5 Pengalaman Unik yang Dirasakan Gamer Era Super Nintendo

gamer era super nintendo

Ada beberapa pengalaman unik dari gamer era Super Nintendo yang sulit ditemui di era modern ini. Apa saja? Inilah beberapa contohnya!

 

1

Sulit Mengetahui Game Bagus

Inilah 10 Momen WWE Terheboh 2016! Mana yang Paling Mengejutkan?

2016 adalah tahun paling gila WWE. Banyak momen menarik tercipta selama tahun ini. Apa saja momen WWE terheboh 2016? Inilah beberapa di antaranya!
Baca Juga

Di era modern, kalau kamu mau tahu sebuah game bagus atau tidak kamu hanya tinggal membuka situs seperti Metacritic dan melihat nilai rata-ratanya. Kamu juga bisa mengunduh demonya lewat media seperti Playstation Network atau Steam. Bagi gamer era Super Nintendo sih kelebihan seperti itu terbayang saja tidak. Internet saja sulit.

Kalau ada yang berlangganan majalah dari luar mungkin terbantu. Bila kamu tinggal di kota besar dan beruntung menemukan komunitas, mungkin daftar rekomendasimu juga akan baik. Tapi kalau tidak memiliki kelebihan itu, koleksi game kamu mungkin hanya akan berisi adaptasi film dan anime atau sekuel dari game yang populer duluan di Nintendo.

Sebagai gambaran, penulis baru tahu kalau Chrono Trigger itu bagus di era Playstation 1. Game ini tidak disebut-sebut di tabloid yang saat itu membahas Super Nintendo, dan juga tidak pernah disebut-sebut di kelompok permainan. Jadi judul klasik sekalipun bisa tak tersentuh.

2

Cheat? Wajib Menunggu di Tabloid

gamer era super nintendo

Kesulitan lain yang bisa dirasakan oleh gamer era Super Nintendo adalah mencari cheat serta panduan. Sekarang sih kamu tinggal mencari panduan dengan membuka Youtube. Ada banyak gamer yang memberi gameplay walkthrough dengan mendetail hingga kamu tidak akan bingung.

Bagi gamer era Super Nintendo dan Sega Megadrive? Harapan untuk cheat dan panduan hanya dari majalah hiburan seperti tabloid Fantasi. Kalau game yang kamu mainkan tidak populer, menunggu panduan dan cheat-nya bisa lama sekali. Bahkan mungkin tidak pernah ada. Kalau ini terjadi yang bisa dilakukan ya mencoba bermain jujur, mencari jalan sendiri, atau meminta saran dari teman yang sudah melewati bagian tersebut.

Patut diingat juga kalau di era ini tingkat kesulitan game masih tergolong tinggi. Sedikit lebih baik dari era NES, tapi tetap tergolong tinggi. Sudah begitu masih banyak game yang tidak memberi fitur save. Jadi cheat sering kali bisa menjadi harapan utama untuk menamatkan game.

3

Bahkan Bajakan Saja Mahal

Memangnya di era cartridge ada bajakan? Sebenarnya sih ada. Game seperti yang di atas ini contohnya. Kebanyakan “sekian in 1” memang bajakan. Tapi harganya dengan harga versi ori tidak terlalu beda. Untuk SNES, game model “sekian in 1” ini biasanya bisa diperoleh di kisaran 80.000. Sementara versi Sega Genesis/Megadrive harganya 35.000. Sedangkan game ori biasanya harganya di kisaran 80 hingga 100 ribu.

Dari kacamata sekarang sih harga seperti itu mungkin terlihat murah. Tapi patut diingat bahwa di era ini kamu masih bisa memperoleh sebungkus mie Anak Mas, permen cokelat, hingga mainan plastik kecil dengan 25 perak. Mengeluarkan 35.000 untuk game saja tidak bisa main-main.

Karena itu saat Playstation keluar dan game bajakannya hanya 5000 saja banyak yang kaget.


 

Selain tiga di atas, apa lagi pengalaman unik gamer era Super Nintendo? Kamu bisa lihat lanjutannya di halaman kedua!

1
2

SHARE
Previous articleTrailer Universe Survival Perlihatkan God of Destruction 12 Universe
Next articleLihat Serunya Video Jutsu Terkuat Sarada, Boruto dan Mitsuki
Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.