Ini Dia 5 Catatan Sejarah yang Ada di Film Assassins Creed!

Sumber: http://www.heyuguys.com/assassins-creed-uk-movie-poster/

Meskipun film Assassins Creed bisa dibilang tak terlalu dapat memuaskan para pencinta film, namun masih tetap ada beberapa hal yang bisa dinikmati dari interpretasi film franchise game kenamaan buatan Ubisoft ini. Dari sedikit hal yang bisa dinikmati, reinterpretasi sejarah ke dalam bentuk film jadi salah satu hal yang bisa dinikmati lewat film Assassins Creed ini.

Seperti di dalam gamenya, latar waktu, tempat, dan kejadian film Assassins Creed ini berdasarkan catatan sejarah nyata; namun diberi sedikit distorsi dengan penambahan sedikit fiksi kisah Assassin’s Creed di sana dan sini. Contohnya beberapa catatan sejarah berikut ini yang dapat kamu ketahui ketika menonton film Assassins Creed:

Spoiler Alert!

Hashashin

Sumber: http://windows10free.org/assassins-creed-unity-online-code-windows-8-1-game.html

Layaknya Ninja, karakter Assassin memang sudah lama wara-wiri lewat media-media populer entah itu video game, komik, manga, anime dan lain sebagainya. Namun beberapa dari kamu mungkin akan sedikit bertanya-tanya, mengapa assassin dari seri assassins creed bergaya ke-arab-araban?

Ternyata hal ini tak lain dan tak bukan karena melihat dari catatan sejarah sang assassin itu sendiri. Assassin bisa dibilang sebagai organisasi intelijensi elit yang ada di masa tahun 1000 – 1500an di tanah Timur Tengah. Organisasi assassin memiliki nama asli Hashashin, organisasi ini bisa dibilang seperti sekte yang memaksa para anggotanya untuk tunduk sampai mati kepada sang pemimpin.

Hassan-i-Sabbah bisa dibilang salah satu nama paling berpengaruh dengan mitos assassin ini. Dari beberapa catatan, ia disebut-sebut sebagai pendiri organisasi Hashashin. Dikenal memiliki peraturan ketat, organisasi ini disebut-sebut digunakan oleh Sabbah untuk mencapai tujuan-tujuan politisnya. Jadi layaknya bentuk interpretasi populernya, Hashashin sepertinya memang sering ditugaskan untuk membunuh aktor-aktor politik penting.

Spanish Inquisition

Ilustrasi Spanish Inquisition. Sumber http://hispanismo.org/english/15244-nobody-expects-real-spanish-inquisition.html

Catatan sejarah lain yang dapat kamu pelajari pada film Assassin Creed ini adalah Spanish Inquisition. Pergerakan ini dikenal juga sebagai The Tribunal of the Holy Office of the Inquisition dimulai pertama kali pada tahun 1478 oleh dua pemimpin kerajaan Katolik, Ferdinand II of Aragon dan Isabela I of Castile.

Pergerakan ini pertama kali dilakukan dengan sebagai usaha untuk mempertahankan pengaruh Katolik Ortodoks di tanah Spanyol, dan juga untuk menggantikan pengaruh Inggris di tanah Spanyol. Sehingga pada masa tersebut banyak para penganut agama lain selain Katolik Ortodok ditangkap dan diinvestigasi. Mereka yang ditangkap diberikan pilihan untuk berganti agama ke Katolik Ortodoks atau meninggalkan tanah Spanyol.

Untuk catatan sejarah lain yang ada di Assassins Creed the Movie, berlanjut ke halaman 2

1
2

SHARE
Previous articleDeretan Concept Art Keren Rogue One yang Tidak Muncul di Filmnya!
Next articleCyberpunk RPG Dex Akhirnya Merambah ke PlayStation Vita!
Bukan orang biasa yang hobi main game dan jadi hobi menulis tentang game. Game favorit adalah game multiplayer kompetitif, kini juga jadi pengamat dunia persilatan eSport lokal dan internasional.