Lowongan Kerja! Dibutuhkan Gamer untuk Jadi Pilot Drone Militer!

Suasana kokpit pilot drone. Mirip ruang bermain game kan? Sumber: NBC News

Hobi main game bisa membawa seseorang mendapatkan karir yang diinginkan. Ada yang menjadi gamer profesional, ada yang menjadi jurnalis dan reviewer game (seperti kita-kita yang ada di Duniaku.net :D) dan ada pula yang menjadi developer game. Nah, kini ada satu lowongan kerja lagi yang bisa kamu lamar jika kamu seorang gamer. Jangan kaget ya, karena lowongan kerja kali ini datang dari dunia militer, dimana kamu bisa menjadi seorang pilot pesawat terbang tanpa awak alias drone!

Ide untuk merekrut gamer sebagai pilot drone militer ini dicetuskan oleh salah satu veteran angkatan udara Inggris (Royal Air Force/RAF) bernama Greg Bagwell. Menurut Greg, akan lebih baik jika RAF merekrut seseorang yang masih berusia 18 dan 19 tahun langsung dari ruangan bermain PlayStation-nya untuk menjadi pilot drone militer. Yap, tidak perlu pengalaman militer ataupun menerbangkan pesawat sungguhan. Cukup jago dalam bermain game saja dikatakan Greg membuat seseorang bisa mengendalikan drone.

Drone Reaper yang bakal dikendalikan. Sumber: BBC

Pernyataan Greg ini bukan tanpa alasan. RAF saat ini disebut-sebut tengah kekurangan pilot untuk drone Reaper milik mereka yang tengah bertugas di Timur Tengah. Biasanya, pilot-pilot untuk drone ini direkrut dari mantan pilot pesawat sungguhan. Namun Greg berpendapat lain. Menurutnya, gamer bisa lebih mengatasi gangguan psikologis yang muncul akibat terlalu sering mengendalikan drone. Akibatnya, banyak pilot drone yang akhirnya memilih mundur karena stres.

Karena itulah, Greg menyarankan RAF untuk merekrut pilot-pilot yang lebih muda dan tanpa pengalaman menerbangkan pesawat sama sekali. Lebih spesifiknya, merekrut seorang gamer untuk menjadi pilot drone dalam berbagai perang di Timur Tengah. “Kita butuh menguji lebih lanjut, apakah kita bisa merekrut anak muda usia 18 atau 19 tahun langsung dari ruang bermain mereka,” ungkap Greg. “Lantas menaruh mereka di kabin Reaper dan berkata: ‘Oke, kamu belum pernah menerbangkan pesawat sebelumnya, akan tetapi tidak masalah. Kamu bisa mengoperasikan ini’,” lanjutnya.

Sumber: Getty Images News/Getty Images

Kemampuan apa yang dibutuhkan dari gamer, sehingga disebut cocok menjadi pilot drone militer ini? “Kamu harus bisa melihat ruang tiga dimensi di sekitarmu meskipun kamu berjarak bermil-mil dari lokasi drone. Kamu memainkan catur tiga dimensi (dalam game), jadi kamu pasti mengerti bagaimana pandangan tiga dimensi ini bekerja,” ungkap Greg.

Wah, Sekarang Terbuka Kesempatan Untuk Gamers Bergabung Dengan TNI!

Panglima TNI, Jenderal Moeldoko, membuka peluang gamers bergabung dengan TNI. Tak tanggung-tanggung, akan ada divisi baru yang bisa melibatkan jasa gamers!
Baca Juga

Jadi bagaimana, apakah kamu tertarik dengan lowongan kerja menjadi pilot drone militer sungguhan ini? Jadi gak cuma menerbangkan drone di Call of Duty saja. Kamu pun bisa ikut dalam medan perang tanpa terluka loh!

Sumber: Polygon. Diedit oleh Febrianto Nur Anwari


SHARE
Previous articleAnime Gravity Rush Overture Sudah Bisa Disaksikan di Youtube
Next articleTernyata, Sleeping Dogs 2 Hampir Jadi Game Paling Ambisius yang Pernah Ada!
Gamer. Otaku. Suka film. Suka melakukan hal-hal yang baru.