Vainglory Update 2.0 – Dari Hero Baru Sampai Perubahan Pola Permainan

Salah satu mobile game yang mengusung genre MOBA, Vainglory baru saja melakukan pembaharuan besar-besaran. Melompatnya versi game dari 1.24 ke 2.0 menjadi penanda – ini Vainglory yang lebih baik dari sebelumnya. Memang apa saja sih isi dari Vainglory update 2.0 ini?

Salah satu yang sudah dibocorkan oleh Vainglory sebelum melakukan pembaharuan adalah munculnya hero baru. Ya, Vainglory update 2.0 memunculkan hero baru yang bernama Idris. Idris menjadi hero pertama dan satu-satunya yang memiliki kemampuan unik – bisa menjadi petarung jarak dekat dan bisa pula menjadi seorang penyihir jarak jauh.

Kemampuan unik tersebut merupakan Heroic Perk dari Idris. Pergantian gaya bertarungnya ini dibedakan dengan tipe serangan yang dikeluarkan – Weapon Power (Merah) menentukan serangan jarak dekatnya, dan Crystal Power (Biru) menentukan kekuatan sihirnya. Kedua gaya bertarungnya pun saling berkesinambungan satu sama lain.

Ada juga kemunculan satu peti baru yang bernama Mystery Chest. Mystery Chest ini memiliki isi yang fantastis – seluruh hero, seluruh SkinsGloryOpalsEssences, kunci peti, sampai kesempatan untuk mendapatkan sejuta Opals. Vainglory update 2.0 ini juga bertepatan dengan bergantinya musim di Vainglory, dari Fall Season ke Winter Season.

Hal paling besar yang terjadi dalam Vainglory update 2.0 adalah banyaknya perubahan mekanika permainan dibanding dengan versi sebelumnya. Naiknya starting gold (untuk mode Standard) dari 350 ke 625, perubahan pola hidup dari berbagai hal di Jungle, sampai munculnya empat barang baru yang akan menambah pilihan bagi para pemain dalam menyusun kekuatan bagi hero-nya.

Vainglory update 2.0 juga melakukan beberapa perubahan, baik itu peningkatan grafis maupun perubahan istilah di dalam Vainglory. Tampilan grafis menjadi lebih baik tanpa memberatkan, bahkan untuk gawai yang tidak terlalu tinggi spesifikasinya. Area dari Halcyon Fold pun juga mengalami sedikit perluasan area, di daerah dekat Sanctuary masing-masing tim. Untuk musim Winter ini, desain dari Halcyon Fold juga berubah menjadi bertemakan musim dingin.

Perubahan istilah yang terjadi adalah perubahan istilah untuk tingkatan Skins dan penyebutan tugas dari Hero. Tingkatan Skins yang dahulu dikategorikan berdasarkan angka (Tier 1, Tier 2, Tier 3), sekarang diubah menjadi RareEpic, dan Legendary.

Untuk pembagian tugas/Heroes Roles, ada perubahan yang cukup mendasar. Bila sebelumnya ada tiga roles yaitu Laner, Jungler, dan Roamer, sekarang hampir seluruhnya berubah. Roamer, yang sering juga disebut sebagai support, sekarang memiliki nama lebih keren – The Captain. Tujuannya jelas, menjadi pengatur tim dan melindungi teman timnya. Penamaan ini juga berdasarkan banyaknya pemain profesional berposisi Roamer yang menjadi kapten timnya.

Laner, yang tadinya bertugas di bagian Lane saja, kini memiliki tugas yang lebih luas. Berubah nama menjadi The Carry, tugasnya adalah untuk mendapatkan uang sebanyak-banyaknya sembari membunuh semua musuh. Jungler masih tetap disebut  dengan namanya yang demikian, namun dengan tujuan yang lebih luas – merebut hutan, sekaligus menjadi sang pengancam Carry musuh.

Perubahan Besar dalam Sistem Guild Vainglory Update 2.0, Apa Saja?

Salah satu perubahan yang terjadi di dalam Vainglory update 2.0 adalah tentang sistem guild. Perubahan sistem Guild Vainglory apa saja yang terjadi?
Baca Juga

Itulah sebagian ringkasan dalam Vainglory update 2.0. Banyak sekali perubahan yang dilakukan oleh sang pengembang agar Vainglory menjadi permainan yang dinamis dan menantang. Terus ikuti berbagai perubahan tersebut di Duniaku.net ya!

Diedit oleh Febrianto Nur Anwari