Ini Dia 5 Catatan Sejarah yang Ada di Film Assassins Creed!

Terlepas dari filmnya yang bisa dibilang tak terlalu bagus, namun ternyata 5 catatan sejarah yang ada di film Assassins Creed ini menarik untuk diketahui loh!

Ini Dia 5 Catatan Sejarah yang Ada di Film Assassins Creed!

Ini Dia 5 Catatan Sejarah yang Ada di Film Assassins Creed! Sumber: http://www.heyuguys.com/assassins-creed-uk-movie-poster/[/caption]

Meskipun film Assassins Creed bisa dibilang tak terlalu dapat memuaskan para pencinta film, namun masih tetap ada beberapa hal yang bisa dinikmati dari interpretasi film franchise game kenamaan buatan Ubisoft ini. Dari sedikit hal yang bisa dinikmati, reinterpretasi sejarah ke dalam bentuk film jadi salah satu hal yang bisa dinikmati lewat film Assassins Creed ini.

Seperti di dalam gamenya, latar waktu, tempat, dan kejadian film Assassins Creed ini berdasarkan catatan sejarah nyata; namun diberi sedikit distorsi dengan penambahan sedikit fiksi kisah Assassin’s Creed di sana dan sini. Contohnya beberapa catatan sejarah berikut ini yang dapat kamu ketahui ketika menonton film Assassins Creed:

Spoiler Alert!

Hashashin

Ini Dia 5 Catatan Sejarah yang Ada di Film Assassins Creed! Sumber: http://windows10free.org/assassins-creed-unity-online-code-windows-8-1-game.html[/caption]

Layaknya Ninja, karakter Assassin memang sudah lama wara-wiri lewat media-media populer entah itu video game, komik, manga, anime dan lain sebagainya. Namun beberapa dari kamu mungkin akan sedikit bertanya-tanya, mengapa assassin dari seri assassins creed bergaya ke-arab-araban?

Ternyata hal ini tak lain dan tak bukan karena melihat dari catatan sejarah sang assassin itu sendiri. Assassin bisa dibilang sebagai organisasi intelijensi elit yang ada di masa tahun 1000 - 1500an di tanah Timur Tengah. Organisasi assassin memiliki nama asli Hashashin, organisasi ini bisa dibilang seperti sekte yang memaksa para anggotanya untuk tunduk sampai mati kepada sang pemimpin.

Hassan-i-Sabbah bisa dibilang salah satu nama paling berpengaruh dengan mitos assassin ini. Dari beberapa catatan, ia disebut-sebut sebagai pendiri organisasi Hashashin. Dikenal memiliki peraturan ketat, organisasi ini disebut-sebut digunakan oleh Sabbah untuk mencapai tujuan-tujuan politisnya. Jadi layaknya bentuk interpretasi populernya, Hashashin sepertinya memang sering ditugaskan untuk membunuh aktor-aktor politik penting.

Spanish Inquisition

Ini Dia 5 Catatan Sejarah yang Ada di Film Assassins Creed! Ilustrasi Spanish Inquisition. Sumber http://hispanismo.org/english/15244-nobody-expects-real-spanish-inquisition.html[/caption]

Catatan sejarah lain yang dapat kamu pelajari pada film Assassin Creed ini adalah Spanish Inquisition. Pergerakan ini dikenal juga sebagai The Tribunal of the Holy Office of the Inquisition dimulai pertama kali pada tahun 1478 oleh dua pemimpin kerajaan Katolik, Ferdinand II of Aragon dan Isabela I of Castile.

Pergerakan ini pertama kali dilakukan dengan sebagai usaha untuk mempertahankan pengaruh Katolik Ortodoks di tanah Spanyol, dan juga untuk menggantikan pengaruh Inggris di tanah Spanyol. Sehingga pada masa tersebut banyak para penganut agama lain selain Katolik Ortodok ditangkap dan diinvestigasi. Mereka yang ditangkap diberikan pilihan untuk berganti agama ke Katolik Ortodoks atau meninggalkan tanah Spanyol.

Untuk catatan sejarah lain yang ada di Assassins Creed the Movie, berlanjut ke halaman 2

Knight’s Templar

Ini Dia 5 Catatan Sejarah yang Ada di Film Assassins Creed! Sumber: http://hdimagegallery.net/templar+knights+history[/caption]

Sosok yang jadi kelompok antagonis di sepanjang kisah Assassins Creed ini ternyata juga berdasarkan dari catatan sejarah nyata loh! Organisasi Templar Knights bisa dibilang sebagai pasukan khusus gereja Katolik Ortodok selama masa perang salib. Pasukan ini juga memiliki tugas-tugas khusus yang berhubungan dengan kekristenan, beberapa di antaranya seperti menjaga yerusalem dari serangan dan menjaga harta hasil kemenangan di masa perang salib.

Seiring berjalannya waktu, para ksatria templar ini tak hanya menjadi pasukan khusus saja melainkan juga menjadi organisasi kekristenan. Alhasil Knights Templar tak hanya mengurusi urusan militer saja, beberapa anggotanya juga terlibat ke dalam ranah politik di masa-masa tersebut.

Mehmed II

Ini Dia 5 Catatan Sejarah yang Ada di Film Assassins Creed! Patung Sultan Mehmed II di Istanbul, Turki. Sumber: wikimedia.org[/caption]

Pada film Assassin's Creed kamu mungkin bingung ketika melihat ada Sultan Muhammad yang disebut-sebut sebagai salah satu tokoh protagonsi tambahan. Eits, jangan terpelatuk terlebih dahulu, sebab Sultan Muhammad yang ada dalam film Assassin's Creed itu adalah Sultan Mehmed II, sultan Turki Usmani yang juga dikenal sebagai Muhammad Al-Fatih.

Sultan Mehmed II dikenal sebagai pemimpin hebat pasukan Islam di masa itu. Jika meilhat pada latar waktu yang digunakan pada film Assassin's Creed, daerah yang dikuasai oleh Sultan Mehmed II terbilang cukup besar. Termasuk ada ibukota Romawi, Konstantinopel, dan wilayah Spanyol yang sayangnya terkena Spanish Inquisition dalam latar waktu film Assassin's Creed.

Christopher Columbus

Ini Dia 5 Catatan Sejarah yang Ada di Film Assassins Creed! Christopher Columbus, tokoh yang terkenal karena penjelajahannya ke dunia baru. Sumber: http://brainskewer.com/christopher-columbus-facts-and-information/[/caption]

Menjelang akhir film Assassins Creed, kamu akan melihat sang assassin, Aguilar de Nerha yang sudah sekarat memberikan mustika Apple of Eden kepada seseorang. Orang tersebut ternyata dalah Christopher Columbus. Tokoh ini tercatat di dalam sejarah sebagai seorang penjelajah kenamaan yang berhasil menemukan tanah Amerika. Penjelajahan yang dilakukan oleh Christopher Columbus dilakukan mulai tahun 1492 untuk menemukan tanah Amerika. Ia meninggal pada tahun 1506 dan dikubur di katedral Santo Domingo, Spanyol.

Diedit oleh Arya W. Wibowo

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU