3 Referensi Star Wars Rebels di Rogue One yang Mungkin Kamu Lewatkan!

cameo star wars rebels

Ada referensi Star Wars Rebels yang “tertangkap kamera” ikut berperang di Rogue One. Siapa saja mereka?

Meskipun hanya bertajuk spin off, namun Rogue One: A Star Wars Story masih tetap memiliki koneksi yang kuat dengan trilogi sekuel, prekuel maupun serial animasi yang masih canon. Tentu tidak mengherankan, mengingat timeline dari Rogue One berada di antara Episode III dan Episode IV, serta setelah serial animasi Star Wars Rebels.

Berbicara mengenai Star Wars Rebels, bisa dibilang serial ini memiliki koneksi timeline yang sangat dekat dengan Rogue One -di luar Episode IV tentunya. Apalagi di season ketiganya yang mulai tayang 7 Januari 2017 mendatang, salah satu karakter yang muncul dalam Rogue One, Saw Gerrera bakal memiliki peran yang cukup vital. Jika Star Wars Rebels saja memiliki referensi Rogue One, tentu Rogue One pun sebaliknya. Akan tetapi, bisakah kamu menemukan referensi Star Wars Rebels di Rogue One hanya dalam sekali menonton film ini di layar lebar?

Review Rogue One: A Star Wars Story – Kisah Star Wars Paling Kelam

Review Rogue One: A Star Wars Story ini akan membahas film terbaru franchise Star Wars. Bagaimana kualitasnya dibandingkan film-film sebelumnya?
Baca Juga

Beruntung, beberapa minggu setelah Rogue One tayang di layar lebar, Disney pun mulai “membongkar” siapa saja referensi Star Wars Rebels yang muncul di Rogue One. Awalnya, baru ada satu referensi saja yang ditemukan oleh fans, tepatnya saat TV spot Rogue One menampilkan pesawat Ghost yang menjadi “tumpangan” Hera, Kanan, Ezra dan kawan-kawan dalam Star Wars Rebels. Hal ini pun dikonfirmasikan Disney lewat sebuah gambar yang lebih beresolusi tinggi berikut ini.

cameo star wars rebels

Kamu bisa lihat Ghost (ditandai) bersama dengan pesawat Rebel Alliance yang lain saat akan menyerang planet Scarif, tempat dimana peta Death Star disimpan.

Ternyata Ghost tidak hanya tampil di adegan tersebut saja. Di markas Rebel Alliance, Yavin pun Ghost sempat “muncul”, meskipun cukup sulit untuk menemukannya. Kamu bisa menemukan adegan di bawah ini tepat sebelum Jyn dan Cassian berangkat ke Jedha. Ghost bisa kamu temukan tengah “diparkir” bersama dengan pesawat-pesawat milik Rebel Alliance lainnya.

cameo star wars rebels

Bukan cuma itu, Chopper, droid yang menjadi sahabat Hera dan kawan-kawan pun tidak luput untuk muncul juga di dalam film. Kemunculannya lebih singkat, dimana Chopper terlihat tengah berlari di antara para pilot Rebel Alliance, saat Mon Mothma mendapatkan informasi mengenai peperangan di Scarif.

cameo star wars rebels

Cukup menarik bagaimana Gareth Edwards memberikan “penghargaan” kepada Star Wars Rebels dengan memasukkan beberapa unsur serial animasi tersebut dalam Rogue One. Dave Filoni, produser eksekutif dari Star Wars Rebels pun sempat mengungkapkan, bahwa “mungkin saja” event dalam Rogue One akan dianimasikan dalam Star Wars Rebels, termasuk mungkin kehadiran Jyn, Cassian dan anggota Rogue One lainnya. “Saya sudah memiliki beberapa teori mengenai kisah di baliknya. Saya bisa mengimajinasikan membuat keseluruhan peperangan di Scarif dari sudut pandang siapa saja yang berada di Ghost pada saat perang berlangsung,” ungkap Dave.

cameo star wars rebels
Death Trooper bakal muncul di Star Wars Rebels juga?

Di luar tiga referensi ini, sebenarnya sempat ada “suara” yang memanggil General Syndulla untuk mengikuti briefing di Yavin. Kemungkinan besar, General Syndulla yang dimaksud di sini adalah Hera Syndulla, protagonis utama dalam Star Wars Rebels yang saat event di Rogue One (mungkin) sudah mendapatkan pangkat General.

Hera Syndulla

Masuk akal jika nantinya di salah satu episode Star Wars Rebels Season 3, akan ada adegan perang di Scarif dari sudut pandang Hera dan kawan-kawan, mengingat toh Ghost juga “tertangkap kamera” di Rogue One saat ikut dalam penyerangan. Jadi semakin tidak sabar menunggu season ketiga Star Wars Rebels yang akan mulai tayang 7 Januari 2017 mendatang!

Sumber: EW

SHARE
Previous articleGuide Skaarf Vainglory: Bakar Musuhmu Sampai Tak Tersisa!
Next articleDuel Obi Wan Kenobi vs Darth Maul Bakal Terulang di Star Wars Rebels Season 3!
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.