Inilah 5 Tokoh Sejarah Nyata di Film Assassin’s Creed

review film assassin's creed

Seperti gamenya, ada beberapa tokoh sejarah nyata di film Assassin’s Creed. Mau tahu siapa saja? Inilah daftar serta riwayat singkat mereka!

1

Sultan Muhammad XII

Sultan Muhammad XII (kiri) menyerahkan kekuasaan Granada ke monarki Katolik Spanyol

Review Film Assassin’s Creed – Membingungkan dan Mengecewakan

Film ini sebenarnya berpotensi menjadi bagus, tapi beberapa kesalahan fatal membuatnya mengecewakan. Apa saja? Simak saja review film Assassin's Creed ini.
Baca Juga

Film Assassin’s Creed berlatar tahun 1492, masa di mana monarki Spanyol berhasil menguasai Granada. Karenanya tak heran kalau salah satu tokoh sejarah nyata di film Assassin’s Creed adalah Sultan Muhammad XII.

Pada tahun 1491, Muhammad XII adalah satu-satunya penguasa Muslim di wilayah Spanyol. Kekuasaannya juga berakhir di tahun 1492, latar film ini, di mana dia harus menyerahkan kendali Granada ke Raja Ferdinand dan Ratu Isabella.

Kalau di filmnya sih, kisruh dengan Apple of Eden dan disanderanya putranya pada akhirnya yang menjadi faktor Muhammad XII menyerah ke Spanyol.

2

Ratu Isabella I

Satu lagi tokoh sejarah nyata di film Assassin’s Creed adalah Isabella I of Castile. Mungkin ada yang mengingat ratu yang satu ini sebagai donor utama Christopher Columbus, yang berujung kepada ditemukannya benua Amerika oleh peradaban Eropa.

Kontribusi besar lain Isabella untuk sejarah dunia adalah merampungkan Reconquista. Spanyol yang sempat dikuasai oleh Muslim diambil alih kembali sepenuhnya oleh Katolik. Ini ditandai dengan direbutnya Granada, wilayah terakhir yang dikuasai Muslim di area Spanyol saat itu, dan pengusiran besar-besaran kaum Yahudi.

Di era itu, pilihan bagi agama lain di bawah kekuasaan Isabella dan Ferdinand memang hanya pergi, ganti agama, atau mati.

Di film Assassin’s Creed, Isabella hanya tampil cameo di panggung eksekusi Aguilar dan mentor Assassinnya.

3

Raja Ferdinand II

tokoh sejarah nyata di film assassin's creed

Pasangan Isabella yang jelas berperan juga dalam perampungan Reconquista. Saat Muhammad XII menyerah, sang sultan sebenarnya bernegosiasi dengan Ferdinand agar kaum Muslim di wilayah yang sempat dikuasainya dibiarkan saja. Karenanya saat para Yahudi dibuang, Muslim Granada masih bisa bertahan dalam kekuasaan Katolik.

Tapi itu pun tidak berlangsung lama. Tahun 1502 Ferdinand melanggar perjanjian dan memberi pilihan bagi para Muslim untuk berganti agama atau diusir paksa. Raja yang satu ini juga bertanggung jawab atas dihancurkannya lebih dari sepuluh ribu manuskrip Arab di Granada.

DI film Assassin’s Creed, Ferdinand hanya tampil cameo bersama Isabella untuk menyaksikan eksekusi Aguilar dan mentor Assassinnya.

4

Tomas de Torquemada

Grand Inquisitior Spanyol. Orang yang diperkirakan bertanggung jawab atas kematian 2000 orang, entah karena tidak memeluk agama yang didukung penguasa Spanyol saat itu, diam-diam mempertahankan ajaran agama lama setelah berpindah agama, atau karena mengeritik inkuisisi. Torquemada jelas adalah sosok yang sangat kontroversial.

Torquemada tampil dengan signifikan di kisah Aguilar. Di antara tokoh sejarah nyata di film Assassin’s Creed, porsinya paling terasa; walau mungkin ada penonton yang tidak tahu siapa sebenarnya tokoh yang satu ini. Di film, dia adalah perwakilan Templar yang ingin memburu Apple of Eden. Dia dibantu oleh Ojeda, prajurit Templar yang kekuatannya luar biasa.

5

Christopher Columbus

Satu lagi tokoh sejarah nyata di film Assassin’s Creed adalah Christopher Columbus. Orang yang secara resmi diakui sebagai penemu benua Amerika, walau sebelumnya orang Viking dan mungkin pelaut China sudah terlebih dahulu mencapai dataran tersebut.

Columbus adalah sosok yang kontroversial dalam sejarah. Dia diduga bertindak sebagai tiran selama dia di Amerika. Termasuk melakukan tindakan kejam seperti memutilasi pencuri dan menjual orang itu sebagai budak.

Meski begitu, di film Assassin’s Creed penampilan singkat Columbus justru menjadi harapan terakhir bagi Aguilar. Kenapa? Kalau kamu berminat, kamu bisa mencoba menonton sendiri filmnya.

Kalau kamu berminat tentunya.


 

Itulah lima tokoh sejarah nyata di film Assassin’s Creed. Sebenarnya, seperti juga di gamenya, kejadian di masa lalu jauh lebih menarik daripada apa yang terjadi di masa depan. Sayang sutradara tidak fokus menyajikan kisah Aguilar dan memperdalam peran tokoh-tokoh di atas saja.

SHARE
Previous articleGambar Boruto Ini Penuh Makna! Transfer Rasengan, Sampai Baju Sakura yang Terbuka
Next articleInilah Pelajaran Penting dari Fantastic Beasts untuk Film Blockbuster Lain
Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.