Mekanika Dota 2 Update 7.00: Talents, Elemen Baru dalam War of the Ancients!

Lewat rubrik Mekanika Dota 2, Duniaku.net mencoba mengupas tuntas elemen-elemen permainan dalam Dota 2. Mulai dari yang mendasar seperti menit creep spawn sampai tahap lanjut membahas elemen permainan tertentu yang bisa digunakan pada kondisi tertentu.

Akhirnya kita sudah dapat menikmati update terbaru Dota 2! Update Dota 2 bertajuk New Journey ini bisa dibilang sebagai update terbesar dalam Dota 2. Dota 2 7.00 memberikan banyak nuansa baru dalam permainan MOBA klasik yang sudah kita kenal selama. Salah satunya adalah mekanika permainan baru yang bernama Talents.

Jadi sebenarnya apa sih Talents itu? Berikut ulasan ringkas dari Duniaku.net lewat rubrik Mekanika Dota 2.

Talents Dota 2 7.00: Pilih Jalur Terbaik yang Sesuai Kondisi Permainanmu!

Talents, mekanika baru di Dota 2 yang akan mengubah Dota 2 selamanya. Sumber: dota2.com

Mekanika ini sebenarnya kurang lebih seperti pengganti bonus attributes yang biasanya bisa diambil ketika hero sudah mencapai level 16. Alih-alih sekadar mengganti dengan tambahan stats biasa, mekanika Talents memberi pemain pilihan bonus tertentu untuk menyesuaikan gaya permainan. Sebagai contoh pada level 10, hero Vengeful Spirit diberi dua pilihan talent, yang satu memberikan bonus magic resistant yang lain memberi bonus attack speed.

Lewat dua pilihan tersebut, pemain bisa memilih bonus yang diinginkan agar sesuai dengan gaya main ketika seorang pemain memainkan hero tertentu. Jadi kamu bisa pilih talent 1 untuk jadi full support atau talent 2 untuk jadi semi support.

dota 7.00 talents
Salah satu efek unik dari Talent, dapat mengubah Stiffling Dagger Phantom Assassin jadi mengenai dua target! Sumber: youtube.com

Setiap hero dapat mengambil pilihan Talent empat kali dalam satu permainan. Kamu bisa mengambil Talent mulai dari level 10 lalu mengambil Talent berikutnya setiap 5 level (Level 10/15/20/25). Setiap level Talent, kamu bisa memilih satu dari dua pilihan, jadi total ada delapan Talent dengan empat Talent maksimal yang dapat di ambil. Untuk mengambil Talent, kamu akan butuh satu buah ability point yang didapatkan dari naik level. Jadi ketika kamu naik ke level 10 kamu bisa memilih ambil Talent terlebih dahulu atau naikkan level skill terlebih dahulu.

Semakin meningkat level kamu, semakin meningkat pula nilai guna dari pilihan Talent yang diberikan. Beberapa Talent bahkan punya efek menambah kuat suatu skill tertentu seperti kamu menggunakan item Aghanim!

Beberapa contoh Talent yang cukup menarik untuk digunakan adalah Talent Mirana yang menambah jumlah Sacred Arrow (Skill 2) jadi tiga buah! atau Talent Lycan yang menambah jumlah dua buah Serigala yang dikeluarkan dengan Summon Wolves (Skill 1). Namun tentu seperti yang tadi sudah dijelaskan, Talents yang punya efek kuat tersebut baru bisa kamu ambil di Level 25.

Talent, Mekanika Baru di Dota 2 yang Tak Sepenuhnya Baru

MOBA milik Blizzard, Heroes of the Storm, yang bisa dibilang menjadi pendahulu mekanika Talent. Sumber: heroes.blizzplanet.com

Mekanika Talent benar-benar sebuah mekanika baru yang hadir di MOBA Dota. Namun baru, bukan berarti sepenuhnya baru. Sebelumnya mekanika ini sudah muncul di MOBA buatan Blizzard, Heroes of the Storm (HotS)Dengan menggunakan sistem talent, hero-hero di HotS jadi begitu dinamis. Satu hero setidaknya punya dua gaya main yang berbeda.

Meski begitu, Talent di Dota belum bisa dibilang setingkat dengan bentuk Talent di HotS. Talent di Dota masih sebatas menambah kemampuan tertentu saja seperti movespeed, damage, atau stats tertentu. Namun di sisi lain, HotS punya sistem talent yang benar-benar membuat permainan jadi lebih dinamis. Bahkan kamu bisa pilih satu dari dua skill ultimate saat kamu menyentuh level 10 di HotS. Sementara pada Dota 2 talent yang benar-benar mengubah bentuk atau menambah kemampuan skill yang ada, muncul di Level 25.


Itu dia serba-serbi Talents, mekanika baru yang membuat dunia per-Dota-an jadi gempar. Bingung bagaimana mengambil Talent yang tepat? Simak terus Duniaku.net untuk pembahasan Dota 2 Update 7.00 lainnya ya!

Diedit oleh Arya W. Wibowo


SHARE
Previous articleTrailer Despicable Me 3 – Kembalinya Gru dan Para Minion
Next articleTrailer Dunkirk – Film Perang Baru dari Christopher Nolan
Bukan orang biasa yang hobi main game dan jadi hobi menulis tentang game. Game favorit adalah game multiplayer kompetitif, kini juga jadi pengamat dunia persilatan eSport lokal dan internasional.