Mengenal Ketsuryugan, Kekkei Genkai Sasuke Shinden yang Ditakuti Clan Uchiha

kekkei genkai - thumbs

Selain Jahatnya Clan Uchiha, Ini 6 Fakta Menarik Naruto Shippuden 486 (No. 6 Paling Greget!)

Naruto Shippuden 486 menjadi episode terbaik dibandingkan dua episode sebelumnya. Kalian bakal tahu siapa sebenarnya clan Uchiha, apa tujuan Oyashiro dan Fushin, Jutsu baru Sasuke yang keren, dan bukti jika Sasuke sudah insyaf!
Baca Juga

Seperti yang kami tuliskan sebelumnya, clan Chinoike yang kini hanya menyisakan seorang penerus saja, yaitu Chino, sangat dikenal karena mata mereka yang menyala merah seperti darah. Mata tersebut disebut sebagai Ketsuryugan. Keistimewaan mata tersebut, saat seseorang melihatnya, mustahil berpaling darinya. Salah satu jenis dojutsu Kekkei Genkai langka, dan hanya Chino saja yang menguasainya saat ini.

Ketsuryugan sendiri merupakan salah satu jenis dojutsu (Kekkei Genkai yang memanfaatkan mata penggunanya untuk melancarkannya) yang diwariskan turun-temurun di tengah clan Chinoike. Jauh sebelum pertarungan Madara dan Hashirama, sejarah menyebutkan jika Kekkei Genkai spesial ini memiliki Genjutsu terkuat, yang tidak mungkin dilepaskan seandainya sudah terkena efeknya. Satu-satunya orang yang mampu menghentikannya hanya mereka dari clan Uchiha.

Misteri Usia Chino Sasuke Shinden, Benarkah Efek Jutsu Anti Penuaan Dini Tsunade?

Nowaki membisikkan usia Chino sebenarnya kepada Sasuke, dan dia terkejut. Sasuke mengatakan pada Orochi bahwa Chino lebih tua, dan Sannin legendaris ini juga shock. Berapa sih sebenarnya usia Chino? Temukan jawabannya hanya di Duniaku.net!
Baca Juga

Seperti yang kami tuliskan sebelumnya, ada cerita panjang menyangkut kedua clan tersebut. Permusuhan antara clan Uchiha dan Chinoike dimulai karena clan Uchiha disewa untuk mendesak clan Chinoike hingga ke Lembah Tengkorak, karena tewasnya daimyo dari Negara Petir. Hal itu menjadi rahasia yang tidak semua anggota clan Uchiha mengetahuinya, termasuk, Sasuke. Bahkan dia sampai berpikir apakah Itachi mengetahui sejarah kelam clan-nya ini.

13 Kekkei Genkai, Jutsu Eksklusif Terunik dalam Naruto!

Kekkei Genkai adalah jutsu yang unik dan eksklusif dimiliki oleh shinobi tertentu. Kekkei Genkai manakah yang menurutmu paling unik?
Baca Juga

Demikian jauh sebelum Hashirama dan Madara mencurahkan darahnya dalam pertarungan epik mereka, clan Uchiha telah menumbuhkan rasa takut kepada anggota clan lainnya. Termasuk itu karena ternyata ada dojutsu yang sangat kuat seperti Rinnegan, Sharingan (Mangekyo Sharingan), dan Byakugan (Tenseigan). Bahkan kekuatan Kekkei Genkai ini bisa disetarakan dengan Tiga Dojutsu tersebut.

Ketsuryugan juga memberi penggunanya kemampuan untuk memanipulasi darah mereka, atau lebih spesifik, zat besi dalam darah, memungkinkan mereka tidak hanya memanipulasi darahnya, namun juga semua cairan yang memiliki kandungan besi yang tinggi.

Misteri Naruto Shippuden 486, Ini Alur Cerita Sasuke Shinden yang Perlu Kalian Ketahui

Tidak disangka, untuk memahami keseluruhan cerita filler Sasuke Shinden, kalian perlu mengetahui kejadian yang ditarik mundur cukup panjang, bahkan sampai saat pertarungan Hashirama Senju vs Madara Uchiha dan lahirnya Konoha!
Baca Juga

Meskipun saat ini diakui hanya Chino saja pengguna Kekkei Genkai ini yang tersisa, namun Ranmaru dari Kirigakure juga memiliki dojutsu Kekkei Genkai yang wujudnya serupa, matanya menjadi merah darah. Hal ini sempat memicu perdebatan, meskipun jelas kekuatan yang dimiliki dojutsu Ranmaru berbeda dari apa yang sudah diperlihatkan oleh Chino.

Melalui filler dan novel Sasuke Shinden, kita bisa mengetahui beberapa kemampuan bertarung Chino selain memanfaatkan Kekkei Genkai-nya. Yang sudah diperlihatkan, dia menggunakan Jutsu jenis Ninjutsu Air, seperti Water Release, teknik Jutsu dimana Chino menciptakan dinding pertahanan menggunakan air, hingga juga melancarkan gumpalan air untuk menyerang, bahkan meniupkan gelembung sabun dari mulutnya.

Chino sendiri merupakan tipe sensor, yang bisa mengeluarkan chakra-nya ke dalam tanah agar dia bisa merasakan posisi orang lain. Shinobi lain dengan kemampuan seperti ini seperti Karin. Namun sensor Chino dianggap lebih baik dari milik Karin, dan bahkan bisa merasakan perubahan chakra, yang bahkan Sasuke Uchiha tidak bisa.

Apa Itu Kekkei Genkai?

Kekkei Genkai jika diartikan secara kasar bisa berarti jutsu, teknik, atau kemampuan yang terbatas pada garis keturunan tertentu. Sesuai namanya, jutsu ini hanya diturunkan secara keturunan kepada anggota dari klan-klan tertentu. Kemampuan Kekkei Genkai yang menggunakan mata disebut dojutsu. Biasanya Kekkei Genkei diturunkan pada bagian tubuh tertentu (mata atau tulang), akan tetapi ada juga Kekkei Genkei yang merupakan percampuran antara dua tipe elemen chakra.

kekkei genkai - Byakugan

Meskipun disebut sebagai jutsu yang diturunkan dalam keluarga, tetapi ada beberapa pengecualian. Seperti misalnya elemen kayu milik Hashirama Senju yang hanya bisa dia gunakan sendiri ataupun orang yang memodifikasi dirinya dengan DNA hashirama. Beberapa Kekkai Genkai juga dapat diberikan kepada orang lain, seperti Sharingan milik Obito yang diberikan kepada Kakashi.

Selain itu, meskipun disebut eksklusif kepada anggota dari klan tertentu, tetapi ada juga Kekkai Genkai yang dapat diajarkan kepada orang lain seperti misalnya elemen magnet yang menyebar dikalangan ninja Sunagakure dan Kumogakure.


SHARE
Previous articleSkyrim dan 3 Judul Game Lain Pastikan Bakal Hadir di Konsol Terbaru Nintendo
Next articleInilah 6 Karakter Anime Wanita yang Menggunakan Busur Panah Sebagai Senjata Andalan
Penggemar strategy RPG Jepang, serta semua serial Super Robot Wars, yang saat ini masih menjadi kontributor penulis artikel game guide salah satu media game Indonesia. Mulai memburu game-game mobile, dan juga emulator melalui gadget Android, hanya untuk memainkan kembali game-game RPG klasik, yang menurutnya tetap lebih baik dibandingkan game modern.