Cerita Rogue One: A Star Wars Story Ternyata Sudah Ada Sejak 40 Tahun yang Lalu!

cerita rogue one

Penggemar Star Wars kembali dimanjakan dengan film baru tahun ini. Meskipun tidak termasuk dalam saga utama, namun kehadiran Rogue One: A Star Wars Story tetap menjadi daya tarik tersendiri. Disebut sebagai spin off, namun cerita Rogue One justru berhasil mengungkapkan “mata rantai” yang hilang antara Episode III dan Episode IV.

Dan tahukah kamu, ternyata cerita Rogue One sendiri sudah ada sejak kurang lebih 40 tahun yang lalu, atau pada saat penayangan pertama Episode IV: A New Hope?

SPOILER ALERT

Bisa dibilang, Rogue One adalah jembatan cerita yang sangat pas antara Episode III dan Episode IV. Film ini membawa banyak referensi dari kedua judul tersebut, mulai dari kisah Jedi yang (dianggap) tinggal legenda setelah kejadian di Episode III, Darth Vader yang masih dalam tahap pemulihan di planet Mustafar setelah pertarungan terakhirnya melawan Obi Wan Kenobi, hingga ending yang hanya berjarak beberapa menit saja dari adegan pembuka A New Hope.

Namun ada satu lagi yang mungkin tidak kamu sadari. Ternyata, cerita Rogue One sendiri sudah ada sejak opening crawl dari Episode IV yang sudah ditayangkan sejak tahun 1977 lalu! “Tradisi” opening crawl sendiri hilang di Rogue One, karena Disney pernah mengungkapkan bahwa opening crawl ini adalah ciri khas dari saga utama, bukan untuk spin off seperti Rogue One.

Bagi yang sudah lupa, kita simak lagi opening crawl A New Hope berikut ini.

Sekarang, mari kita analisa satu per satu hint yang muncul dalam opening crawl ini, yang akhirnya membentuk cerita Rogue One.

1

Perang Sipil Sejak Star Wars Rebels

kisah rogue one

“It’s a period of civil war.”

Yap, sejak event dalam serial animasi Star Wars Rebels (yang notabene ber-setting setelah Episode III), kita melihat banyaknya pemberontakan yang dilakukan oleh kelompok-kelompok kecil Rebel Alliance. Termasuk salah satunya, pemberontakan yang dilakukan oleh Hera, Ezra dan kawan-kawan di serial tersebut. Peperangan demi peperangan kecil ini terus berlangsung selama bertahun-tahun, dan akhirnya mencapai puncaknya dalam cerita Rogue One.

2

Mulai Munculnya Yavin 4

cerita rogue one

“Hidden Base” disebut dalam opening crawl ini, yang merujuk pada Yavin 4 yang menjadi markas Rebel Alliance di A New Hope. Nyatanya, Yavin 4 juga sudah menjadi markas Rebel Alliance di Rogue One ini, bahkan sebelum Luke “ditemukan” di A New Hope.

Hint apa lagi yang muncul dalam opening crawl A New Hope? Lanjut ke halaman 2!

1
2
SHARE
Previous articleInilah 10 Momen WWE Terheboh 2016! Mana yang Paling Mengejutkan?
Next article20 Game Android dan iOS Gratis Terbaru Minggu Ini: Super Mario Run, Dawn of Titans, dan Lainnya
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.