Mengenal Time-Skip (Toki-Tobashi), Teknik Baru Hit yang Bikin Goku Kewalahan

Teknik Time-Skip milik Hit yang digunakannya selama melawan Goku dalam Dragon Ball Super 72 ternyata berbeda... Apa sih sebenarnya Time-Skip ini? Apa bedanya dengan teknik menghentikan waktu yang dimiliki Guldo (pasukan Ginyu)?

Mengenal Time-Skip (Toki-Tobashi), Teknik Baru Hit yang Bikin Goku Kewalahan

Mengenal Time-Skip (Toki-Tobashi), Teknik Baru Hit yang Bikin Goku Kewalahan

Dragon Ball Super 71 dan 72 menjadi debut teknik mematikan baru yang diperagakan oleh Hit. Meskipun tidak sepenuhnya baru, karena teknik Time-Skip, atau dalam istilah aslinya disebut Toki-Tobashi, sudah digunakan oleh Hit sejak dia bertarung melawan Goku selama turnamen Gods of Destruction Selection Martial Arts Competition antara U6 dan U7 setahun lalu.

Mengenal Time-Skip (Toki-Tobashi), Teknik Baru Hit yang Bikin Goku Kewalahan

Bedanya, seperti yang diungkapkan oleh Vados, teknik tersebut telah berkembang pesat setahun belakangan, sehingga kini Hit bukan sekadar melompati waktu saja. Hit saat ini bisa menggunakan waktu yang dia lompati menggunakan teknik Time-Skip, untuk menciptakan dimensi yang berbeda, dimana dia bisa bebas bergerak untuk menghindari semua serangan Goku.

[read_more id="286766"]

Menurut Vados, Hit bisa menyimpan waktu yang dia lompati, dan dengan waktu yang disimpannya, dia menciptakan ruang yang terpisah, sebuah dunia paralel. Kemudian dia bisa bebas bergerak dari dalam dan keluar ruang paralel tersebut.

Ini menjelaskan kenapa dia tidak bisa diserang oleh Goku selama episode 71 lalu, karena yang muncul adalah bayangannya, sedangkan dirinya sendiri berada dalam dimensi paralel, aman dari semua serangan musuh. Di sisi lain, Hit bukan sekadar lolos dari serangan musuh dengan dia berlindung dalam dimensi yang berbeda tersebut. Karena dia bisa segera menyerang musuhnya, tanpa musuh menyadari dimana posisi pasti Hit saat ini. Benar-benar teknik yang berbahaya, bukan?

Mengenal Time-Skip (Toki-Tobashi), Teknik Baru Hit yang Bikin Goku Kewalahan

Time-Skip (atau Toki-Tobashi) merupakan jurus khas Hit (seperti Kamehameha milik Goku), dan merupakan teknik yang hanya bisa dipelajari dan dikuasai beberapa orang saja. Selain Hit, yang menggunakan teknik ini adalah Future Warrior 2, karakter utama game Mengenal Time-Skip (Toki-Tobashi), Teknik Baru Hit yang Bikin Goku Kewalahan

Ketika Hit menggunakan teknik ini, mereka melihatnya akan menganggap dia menghilang, dan muncul kembali di tempat lain. Berbeda dengan teknik serupa yang dimiliki Guldo, salah satu anggota pasukan Ginyu yang mampu menghentukan waktu di semua tempat, Time-Skip hanya menghentikan waktu di sekitar tempat dimana Hit berada.

Ada kekurangan teknik ini, yang juga dimanfaatkan Goku untuk memenangkan pertarungan dalam episode 72 kemarin. Time-Skip hanya efektif pada lawan yang Power Levelnya sebanding dengan Hit, atau, lebih rendah. Jika tidak, maka durasi waktu terhentinya akan menurun jauh.

Selama pertarungan dengan Goku kemarin, Hit sendiri sebenarnya mampu menutupi kekurangan tersebut. Dia bisa menyimpan durasi waktu Time-Skip, dan menggunakannya untuk membuat dimensi yang terpisah. Sehingga menghadapi Goku yang logikanya saat ini Power Levelnya setara, dia mampu mengecohnya, sehingga Goku hanya menyerang bayangan dirinya saja, ketika Hit berlindung di posisi yang berbeda dari bayangan tersebut.

Mengenal Time-Skip (Toki-Tobashi), Teknik Baru Hit yang Bikin Goku Kewalahan

Tambahkan dengan kemampuannya menyembunyikan Ki, Hit memang pantas menjadi pembunuh bayaran yang susah dideteksi kehadirannya. Pada pertarungan pertama mereka, Goku sendiri sebenarnya bisa mengatasi teknik ini, dengan cara meningkatkan kekuatannya menjadi Super Saiyan God dan menjadi kebal sepenuhnya terhadap Time-Skip ketika dia meningkatkan kekuatannya ke Super Saiyan Blue.

[read_more id="283938"]

Goku juga menggabungkan Super Saiyan Blue dengan Kaio-ken 10x yang berhasil mengatasi Time-Skip ini, sampai akhirnya Hit meningkatkan lagi waktu Time-Skip-nya. Hit sendiri mampu meningkatkan batasan waktu sepersepuluh menjadi seperlima detik, hingga kemudian setengah detik selama dia bertarung bersama Goku.

Mengenal Time-Skip (Toki-Tobashi), Teknik Baru Hit yang Bikin Goku Kewalahan

Ini sekaligus membuktikan, jika melalui pertarungan mereka, Hit dan Goku bisa bertambah kuat (ini juga alasan mempertemukan keduanya dalam episode 71 dan 72, agar mereka makin kuat untuk turnamen Universe Survival).

[page_break no="" title="Beda Time-Skip dengan Time-Freeze"]

Banyak yang menyamakan kemampuan Hit ini dengan milik Guldo, yaitu Time Freeze / Time Stop. Bisa dibayangkan jika musuh mereka menggunakan jam tangan. Jika teknik Time Freeze dilakukan, seperti ketika Guldo menghentikan waktu Krillin dan Gohan, maka waktu akan terhenti keciali waktu Guldo. Katika Guldo mengembalikan waktu, maka jam tangan yanbg dikenakan Krillin akan menunjukkan waktu yang sama seperti saat Guldo menghentikan waktu.

Mengenal Time-Skip (Toki-Tobashi), Teknik Baru Hit yang Bikin Goku Kewalahan Mengenal Time-Skip (Toki-Tobashi), Teknik Baru Hit yang Bikin Goku Kewalahan

Sedangkan untuk Time-Skip-nya Hit, waktu akan tetap berjalan pada musuh saat Hit menggunkana Toki-tobashi. Namun saat Hit melepaskan teknik tersebut, jam tangan Goku akan 0.1 detik lebih cepat dari waktu saat Hit melakukan Toki-tobashi.

Untuk lebih memahami Time-Skip ini, bayangkan jalannya waktu seperti frame film yang berjalan dengan rasio 100 frame per detiknya. Itu artinya, dalam interval 0.1 detik ada 10 frame. Ketika Hit menggunakan Toki-tobashi, dia membuat lawannya melompati / gagal melihat 10 frame yang dilakukan Hit dari waktu mereka, ketika Hit masih bisa memanfaatkan 10 frame tersebut untuk bergerak.

[read_more id="285266"]

Dengan kata lain, Time-Skil ini semacam merekam video pada 100 frame per detik, dan Hit menggunakan Adobe Premier Pro untuk mengedit 10 frame, mengeditnya di sana-sini, sehingga lawannya melihat versi editannya.

Mengenal Time-Skip (Toki-Tobashi), Teknik Baru Hit yang Bikin Goku Kewalahan

Pasca pertarungan pertamanya melawan Goku, Hit sudah mengembangkan kemampuannya dengan batasan bahkan sampai setengah menit. Kemudian selama pertarungan keduanya melawan Goku selama episode 71 dan 72 kemarin, Hit terbukti berhasil menyempurnakan tekniknya tersebut. Seperti apa teknik baru Hit yang pasti akan kembali dia gunakan dalam Universe Survival nanti? Tunggu ulasan pada artikel selanjutnya...

 

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU