Inilah 100 Judul Game Steam Paling Laku Selama 2016 Kemarin!

Top 100 Steam

Kemarin di hari kedua tahun 2017 ini, bersamaan dengan hari terakhir Steam Winter Sale 2016, Valve mengumumkan daftar “Top 100 Steam Games 2016” yang merupakan 100 judul game Steam paling laris terjual selama tahun 2016 kemarin dan mereka dibagi ke dalam tiga kategori sesuai pendapatan: Platinum, Gold, Silver, dan Bronze.

Tertulis kalau 100 judul game ini dinilai dari pendapatan kotor yang berhasil mereka raih selama 2016 kemarin, akan tetapi Valve sendiri tidak menyebutkan secara detil pendapatan sebesar apa yang membagi setiap game ke dalam tiap tiga kategori tersebut.

Kalau kamu lebih memilih browsing untuk langsung membeli game-game yang tersedia, kamu bisa melihat langsung daftar game di halaman Top 100 Steam 2016.

8 Game PC Terbaik 2016 Pilihan Duniaku.net

Spoiler: Pemenangnya Doom. No contest.
Baca Juga

Top 100 Steam Platinum

Top 100 Steam

Kategori utama, Platinum, diisi oleh 12 judul game yang namanya pasti sudah tidak asing lagi di telinga gamers. The Witcher 3, Dark Souls 3, Grand Theft Auto V, Counter-Strike, bahkan pemenang Game Konsol Terbaik 2016 Duniaku.net, XCOM 2 juga terhitung sebagai game Steam tersukses di tahun 2016.

Meski No Man’s Sky menjadi bulan-bulanan gamer di sepanjang tahun 2016 kemarin, akan tetapi hype menjelang perilisannya sangatlah besar lho, sampai disebut-sebut sebagai game Steam terlaris dengan ada 212.620 pemain aktif di hari pertama game tersebut meluncur ke Steam.

Makin Produktif, Maulidan Games Luncurkan Game Keduanya di Steam Greenlight!

Game PC asal developer Surabaya ini siap memanjakan para penggemar RPG strategi ala Final Fantasy Tactics. Yuk dukung kampanyenya!
Baca Juga

Top 100 Steam Gold

Top 100 Steam

Kemudian 12 game lain menduduki peringkat “kedua terlaris” sepanjang 2016. Nampak dua game gratisan, Team Fortress 2 dan Warframe, ikut bertengger di daftar Top 100 Steam ini. Mengingat keduanya sudah rilis sejak beberapa tahun silam — Warframe pada 2013 dan Team Fortress 2 beralih ke model free-to-play pada 2011 — cukup mengesankan bagaimana mereka masih berhasil meraup keuntungan besar di tahun 2016.

Daftar ini juga menunjukkan kesuksesan Rainbow Six: Siege sebagai game bermodel “game as a service,” yang artinya game berbayar tetapi tetap di-update secara berkala serta komunitas yang terbentuk di dalamnya dijaga dan didengarkan. Hal yang sama juga sedang berjalan dengan baik untuk game non-Steam Overwatch.

Curhat sedikit aja, cukup lucu juga melihat Call of Duty: Black Ops 3 yang malah ada di sana dan bukannya Infinite Warfare.

EURGAVA-Fight for Haaria, Kombinasi RPG-Simulasi Hasil Karya Satu Orang Saja!

Semua aspek dalam game ini dibuat oleh satu orang saja, Ibrahim Indra Baskara dari Bekasi! Seperti apa game-nya?
Baca Juga

Top 100 Steam Silver

Top 100 Steam

16 game dari Top 100 Steam lain masuk ke dalam peringkat Silver. Yang mengesankan dari peringkat ini adalah ramainya game-game niche (alias fanbase-nya kecil atau spesifik), macam game city-building Cities: Skyline, theme park-building Planet Coaster, dan grand strategy Hearts of Iron dan Europa Universalis, membuktikan kalau game tidak terlalu perlu untuk mengikuti tren pasar untuk bisa tetap sukses.

NSFW Dirilis, Game “Nakal” Bagi yang Suka Curi Waktu Senang-senang Saat Bekerja!

Game dari developer asal Tangerang ini cocok bagi kamu yang sering merasa jenuh di kantor. Awas, benar-benar NSFW (Not Safe for Work)!
Baca Juga

Top 100 Steam Bronze

Top 100 Steam

60 game sisanya masuk ke posisi Bronze. Game-game Top 100 Steam yang masuk dalam peringkat ini sangat bervariasi, tidak hanya dari genre tapi juga dari tanggal rilis.

Ada The Sims 3 yang notabene rilis sejak 2011 lalu, Kerbal Space Program yang akhirnya komplit pada 2015, kemudian Metal Gear Solid V yang dielu-elukan gamer berbagai kalangan pada dua tahun lalu. Left 4 Dead 2 yang rilis 2009 juga masuk, mungkin tiap game-nya Valve wajib masuk daftar hahaha. Buat lengkapnya bisa kamu simak di halaman Top 100 Steam 2016.


Itulah daftar Top 100 Steam, 100 judul game paling laris terjual di platform distribusi digital milik Valve selama periode 2016. Apakah ada judul yang kamu ketinggalan tidak beli pada Winter Sale kemarin? Nggak perlu menyesal, kamu tinggal sabar menunggu hingga Steam Sale berikutnya saja!

Diedit oleh Febrianto Nur Anwari


SHARE
Previous articleWow! Penyanyi Ariana Grande Bakal Jadi Karakter di Final Fantasy!
Next articlePetualangan Berbahaya Katak Pemberani Mencari Keluarganya di Werther Quest
Jadi penulis karena nggak bisa koding.