Ini Dia nVidia Shield Terbaru, Mesin Game Berteknologi PS4, Harga Separuhnya Saja

nVidia Shield

Nvidia Shield Perkenalkan Konsol dan TV Android Pertama dalam Resolusi 4K!

Bisa memainkan game-game PC secara streaming juga lho!
Baca Juga

Setelah sempat dirumorkan batal karena kehadiran Nintendo Switch, namun kemudian muncul bocorannya Desember 2016 kemarin, akhirnya selama event CES 2017 yang berlangsung mulai 5 Januari hingga 8 Januari 2016 besok, NVIDIA mengumumkan pembaruan untuk mesin game Android mereka, SHIELD.

Konsol, yang dikenalkan sebagai set top box Android TV ini memang tidak berbeda jauh dibandingkan SHIELD TV yang sudah mereka pasarkan sejak pertengahan 2015 lalu. Namun kini secara dimensi lebih kecil. Tepatnya, 40% lebih kecil, namun masih tetap mengajukan mesin yang sama, chipset unggulan mereka yang diduga juga memperkuat Nintendo Switch, yaitu Tegra X1. Dan seperti konsol terbaru Nintendo tersebut, NVIDIA lebih menitikberatkan pembaruan ini pada kontrolernya.

Membongkar Spesifikasi Nintendo Switch! Benarkah CPU nVidia Ini Sekuat PS4?

Nintendo termasuk konservatif dalam hal spesifikasi konsol gamenya, dan sampai saat ini belum diungkapkan seperti apa kekuatannya. Benarkah akan sekuat PS4? Berikut bocoran spesifikasi Nintendo Switch!
Baca Juga

Selain permukaannya yang kini tampak tidak rata, dengan bahan pembentuk yang berbeda, kalian juga menemukan fungsi kendali suara untuk agar bisa menggunakan Google Assistant dan perintah suara “OK Google” untuk berinteraksi dengannya. Walaupun kenyataannya asisten pribadi yang diberikan Google melalui Android 7.0 Nougat tersebut belum siap untuk Android TV, namun setidaknya NVIDIA sudah berpikir ke depan memposisikan konsol game sekaligus pusat hiburan keluarga ini tampak makin keren dengan fitur masa depan tersebut.

Paket pembeliannya sekarang juga menyertakan remote, yang akan sangat dibutuhkan ketika kalian menggunakan Shield terbaru ini untuk navigasi antar mukanya. Seperti kontroler, remote tersebut juga mendukung pengoperasian handsfree, merespon perintah suara penggunanya.

Bersamaan dengan konfirmasi versi baru NVIDIA Shield, mereka juga mengenalkan SHIELD SPOT, perangkat lain kontroler yang berhubungan dengan gadget lain (terutama SHIELD) melalui Wi-Fi, memiliki microphone sendiri sehingga kalian bisa menggunakan Google Assistant untuk akses mudah di semua tempat di rumah. SHIELD SPOT bisa dikendalikan melalui SHIELD TV menggunakan perintah suara.

Ultimate Tablet Bagi Para Gamer! Shield Tablet Dengan Prosesor Terkuat Mulai Dijual 29 Juli!

Tiga hari yang lalu memang belum resmi. Namun kemarin nVidia resmi meluncurkan Shield Tablet. Nama Shield di sana menjadi identitas bahwa tablet ini menganut jiwa yang sama seperti handheld game Shield.
Baca Juga

Di sisi hardware, Shield terbaru ini menggunakan mesin yang sama. Ada chipset Tegra X1 yang memiliki empat inti ARM Cortex-A57 dengan kecepatan maksimal 1.9GHz dan empat inti ARM Cortex-A53 dengan kecepatan maksimal 1.3GHz, RAM LPDDR4 3GB, GPU dengan arsitektur nVidia Maxwell generasi kedua dan memiliki 256 core CUDA (maksimal kecepatannya 1GHz, dengan kinerja mencapai 1024 GFLOPS/cycle, di atas kemampuan PS3 dengan 230 GFLOPS, namun di bawah PS4 yang mampu mencapai 1,840 GFLOPS), pilihan storage 16GB atau 500GB untuk varian SHIELD Pro (model termewah ini dimensinya sedikit lebih besar, karena memiliki HDD 2.5” di dalamnya), dan sudah menjalankan Android 7.0 Nougat.

Berkat nVidia Tegra X1, Gak Lama Lagi Kualitas Grafis Smartphone Bisa Kalahkan PS4 dan XOne

Yang penting baterainya... Percuma grafis kualitas Xbox One tapi baterai cuma tahan sejam!
Baca Juga

Konektivitasnya sama, ada port standar HDMI (yang mendukung output 4K dan HDR seperti PlayStation 4 dan Xbox One terbaru), gigabit Ethernet, dua port USB 3.0, dan slot MicroSD. Juga disediakan port IR yang kompatibel dengan remote dari Logitech Harmony, meskipun kedua kontroler standar yang dipaketkan (ya, termasuk remote-nya), memiliki IR blaster. Jangan salah paham, bukan untuk terhubung dengan Shield-nya yang memiliki port IR, namun kedua kontroler tersebut bisa kalian funakan untuk mengendalikan elektronik di rumah, seperti TV dan speaker.

Nintendo Switch: Masa Depan Dunia Game Bukan Virtual Reality dan Grafis 4K

Teknologi Nintendo Switch mungkin bukan yang terkini, tercanggih, atau termahal. Namun beberapa tahun lalu Nintendo berhasil menunjukkan jika inovasi Nintendo Wii bisa mengalahkan grafis beresolusi tinggi dan hardware yang mahal!
Baca Juga

NVIDIA Shield terbaru ini mulai dijual 16 Januari nanti, bahkan Amazon sudah membuka halaman untuk pemesanan Shield dan Shield Pro ini. Harganya, untuk yang standar dengan storage 16GB ditawarkan $199.99, atau sekitar Rp2.7 jutaan. Sedangkan yang Pro, dengan HDD laptop berkapasitas 500GB, membutuhkan dana hingga $299.99, atau sekitar Rp4 jutaan untuk memilikinya.

Sumber: NVIDIA


SHARE
Previous articleLiburan Tahun Baru, PS4 Laku Keras dan Tembus Angka 53,4 Juta Unit di Seluruh Dunia!
Next articleSambut Andromeda, Download Mass Effect 2 PC Gratis Sekarang Juga!
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.