Game Konsol (PS4 & Xbox One) Terbaik 2016 Pilihan Duniaku.net

Tahun 2016 ini penuh dengan game-game PS4 dan Xbox One menarik. Tapi siapakah yang pantas disebut sebagai game konsol terbaik 2016 versi Duniaku.net?

Game Konsol (PS4 & Xbox One) Terbaik 2016 Pilihan Duniaku.net

Game Konsol (PS4 & Xbox One) Terbaik 2016 Pilihan Duniaku.net

Tahun 2016 ini sarat akan game-game konsol (PS4 dan Xbox One) menarik. Judul baru yang bisa membuat takjub jutaan gamer di seluruh dunia, Overwatch. Dua sekuel game yang berhasil memodernisasi judul klasik, Deus Ex: Mankind Divided dan XCOM 2. Serta game PS3 yang terlahir kembali di generasi berikutnya, Final Fantasy XV dan The Last Guardian.

Namun siapakah yang berhak dipanggil sebagai game PS4 dan Xbox One terbaik 2016? Tanpa banyak bicara lagi, yuk kita lihat game apa saja yang berhasil merajai genre masing-masing, dan satu game apa yang (saya) anggap sebagai game PS4 dan Xbox One terbaik tahun ini!

[page_break no="" title="Shooter Terbaik 2016 - Overwatch"]

Game Konsol (PS4 & Xbox One) Terbaik 2016 Pilihan Duniaku.net

  • Rilis: 23 Mei 2016

Sulit untuk tidak memperhatikan game terbaru keluaran Blizzard Entertainment yang satu ini. Baru rilis sekitar setengah tahun, Overwatch sudah menarik hati 20 juta gamer di seluruh dunia -- baik pemain kasual maupun profesional. Jelas sebuah game shooter yang tidak boleh dilewatkan.

Tidak mengherankan. Visual dan desain karakter yang digarap oleh Blizzard kali ini memang sangat atraktif. Gameplay-nya pun cukup unik, dengan fokus pada sistem class-based serta membawa elemen skill dan cooldown seperti sebuah MOBA. Tapi mungkin kekurangannya cuma satu: dia game online player vs player doang yang nggak punya story mode!

[page_break no="" title="Strategi Terbaik 2016 - XCOM 2"]

Game Konsol (PS4 & Xbox One) Terbaik 2016 Pilihan Duniaku.net

  • Rilis: 5 Februari 2016

Bisa dibilang XCOM: Enemy Unknown dan XCOM 2 merupakan percobaan "reboot" paling sukses di dunia game yang pernah terjadi selama beberapa tahun terakhir. Bermula sebagai game strategi untuk PC di tahun 1994, sekarang Firaxis nggak cuma berhasil mengubah tampilannya menjadi lebih modern, tapi juga memberikan kontrol dan mekanika yang sesuai dengan konsol modern.

XCOM 2 sendiri mendapatkan banyak kemajuan dari pendahulunya, XCOM: Enemy Unknown dan Enemy Within, dengan AI dan variasi musuh yang lebih berbahaya serta sistem permainan yang dibuat lebih cepat dan tetap intens. Di mana sekarang kita bukan lagi pasukan yang menjaga umat manusia dari serangan alien, tetapi berusaha membebaskan bumi yang dikuasai oleh alien.

[page_break no="" title="RPG Terbaik 2016 - Deus Ex: Mankind Divided"]

Game Konsol (PS4 & Xbox One) Terbaik 2016 Pilihan Duniaku.net

  • Rilis: 23 Agustus 2016

Sama seperti XCOM 2, Deus Ex: Mankind Divided adalah sekuel dari game yang merupakan contoh sukses membawa serial lama ke generasi baru. Kembali melanjutkan petualangan polisi cyborg Adam Jensen, kali ini kamu akan berhadapan dengan dunia keras yang mendiskriminisasi para manusia-setengah-mesin. Dan kamu sekali lagi harus mengungkap konspirasi yang mengancam keselamatan hidup kedua "kaum" manusia.

Tentunya bukan hanya kualitas grafis yang ditingkatkan secara jauh dalam Mankind Divided, namun juga pilihan dalam menghadapi tantangan. Dengan desain map yang semakin dinamis dan skill yang makin beragam, kamu bisa membuat game ini menjadi game FPS seru maupun stealth yang mendebarkan.

[read_more id="284204"]

Game PS4 dan Xbox One terbaik 2016 apa lagi yang menanti di halaman 2, ya?

[page_break no="" title="Open World Terbaik 2016 - Steep"]

Game Konsol (PS4 & Xbox One) Terbaik 2016 Pilihan Duniaku.net

  • Rilis: 2 Desember 2016

Ubisoft memang sedang mendapat cercaan beberapa waktu belakangan ini, dengan rilis Watch Dogs yang tidak sesuai harapan dan terus-terusan mengeluarkan Assassin's Creed tiap tahunnya sampai pada bosan. Tapi Steep berbeda dari game-game lain mereka yang dirilis akhir-akhir ini (mengesampingkan Rayman Origins dan Legends).

Menggunakan formula yang "serupa" layaknya Assassin's Creed, Far Cry, dan Watch Dogs, yaitu open-world namun dikemas dengan tema berbeda, Steep berhasil menyajikan pengalaman bermain yang menarik terutama untuk game yang rilis belakangan ini. Kapan lagi kamu bisa bertanding ski ataupun wing gliding dengan santai sambil menikmati pemandangan pegunungan Alpen bersalju bersama teman-teman?

[page_break no="" title="Fighting Terbaik 2016 - King of Fighters XIV"]

Game Konsol (PS4 & Xbox One) Terbaik 2016 Pilihan Duniaku.net

  • Rilis: 23 Agustus 2016

SNK mungkin memang sudah ikut meninggalkan grafis pixel art apik dan beralih ke 3D dengan King of Fighters XIV -- yang kualitasnya nggak bisa dibilang mantap. Akan tetapi gameplay fighting yang dihadirkan tetap semenarik dan seketat game-game pendahulunya. Hadirnya mekanika kompleks macam Max Mode, Climax Cancels, dan Rush saya rasa tidak akan mengecewakan fans berat King of Fighters.

Ditambah Tizoc hadir lagi dengan persona dan tampilan baru, King of Dinosaurs! Kurang keren apa coba.

[page_break no="" title="Balap Terbaik 2016 - Forza Horizon 3"]

Game Konsol (PS4 & Xbox One) Terbaik 2016 Pilihan Duniaku.net

  • Rilis: 27 September 2016

Kalau dulu Gran Turismo milik Sony sempat merajai game simulasi balap, sekarang tahta itu direbut oleh Forza milik Microsoft. Nggak cuma didukung grafis cantik dan mobil-mobil keren, meski sama-sama Forza, Forza Motorsport dan Horizon memberikan pengalaman berbeda bagi para penggemar balap. Dan Horizon mampu menyeimbangkan sisi simulasi dengan arcade, sulit dikuasai tapi lebih santai.

Buat kamu pemilik Xbox One dan pengguna PC canggih dengan OS Windows 10 pun ada nilai tambah yang bisa kamu dapat, yaitu Xbox Play Anywhere, yang memberikanmu kopi digital untuk kedua platform (dan cross-save!) meski kamu hanya membelinya di salah satu saja.

[read_more id="284514"]

Game PS4 dan Xbox One terbaik 2016 menunggumu di halaman 3!

[page_break no="" title="VR Terbaik 2016 - Rez Infinite"]

Game Konsol (PS4 & Xbox One) Terbaik 2016 Pilihan Duniaku.net

  • Rilis: 13 Oktober 2016

Memang, kalau kamu suka game-game niche, Rez sudah rilis untuk PS2 pada 2001 silam. Dan di-port ke Xbox 360 pada 2008. Akan tetapi, dengan memanfaatkan teknologi baru PlayStation VR, Rez bakal jadi pengalaman gaming yang tidak terlupakan buatmu -- dan contoh sempurna untuk memanfaatkan virtual reality (VR) sebagai media bermain game.

Singkat cerita: sensory overload. Indera penglihatan dan pendengaranmu akan hanyut ke dalam dentuman ritme penuh warna yang disajikan oleh Rez. Dan saya rasa pendekatan itu yang dicari-cari oleh pengembang game VR lain agar permainan yang mereka buat menjadi sangat immersive. Kalau kamu punya PlayStation VR, kamu harus mencicipi game yang satu ini.

[page_break no="" title="Kejutan Terbaik 2016 - The Last Guardian"]

Game Konsol (PS4 & Xbox One) Terbaik 2016 Pilihan Duniaku.net

Digarap hampir selama satu dekade lamanya, dan tadinya ingin menjadi launch title PS3. Game ini memiliki nasib yang serupa dengan Final Fantasy XV, hanya saja Team Ico tidak berjanji dan memperlihatkan banyak hal. Ada seorang bocah, ada seekor gryphon. Itu saja. Hasilnya pun tepat sasaran. Mungkin ada aspek penilaian yang timbul dari ekspektasi 9 tahun tersebut, tidak seperti Ico atau Shadow of Colossus yang muncul tiba-tiba, tapi toh sekali lagi Team Ico masih berhasil menyajikan petualangan menyentuh yang minim narasi.

[read_more id="284141"]

Dari delapan game barusan, siapakah yang pantas mendapat gelar sebagai Game PS4 dan Xbox One Terbaik 2016 versi Duniaku.net? Jan jan jan... inilah dia pemenangnya:


[page_break no="" title="Console Game of The Year - XCOM 2"]

Saya sempat memikirkan Overwatch, tapi jujur saja, kurangnya single player agak menurunkan posisinya di mata saya. Dan main FPS di konsol nggak seenak di PC. Kemudian saya beralih ke Rez, tapi saya masih belum bisa menjustifikasi PS VR yang mahal. Maka akhirnya saya memilih XCOM 2.

Nggak cuma karena temanya yang tidak pernah gagal dalam membuat saya bersemangat tiap kali melihat para pasukan mendarat ke medan pertempuran (manusia menaklukkan alien, humanity f*ck yeah!), tapi Firaxis mampu membuat XCOM 2 juga jadi lebih adiktif dibanding game pertamanya. Grafis makin kece, sistem makin asyik, gameplay makin seru. Top lah, pokoknya! Beruntung sekali akhirnya Firaxis memutuskan untuk membawa game ini ke konsol.

Nah, sekianlah beberapa judul game yang saya rasa pantas disebut sebagai game PS4 dan Xbox One terbaik 2016. Apakah game favoritmu masuk dalam daftar kali ini?

[read_more id="283171"]

Diedit oleh Febrianto Nur Anwari

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU