcom berhasil memperbaikinya secara perlahan, tapi kondisi rilis yang menyedihkan membuat saya harus menjadikannya pembuka dalam daftar “Game Terburuk 2016.”

9

Bombshell

game terburuk 2016

  • Rilis: 29 Januari 2016 – Platform: PS4, PC, Xbox One

Tidak banyak yang bisa saya bahas mengenai Bombshell karena game ini sangat tidak memorable. Berawal sebagai salah satu judul di serial first-person shooter klasik Duke Nukem, Duke Nukem: Mass Destruction, dalam game top-down action RPG ini kamu berperan sebagai perlawanan konsep Duke Nukem sendiri: cewek seksi yang badass bernama Shelly “Bombshell” Harrison.

Sayangnya, konsep yang mungkin bisa menarik itu tidak cukup untuk menjadi pilar pembangun game yang seru dan berakhir sebagai game shooter yang penuh bug, repetitif, membosankan, dan sistem loot yang tidak memberikan variasi permainan yang berarti. “Bad ass” secara harafiah mungkin.

8

Dead or Alive Extreme 3

game terburuk 2016

  • Rilis: 24 Maret 2016 – Platform: PS4, PS Vita

Game “sesederhana” ini, yang mengutamakan unsur fanservice, harusnya bisa dilengkapi fitur-fitur dari game sebelumnya dan terus ditambahkan fitur baru, bukan? Entah kenapa melalui Dead or Alive Extreme 3, Koei Tecmo membuktikan kalau teori saya barusan salah besar.

Nggak cuma dirilis dengan menghilangkan karakter-karakter lama seperti Tina, Christie, Lisa, dan Leifang, mereka juga dengan sengaja melupakan dua pendatang baru Mila dan Rachel. Dari segi minigame, balap motorboat tidak lagi hadir di judul terbarunya ini.

Saya mengerti kalau game semacam ini hanya mengandalkan karakter seksi (dan kostum DLC untuk meraup duit fans), tapi paling tidak semua fitur dan karakter dari game sebelumnya dibawa juga, lah. Gagal paham blas saya.

7

Assassin's Creed Chronicle: India

game terburuk 2016

  • Rilis: 12 Januari 2016 – Platform: PS4, PC, Xbox One, PS Vita

Assassin’s Creed Chronicles: India tidak hanya gagal membantu mendiversifikasi dan membangkitkan serial petualangan yang sudah terasa membosankan di mata para gamer saja, tetapi juga membuat game dengan “kamera 2D” semakin tidak atraktif untuk gamer mainstream.

Tidak seperti Mark of The Ninja yang mampu memberikan keleluasan bermain meski “terhambat” desain 2D, game ini terlalu mengandalkan instant failure dan taktik sergapan curang layaknya jump scare dalam film horor sehingga membuat tiap kegagalan menjadi penuh frustrasi dan bukannya membuatmu ingin mencoba lagi.

Daftar Game PS4 dan PC Terbaik yang Rilis November 2016

Menjelang akhir tahun, hanya ada sedikit judul game yang wajib kamu mainkan. Yuk lihat judul apa saja yang masuk ke daftar game terbaik November 2016 berikut!
Baca Juga

Ayo, ayo, masih ada enam game terburuk 2016 yang patut kamu hindari di halaman 2…