Kilas Balik Aktivitas Developer Game Indonesia Sepanjang 2016!

aktivitas developer game indonesia
Tahun 2016 menjadi tahun tidak kalah sibuk dengan tahun sebelumnya. Developer game Indonesia banyak disibukkan dengan berbagai event, rilis game serta berbagai momen-momen penting lainnya. Yuk kilas balik aktivitas developer game Indonesia selama setahun ke belakang!

Tahun 2016 bisa dibilang menjadi salah satu tahun terbaik bagi industri game Indonesia. Bukan cuma banyak game keren yang dirilis dan juga event-event yang digelar, akan tetapi juga banyak dari developer yang berhasil menyabet penghargaan baik yang berskala nasional maupun internasional. Nah, dalam artikel kilas balik ini, kami ingin mengajakmu untuk kembali menengok aktivitas apa saja yang dilakukan oleh para developer game Indonesia selama setahun ke belakang, yang terbagi berdasarkan bulan. Selamat mengikuti!

Januari

aktivitas developer game indonesia

Seperti dua tahun terakhir, bulan Januari 2016 dibuka dengan penyelenggaraan Global Game Jam (GGJ) 2016 yang digelar di berbagai kota seluruh dunia. Tidak terkecuali dengan Indonesia, dimana tahun ini kembali ada sembilan site (lokasi penyelenggaraan) yang ada di sembilan kota Indonesia, meliputi Denpasar, Surabaya, Malang, Yogyakarta, Semarang, Bandung, Depok, Jakarta dan Makassar. Antusiasme developer terhadap acara ini semakin tinggi dari tahun ke tahun. Buktinya, di beberapa site jumlah pesertanya melebihi angka 100 dan juga banyak site yang kuotanya sold out.

aktivitas developer game indonesia

Di bulan Januari, satu game dari Miracle Gates Studio, Greeve: The Adventure Begins juga memulai usaha Kickstarter-nya. Namun sayang, kampanye Kickstarter dari developer asal Bali ini belum berhasil mencapai targetnya. Selain itu, Artoncode Indonesia bersama dengan Ace EdVenture dari Malaysia di bulan ini juga memulai kampanye Kickstarter dan Steam Greenlight dari ChemCaper, game yang diklaim sebagai RPG edukasi kimia pertama di dunia.

aktivitas developer game indonesia

Bulan ini juga menandai langkah GameChanger Studio yang membawa game andalan mereka, Ascender untuk berkampanye di Steam Greenlight. Lalu berita lain datang dari LytoMobi yang mulai memberikan dukungan kepada developer Indonesia dengan mempublikasikan game RoboWar.

Februari

aktivitas developer game indonesia

Satu kabar buruk dari industri game Indonesia datang dari Batavian Studio. Studio pengembang Grim Odds ini akhirnya harus ditutup karena sebuah peristiwa yang disebut mendadak. Tentu sangat disayangkan, mengingkat Grim Odds sendiri cukup potensial dan bahkan digadang-gadang sebagai game dengan kualitas AAA pertama buatan Indonesia.

aktivitas developer game indonesia

Ada yang pergi, ada pula yang datang. Satu developer asal Bandung, Arsanesia di bulan ini meluncurkan satu lini baru yang khusus mengembangkan game-game edukasi untuk anak, Arsa Kids. Mengusung Pippo sebagai ikonnya, Arsa Kids pun resmi meramaikan pasar game edukasi anak di Indonesia. Masih juga dari Bandung, Arief Widhiyasa, CEO dari Agate Studio di bulan ini juga berhasil mendapatkan penghargaan sebagai salah satu founder muda paling berpengaruh di Asia versi majalah Forbes.

aktivitas developer game indonesia

Di bulan ini, beberapa developer game juga merilis game mereka, antara lain pendatang baru Niji Games dengan Roll Kitty Roll-nya serta Agate Jogja dengan game Gombal yang dirilis jelang Valentine.

Lanjut ke halaman 2!