Lewat 5 Animanga Ini, Kamu Bisa Tahu Bagaimana Kehidupan Seorang Mangaka yang Sebenarnya!

Sebagai pecinta animanga, mungkin kamu pernah berkeinginan menjadi seorang mangaka atau animator. Bukan hal aneh memang, pasalnya menjadi mangaka atau animator merupakan profesi bergengsi dan cukup disegani. Apalagi semakin berkembangnya teknologi yang memudahkan mangaka untuk menciptakan berbagai karyanya.

Jika kamu penasaran bagaimana cara kerja para mangaka, mungkin kamu perlu menonton dan membaca deretan animanga tentang kehidupan seorang mangaka berikut ini.


1

Bakuman


Setelah sukses bersama manga Death Note, duo Tsugumi Ohba dan Takehsi Obata mencoba peruntungan lewat manga komedi berjudul Bakuman yang terbit sejak tahun 2008. Sudah bisa ditebak, kolaborasi Tsugumi Ohba dan Takeshi Obata pun kembali sukses. Terbukti lewat penjualan yang lebih dari 15 juta kopi, dan sekaligus membuat Bakuman bercokol di posisi tujuh sebagai manga terlaris pada tahun 2011.

Manga Bakuman menceritakan dua orang pemuda yang bercita-cita untuk menjadi mangaka. Namun siapa sangka, ternyata kisah ini berasal dari kisah nyata duo pembuat manga ini yaitu Tsugumi Ohba dan Takeshi Obaata. Di sini mereka mencurahkan isi hatinya mengenai dunia mangaka yang begitu keras dan belum banyak diketahui orang.


2

Doujin Work


Doujin Work adalah anime pendek yang cocok ditonton di waktu senggang. Memiliki 12 episode dimana setiap episode hanya berdurasi 14 menit. Cerita berfokus pada seorang gadis bernama Najima Osana yang merupakan mangaka khusus doujin.

Dalam anime yang tayang tahun 2007 ini, kita akan diperlihatkan bagaimana perjuangan Najima menjadi seorang mangaka doujin dan memenangkan ajang doujinshi terbesar di Jepang.


3

Burning Pen


kehidupan seorang mangakaBurning Pen atau Moeyo Pen adalah komik karya Shimamoto Kazuhiko yang berkisah tentang behind the scene kehidupan seorang mangaka profesional Jepang. Namun, karena dibuat dengan tema fantasi, keadaaan di belakang layar pembuatan manga ini pun dibuat sedramatis mungkin.

Sebut saja ketika Moyuru Hono mendapat tantangan membuat manga dari editor misterius dengan waktu yang relatif singkat. Kamu akan melihat bagaimana perjuangan Moyuru yang penuh semangat menyelesaikan berbagai macam tantangan tersebut


4

Gekkan Shoujo Nozaki-kun


Animanga tentang kehidupan seorang mangaka selanjutnya adalah Gekkan Shoujo Nozaki-kun. Dibalut dengan kisah cinta, Gekkan Shoujo Nozaki-kun menceritakan Chiyo Sakura yang jatuh cinta kepada pria tampan. Namun siapa sangka pria yang disukai tersebut adalah seorang mangaka bernama Umetaro Nozaki.

Cerita pun semakin menarik ketika Sakura diundang ke apartemen kediaman Nozaki. Mereka bekerjasama  menggarap manga berjudul Koi Shi Yo (恋しよっ). Meskipun banyak mengandung unsur komedi dan drama cinta, tapi kamu masih bisa menikmati bagaimana cara kerja seroang mangaka membuat komik.


5

Comic Party


Kazuki Sendo memiliki cita-cita menjadi mangaka dan menerbitkan manga secara indie. Namun konflik mulai timbul ketika teman masa kecilnya memandang remeh cita-cita Kazuki menjadi mangaka.

Kamu bisa merasakan bagaimana perjuangan Kazuki dengan susah payah membuktikan kepada teman masa kecilnya bahwa menjadi mangaka adalah profesi yang cukup keren.

Comic Party merupakan anime yang diadaptasi dari manga karya Sekihiko Inui yang ditayangkan pada tahun 2001 sebanyak 13 episode.

Siapa Sangka 7 Manga dan Anime Ini Ternyata Berasal dari Kisah Nyata!

Enggak semua manga atau anime menceritakan hal-hal fantasi yang sulit dinalar oleh akal sehat. Pasalnya, beberapa manga atau anime pun tak jarang mengambil jalan cerita yang berasal dari kisah nyata.
Baca Juga

Nah lewat animanga tentang kehidupan seorang mangaka di atas, bisa menjadi referensimu mengetahui bagaimana sebenarnya cara kerja mangaka hingga menghasilkan karya yang bisa dinikmati oleh pembaca. Apakah kamu punya keinginan untuk menjadi seorang mangaka juga?

Diedit oleh Febrianto Nur Anwari

SHARE
Previous article10 Gambar Drifters Super Kece yang Bikin Anime Ini Layak Disebut Anime Fall 2016 Terbaik
Next article8 Karakter Dynasty Warriors Ini Ternyata Merupakan Tokoh Fiktif!
Penikmat anime detective. Fans Liverpool layar kaca