13 Game Android dan iOS Paling Ditunggu Selama 2017

Tahun baru, game baru. Berikut 13 judul game Android dan iOS yang paling dinantikan selama tahun 2017 ini!

13 Game Android dan iOS Paling Ditunggu Selama 2017

13 Game Android dan iOS Paling Ditunggu Selama 2017

Akhirnya kita telah memasuki tahun 2017. Tentunya tidak ketinggalan judul-judul game mobile baru juga akan menanti kita di Tahun Ayam ini. Mulai dari beragam platformer dengan mekanika yang unik, hingga MOBA bertema Star Wars dan game baru Nintendo selain Super Mario Run. Apa saja mereka, mari simak daftar game Android terbaru 2017 kali ini!

Banyak dari game Android terbaru 2017 ini antara merupakan port dari game PC/konsol atau didesain sebagai rilis multiplatform, jadi kamu akan menemukan mereka rilis di PC atau konsol, akan tetapi game-game ini tetap dikembangkan dengan kontrol layar sentuh sehingga implementasinya masih layak untuk dicoba dan diperhatikan.

[page_break no="1" title="Modern Combat Versus"]

Setelah merilis entri terbaru dari Asphalt pada November kemarin, Asphalt Xtreme, Gameloft sedang mempersiapkan judul terbaru dari game shooter paling beken garapan mereka juga, yaitu Modern Combat Versus.

Berbeda dengan game Modern Combat sebelumnya, Gameloft kali ini membuat Modern Combat Versus menjadi game online shooter yang fokus pada aspek multiplayer dan dirancang mengikuti perkembangan tren eSport sehingga tidak ada lagi mode singleplayer. Tapi tentu sistem permainannya masih akan tetap seru.

[read_more id="272536"]

[page_break no="2" title="Star Wars: Force Arena"]

Penggemar MOBA dan Star Wars mungkin ingin melirik Star Wars: Force Arena di tahun 2017 ini. Game ini adalah MOBA dua vs dua bertema "perang bintang," lengkap dengan beragam karakter-karakter terkenal dari Original Trilogy hingga serial kartun Rebels seperti Darth Vader, Luke Skywalker, Han Solo, dan Ezra Bridger.

[read_more id="280637"]

[page_break no="3" title="Animal Crossing dan Fire Emblem"]

13 Game Android dan iOS Paling Ditunggu Selama 2017

Dua judul ini merupakan game Nintendo lain selain Super Mario Run yang sudah mereka janjikan akan segera masuk ke ranah mobile. Cukup mudah membayangkan bagaimana Nintendo akan membawa kedua game ini, Fire Emblem sebagai sebuah game RPG strategi dan Animal Crossing seperti The Sims: FreePlay di mana kamu bisa membeli furnitur dan upgrade rumah serta bertemu dengan pemain-pemain lain secara online.

[read_more id="279532"]

[page_break no="4" title="Darkest Dungeons"]

Game RPG dungeon crawling ini cukup populer di kalangan gamer-gamer hardcore karena memerlukan kesabaran besar untuk bisa menamatkannya. Nggak bohong deh, harus berdoa keras pada "Dewa Dadu" supaya petualanganmu dalam Darkest Dungeon lancar!

Nah, dengan diadaptasinya game ini dalam platform mobile maka saya rasa game ini sangat tepat dimainkan kapan saja ketika mood-mu sedang bagus, dan berhenti pula kapan saja saat mood-mu langsung hancur berantakan. Tidak harus terpaku berjam-jam di depan layar karena terlanjur menyalakan game sial yang satu ini.

[read_more id="287103"]

Yuk langsung lanjut ke game-game berikutnya di halaman 2!

[page_break no="5" title="Gangstar New Orleans"]

Nggak cuma Modern Combat, Gameloft juga sedang mempersiapkan versi terbaru dari serial game open-world kriminal Gangstar: Gangstar New Orleans. Rekaman langsung dari kemajuan game ini ataupun video trailer belum dikeluarkan secara resmi oleh Gameloft tapi dari video di atas, tampaknya New Orleans masih akan sebagus dan seseru Gangstar Vegas.

[page_break no="6" title="The Elder Scrolls: Legends"]

Mengikuti tren game kartu macam Hearthstone, Gwent dari The Witcher, dan Shadowverse, Bethesda segera merilis adaptasi trading card game digital dunia fantasi Elder Scrolls melalui The Elder Scrolls: Legends. Penggemar berat Skyrim pasti akan menemukan nama-nama familiar dalam game kartu yang satu ini.

[page_break no="7" title="Super Cane Magic ZERO"]

Super Cane Magic ZERO cukup menarik perhatian bukan hanya karena permainan kooperatifnya yang terlihat sangat rusuh, tapi juga karena grafis 2D yang bukan pixel art dan tampak menggemaskan. Terutama mengingat tren game indie petualangan yang kerap menggunakan pixel art, gaya gambar lucu macam ini terasa seperti angin segar.

[page_break no="8" title="The Binding of Isaac: Rebirth"]

Port lain dari game PC, Binding of Isaac adalah game dungeon crawling dengan sistem permadeath -- saat kamu mati, seluruh item yang kamu dapat akan hilang. Tidak hanya populer karena kebrutalan dari segi sistem permainan saja, tapi juga karena tema dan visualnya yang agak aneh dan menjijikkan.

[page_break no="9" title="Mushroom 11"]

Game platformer dengan mekanika yang unik. Kamu mendorong gumpalan jamur dan bakteri dengan cara menghapusnya, dan saat berdiri di atas benda lagi kumpulan tersebut akan kembali membesar. Latar cerita game penuh kehancuran yang dipakai pun sesuai dengan mekanika yang sederhana dan efektif ini.

[read_more id="280579"]

Lanjut lihat daftar game Android terbaru 2017 di halaman 3

[page_break no="10" title="OCMO"]

OCMO juga merupakan game platforming dengan visual dan mekanika menarik yang disesuaikan dengan kontrol layar sentuh. Di sini kamu bermain sebagai seekor makhluk seperti gurita yang bergerak dengan tentakel dan bisa menggapai pijakan dan tembok untuk berayun dari satu titik ke titik lain.

[page_break no="11" title="Z-Exemplar"]

Terinspirasi dari game-game shooter jadul sekelas R-Type, Gradius, dan Nemesis mendorong sang developer Suminell Studio untuk mengembangkan game serupa. Lengkap dengan visual 8-bit dan palet warna yang terbatas. Meskipun mungkin grafisnya agak "menyakitkan mata," tapi ini merupakan tiruan game jadul yang cukup sempurna dan sangat patut diapresiasi.

[page_break no="12" title="Cerulean Moon"]

Dalam game platformer Cerulean Moon, kamu tidak bisa lompat dan cuma bisa berjalan ke kiri dan ke kanan. Sehingga kamu harus bisa memanfaatkan lingkungan yang tersedia untuk menyelesaikan level, seperti terjun dari ketinggian atau menaiki air mancur untuk menemukan jalan yang tepat.

[page_break no="13" title="Dandara"]

Seperti game platformer lainnya di daftar game Android terbaru 2017 ini, Dandara merupakan game petualangan seperti Metroid dan Castlevania tetapi dengan kontrol yang sangat mengandalkan intuitif layar sentuh. Kenapa? Karena kamu hanya akan bisa menjalankan sang karakter utama dengan melemparnya layaknya ketapel seperti di Angry Birds. Jelas mekanika touchscreen yang cukup menyegarkan untuk dibawa ke genre petualangan.


Itulah beberapa judul game Android terbaru 2017 yang paling dinanti-nantikan. Apakah ada game Android dan iOS lain yang tertinggal? Silakan bagikan rekomendasi pribadimu di kolom komentar ya!

Diedit oleh Arya W. Wibowo

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU