Dari Canola Hingga Train to Busan, Inilah 5 Film Korea Terbaik 2016!

film korea terbaik 2016

Dunia perfilman Korea belakangan menjadi primadona di kalangan distributor film. Berkat pesona para aktor dan aktrisnya yang memesona, sinema-sinema asal negeri ginseng mulai menginvansi. Tak hanya ‘menyambangi’ negara-negara oriental, popularitasnya juga sampai hingga ke Indonesia bahkan ke benua biru, Eropa.

Tahun ini, Korea Selatan tak henti-hentinya memproduksi deretan film-film terbaiknya. Berikut 5 film Korea terbaik 2016 versi Duniaku.net.

1

Canola

film korea terbaik 2016

Berlokasi di Pulau Jeju, Korea Selatan, seorang nenek hidup sebatang kara. Ia menyambung hidup dengan menekuni profesi sebagai wanita penyelam. Sementara cucunya Hye Jin secara mengejutkan kembali ke pelukannya setelah terpisah selama 12 tahun. Sejak tinggal kembali bersama neneknya, Hye Jin belajar untuk memulai hidup dan mengejar mimpinya.

Tidak hanya dicintai karena latar pulau Jeju yang amat indah, Canola juga berhasil secara kritik. Jika dilihat dari segi cerita, film ini memang layak diberi nilai 8.3. Hal ini sekaligus menjadikan Canola duduk di peringkat teratas daftar film Korea terbaik 2016.

2

The Handmaiden

film korea terbaik 2016

The Handmaiden disebut-sebut sebagai film asal Korea Selatan paling diminati di dunia. Sejak penayangannya di Festival Film Cannes, Mei 2016 silam, CJ Entertainment mendapat banyak permintaan dari para distributor film dunia. Film bertemakan lesbian tersebut bahkan telah tayang di Prancis dengan judul Mademoiselle pada Oktober lalu.

Film arahan Park Chan Wook ini berkisah soal gadis muda Korea yang hidup di era 1930-an. Ia dipekerjakan sebagai asisten rumah tangga bagi Lady Hideko, anak bangsawan Jepang. Nyatanya, ia bukanlah asisten rumah tangga biasa, melainkan dipekerjakan seorang penipu untuk memenangkan hati wanita kaya tersebut.

3

The World of Us

film korea terbaik 2016

Jia adalah siswa baru di sekolah Sun. Setelah berkenalan, Sun memperkenalkan lingkungan barunya kepada Jia bahkan saling bertukar rahasia. Lama kelamaan, Jia malah menjauhi Sun karena satu dan lain hal. Persahabatan yang tadinya berlangsung hangat tiba-tiba berubah menjadi penuh kebencian.

Penuh dengan drama, The World of Us bukan hanya menjadi tontonan bagi anak-anak. Sebaliknya, film ini juga sangat direkomendasikan untuk para orang tua yang selama ini kurang memahami perasaan anak.

4

Train to Busan

film korea terbaik 2016

Jika berbicara soal film Korea paling banyak dibicarakan tahun ini, kamu pasti sudah bisa menebaknya bukan? Ya, Train to Busan menjadi fenomena baru dalam sejarah perfilman Korea. Jika biasanya sinema Korea dipenuhi dengan cerita drama percintaan, film karya Yeon Sang Ho ini memilih jalur yang berbeda. Untuk pertama kalinya, kengerian zombie ditampilkan dalam film berdurasi 2 jam tersebut.

Ceritanya sendiri diwarnai dengan drama antara ayah dan anak. Seok Woo yang sangat sibuk membuat anaknya Soo An kecewa karena hadiah ulang tahunnya tidak sesuai dengan keinginannya. Sebagai gantinya, Soo An memilih untuk bertemu ibunya di Busan dengan mengendarai kereta. Sialnya, kereta telah dipenuhi kawanan zombie. Lalu bagaimanakah nasib Seok Woo dan Soo An?

6

The Wailing

film korea terbaik 2016

Mengantongi nilai 7.5 dari sekitar 9.000 reviewers membuat film satu ini layak dinobatkan sebagai salah satu film Korea terbaik 2016. Jika kamu pernah menyaksikan film The Flu, film satu ini juga mengusung premis yang kurang lebih sama.

Setelah kedatangan seorang pemuda, sebuah virus misterius menyebar dan menjangkiti seluruh masyarakat di sebuah desa. Berkat ceritanya yang menarik, virus The Wailing juga menyebar di seluruh dunia. Film yang tayang Mei lalu ini juga sempat diputar di beberapa festival bergengsi, seperti Festival Film Cannes.

Dari 5 film Korea terbaik 2016 dalam daftar, film mana yang sudah kamu tonton dan menjadi favoritmu?

Diedit oleh Febrianto Nur Anwari