Lewat Marvel vs Capcom: Infinity, Capcom Ingin Hidupkan Kembali Serial Lama

Marvel vs Capcom Infinity

Awal Desember ini di acara PlayStation Experience 2016, Capcom mengumumkan bahwa mereka sedang mengerjakan entri terbaru dari serial crossover (yang menurut saya) paling ditunggu-tunggu dalam sejarah dunia gaming, Marvel vs Capcom.

Mengusung judul Marvel vs Capcom Infinite dan rencananya rilis tahun depan, sejauh ini Capcom dan Marvel baru memperlihatkan tiga karakter dari masing-masing franchise: Iron Man, Captain Marvel, dan Captain America serta Ryu, X, dan Morrigan. Akan tetapi, tampaknya roster yang sedang mereka persiapkan menyimpan rahasia unik mengenai rencana pengembangan game Capcom di masa depan!

Dengan membuat Marvel vs Capcom Infinite, dikatakan kalau hal tersebut akan menjadi langkah Capcom untuk “menghidupkan kembali” judul-judul game lama mereka yang hingga saat ini terbengkalai. Mengutip press release dari Capcom yang ditampilkan di Niche Gamer:

In addition to regular major title releases each fiscal year, Capcom is currently focused on reviving series that have not had new entries recently, or otherwise dormant IP. Beginning with MARVEL VS. CAPCOM: INFINITE, a return for the series following a five-year hiatus, Capcom looks to enhance its corporate value even further by utilizing its library of rich contents.

Dari pernyataan langsung pihak Capcom sendiri, maka bisa diasumsikan kalau mereka sedang berfokus untuk menggunakan kembali judul-judul lama yang mereka miliki.

Tidak mengherankan memang kalau kita melihat dua tahun belakangan ini, di mana Capcom hanya mengandalkan judul-judul game populer seperti Resident Evil, Monster Hunter, dan Street Fighter saja. Pastinya mereka sedang mencari cara untuk meningkatkan produksi dan variasi game yang mereka garap. Dan memakai judul lama pun tidak ada salahnya, karena nostalgia itu memang faktor yang sangat menggiurkan — baik dari sisi konsumen maupun produsen.

Marvel vs Capcom Infinity

Jika kita melihat roster Marvel vs Capcom 3 kemarin, Capcom juga lebih banyak menghadirkan karakter-karakter dari serial modern seperti Crimson Viper (Street Fighter IV) dan Spencer (Bionic Commando reboot). Karakter lama dari Resident Evil pun menggunakan tampilan dari game barunya. Agak mengecewakan bila dibandingkan dengan Marvel vs Capcom 2 yang memiliki lebih banyak karakter dari serial yang kurang populer, macam Captain Commando, Son Son, dan Cyberbots.

Oleh karena itu, kemungkinan besar Capcom akan menggunakan Marvel vs Capcom Infinity sebagai kontes popularitas, di mana mereka membuka polling untuk melihat karakter apa yang paling diinginkan fans untuk masuk ke dalam game, sekaligus memakainya sebagai ajang memilih game apa yang akan mereka hidupkan kembali — layaknya Marvel yang akan memanfaatkan Marvel vs Capcom Infinity untuk mempromosikan film-film Marvel ke depannya. Saya yakin minimal Black Panther dan Ant-Man bakal muncul di sini.

Maka dengan munculnya Morrigan dan X di sini, setidaknya mungkin Capcom akan kembali melanjutkan serial Darkstalker dan Mega Man. Asal jangan PHP kayak kemarin aja

Marvel vs Capcom Infinity
“Darkstalkers are not dead” …low blow Capcom, low blow.

Diedit oleh Febrianto Nur Anwari