Smartphone yang Paling Dinanti di Tahun 2017: Dari iPhone 8 Sampai BlackBerry Terbaru

10+ Smartphone Terbaik 2016: iPhone, Galaxy, Pixel, hingga Zenfone Terbaru

Tahun segera berganti, dan sebelum melihat apa smartphone paling menarik ditunggu di 2017 mendatang, kita melihat ke belakang dulu dan mereview apa saja smartphone flagship terbaik di sepanjang tahun 2016.
Baca Juga

Tahun segera berganti, dan itu artinya vendor smartphone sudah menyiapkan seri baru untuk meramaikan pasar setahun ke depan. Setelah kita melihat belakang dulu dan mereview apa saja smartphone flagship yang terbaik di sepanjang 2016 kemarin, kita giliran kita meneropong ke depan, apa saja smartphone yang paling menarik ditunggu kehadirannya di sepanjang 2017 mendatang. Saat ini mereka masih sekadar rumor, namun di ranah smartphone rumor itu adalah kenyataan yang tertunda!

1

Samsung Galaxy S8


Suksesnya Galaxy S7 dan varian berlayar melengkung, Galaxy S7 edge sudah tentu akan dilanjutkan Samsung melalui penerusnya ini. Samsung sendiri dikabarkan akan meluncurkan Galaxy S8 selama event Mobile World Congress 2017 akhir Februari 2017 nanti. Sudah banyak rumor yang mengangkat salah satu Android yang paling dinanti di tahun 2017 ini. Seperti Galaxy S8 nantinya akan ditawarkan dengan dua pilihan dimensi layar. Satu layar kecil, 5.7-inchi yang mewakili pengguna Galaxy S7, sekaligus Galaxy Note 7, serta satu lagi varian yang lebih masif.

Setelah Galaxy Note 7 Tidak Dijual, Menjadi Korban Meme Saitama, Sampai MOD GTAV

RIP Galaxy Note 7... Samsung dikabarkan rugi hingga ratusan trilyun gara-gara mereka menghentikan produksi dan penjualannya, namun hal itu tidak menghentikan netizen menciptakan banyaknya meme untuk mengenang Galaxy Note 7 meledak!
Baca Juga

Jika varian kecil Galaxy S8 hanya 0.2-inchi lebih besar layarnya dibandingkan Galaxy S7 edge, maka varian kedua (sejauh ini disebut Galaxy S8 Plus) dikabarkan akan menggunakan layar berdimensi 6.2-inchi, edge-to-edge melengkung, yang artinya tidak ada bezel di kiri dan kanan di sini, juga membuang tombol Home dan tombol capacitive, digantikan dengan tombol pada layar, sehingga akan membuat seluruh bagian depannya sepenuhnya terisi dengan layar saja. Konsep ini sebelumnya dikenalkan vendor Cina Xiaomi melalui Mi Mix.

Sebelumnya juga disebutkan jika Samsung akan menerapkan aplikasi asisten pribadi cerdas untuk Galaxy S8, yang sepertinya bisa dibandingkan dengan Siri-nya Apple, atau Google Assistant-nya smartphone Pixel. Sementara ini disebut sebagai Bixby, diplot menjadi artificial intelligence atau kepandaian buatan untuk berkompetisi dengan Siri.

Galaxy S8 Plus

Tak ketinggalan, Galaxy S8 juga diprediksi bakal menggunakan salah satu teknologi lama yang kembali terangkat akhir-akhir ini, dual-camera, akan menggunakan baterai yang diproduksi oleh rival senegaranya, LG (sebagai langkah antisipasi agar musibah meledaknya baterai Galaxy Note 7 tidak terulang), akan membawa teknologi pemindai retina mata yang sudah mereka terapkan pertama kali pada Galaxy Note 7, dan menggunakan prosesor octa-core tercanggih Samsung, Exynos 8895 dan GPU ARM Mali-G71.

2

Apple iPhone 8


Memang baru September 2016 kemarin Apple baru menjual iPhone 7 dan iPhone 7 Plus, namun dengan sepanjang 2016 kemarin mereka menggelar dua kali konferensi pers untuk mengumumkan tiga seri iPhone (iPhone SE yang dikonfirmasikan akhir Maret 2016), maka kita bisa berharap Maret 2017 mendatang mereka juga akan mengmumkan tipe baru lainnya.

Bezel yang mengecil, dan layar yang melengkung... iPhone 8 memang harus berbeda dari iPhone 7 untuk mengobati kekecewaan penggemar yang merasa tidak ada yang baru pada iPhone 7

Memang baru sekadar prediksi, namun sudah banyak yang menyinggung bakal seperti apa iPhone 8 nantinya. Terlalu dini untuk seri “8” tersebut, namun yang lebih meyakinkan, mereka akan mengumumkan model baru dalam waktu dekat.

Kabar yang banyak berhembus akhir-akhir ini adalah iPhone baru tahun depan bakal menggunakan layar berbahan OLED (mereka juga sudah menggunakannya untuk Apple Watch). Apple baru-baru ini dikabarkan mencari pemasok layar OLED untuk mereka (termasuk di sana ada nama Samsung), dan menyiapkan layar tersebut secepatnya awal tahun depan. Hal itu melahirkan rumor, jika benar Apple akan mulai beralih ke layar tersebut, yang selama ini biasa digunakan oleh Samsung untuk Galaxy-nya.

Kemudian selain jenis layar, banyak yang meyakini akan ada tiga dimensi layar iPhone yang eksis tahun depan, khususnya, iPhone 8. Prediksi awalnya, akan ada varian dengan dimensi layar 5.2-inchi dengan bahan OLED, yang melengkapi layar 4.7-inchi dan 5.5-inchi (yang masih menggunakan jenis LCD TFT). Untuk layar 4.7-inchi diposisikan sebagai varian utama iPhone 8, sedangkan layar 5.5-inchi untuk iPhone 8 Plus, dan 5.2-inchi untuk iPhone 8 SE.

Di luar jenis layar, iPhone 8 nantinya juga dikabarkan menggnakan jenis material kaca, serta mendukung wireless charging, selain menerapkan teknologi chipset terbaru. Beberapa analis meyakini, jika nanti iPhone 8 bezelnya bakal makin tipis, dengan dimensi layar membesar, serta kedua sisinya yang melengkung berlapis lapisan kaca.

10 Fitur iPhone 7 dan iPhone 7 Plus Ini Bisa Bikin Iri Semua User Android

Dengan angka 7 yang sangat ramai dibicarakan tahun ini (bahkan sampai Samsung pun melompati Galaxy Note 6), iPhone 7 hadir memberikan banyak fitur baru, yang bisa membuat user Android iri...
Baca Juga

Berhubungan dengan hal itu, salah satu varian iPhone 8 tersebut bakal membuang tombol Home, sementara sensor sidik jari Touch ID bisa dibenamkan ke dalam layar iPhone 8. Cara tersebut diyakini mampu memperbesar dimensi layarnya, tanpa perlu keseluruhan memperbesar dimensi iPhone 8 (cara yang sama dilakukan Xiaomi dengan Mi Mix).

Apple-iPhone-7-6

Kabar lainnya, Apple juga berencana menawarkan varian dengan layar yang melengkung, agar sejalan dengan tren yang akhir-akhir ini makin banyak yang menerapkannya. Dengan penggunaan layar OLED, diharapkan menjadi solusi agar iPhone 8 nantinya bisa lebih irit baterainya, serta sekaligus memberikan tingkat kontras kedalaman warna hitam yang tinggi.

Lanjut ke halaman 2…

1
2
3

SHARE
Previous articleBangun Wahana Bermainmu Sendiri di RollerCoaster Tycoon Classic
Next article5 Alasan Kenapa Kamu Sebaiknya tidak Membenci Om Telolet Om
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.