Ternyata, Karakter Rogue One Ini Awalnya Direncanakan Menjadi Seorang Jedi!

karakter rogue one jyn erso
Jyn keturunan Jedi?

Tidak ada karakter Rogue One yang merupakan seorang Jedi. Tapi tahukah kamu, bahwa awalnya direncanakan bakal ada satu orang Jedi yang muncul? Siapakah dia?

Meskipun sudah lebih dari dua minggu setelah penayangannya, pundi-pundi uang yang masuk ke kantong Disney dari pemutaran Rogue One: A Star Wars Story masih belum berhenti. Sampai akhir pekan lalu, disebut-sebut pendapatannya sudah mencapai US $790 juta. Pendapatan ini belum termasuk pemutaran di beberapa negara Asia, termasuk Cina yang mana filmnya mulai diputar di awal Januari 2017 ini.

Tentu bukan jadi rahasia lagi bahwa Rogue One tidak mengisahkan pertarungan Jedi vs Sith yang selama ini mewarnai trilogi Star Wars. Memang, Darth Vader muncul dari kubu Sith, namun dari kubu Jedi sendiri tidak ada yang sepadan untuk melawannya. Chirrut Imwe? Dia bukan Jedi, namun hanya seseorang yang menjadikan Force sebagai spiritualnya. Namun tahukah kamu, di skrip awalnya, ternyata ada satu karakter Rogue One yang disebut-sebut sebagai seorang Jedi? Siapa dia?

karakter rogue one chirrut
Chirrut seorang Jedi? Bukan!

Hal ini terungkap dari buku The Art of Rogue One: A Star Wars Story yang diterbitkan akhir 2016 lalu. Di buku tersebut, disebutkan bahwa di draft awal Rogue One, film ini bakal mempertahankan salah satu “ciri khas” dari Star Wars, yaitu adanya dinamika keluarga yang cukup kompleks. Tentu saja, keluarga Jyn Erso yang menjadi sentralnya. Awalnya, direncanakan Jyn memiliki satu saudara laki-laki. Nyatanya, dalam film kita tidak mendapatkan klu apa-apa mengenai keberadaan saudara laki-lakinya ini.

Inilah Peringkat 7 Karakter Terkeren Rogue One: A Star Wars Story

Film Star Wars terbaru ini menyajikan banyak sekali karakter keren. Tapi siapa karakter terkeren Rogue One: A Star Wars Story? Ini peringkatnya!
Baca Juga

Kedua, ada satu alasan lain mengapa Empire mengejar-ngejar keluarga Jyn Erso. Bukan hanya untuk menyeret kembali Galen Erso untuk menyelesaikan Death Star, melainkan ada satu alasan lain: ada karakter Rogue One yang merupakan seorang Jedi di keluarga Erso yang tidak lain adalah ibu dari Jyn, Lyra Erso! Di draft awal, Lyra disebutkan adalah seorang Jedi yang melarikan diri pasca peristiwa Order 66 yang terjadi di Episode III lalu, sama seperti Obi-Wan. Namun sayang, referensi Lyra adalah karakter Rogue One yang merupakan seorang Jedi tidak disebutkan dalam versi akhir filmnya.

karakter rogue one
Lyra Erso saat menyerahkan kalung dengan kristal Kyber kepada Jyn kecil

Hanya saja, kita melihat Lyra menyerahkan kristal Kyber kepada Jyn kecil sesaat sebelum dia meninggal. Tentu bukan orang sembarangan yang memiliki kristal pembentuk lightsaber ini bukan? Nyatanya, Lyra hanya disebutkan merupakan seseorang yang sangat dekat dengan Force, karena sering mengunjungi kuil Jedi.

Deretan Concept Art Keren Rogue One yang Tidak Muncul di Filmnya!

K2SO awalnya mirip C3PO, dan ternyata ada konsep karakter utama yang mirip Chewbacca! Penasaran? Langsung masuk ke dalam!
Baca Juga

Mengapa Lyra batal dikisahkan menjadi Jedi? Penulis naskah Rogue One, Chris Weitz mengungkapkan bahwa keputusan tersebut diambil Disney karena mereka menganggap konsep Jedi tidak cocok dengan film ini. “Kami berpikir, mungkin akan lebih menarik jika membuat sebuah cerita tanpa kekuatan Force, tanpa lightsaber,” ungkap Weitz. “Kami bisa mengeksplorasi periode dimana galaksi kehilangan harapan, dimana Jedi sudah musnah. Kita tahu bahwa dalam Episode IV, Luke tidak pernah mengenal Force di Tatooine yang nun jauh di sana. Itu artinya, kisah Rogue One hanya seputar kisah perjuangan orang-orang normal tanpa kekuatan Force,” lanjutnya.

Sebuah teori dan juga pembelaan yang masuk akal bukan? Dan keputusan Disney rupanya sangat tepat, dimana meskipun tanpa menampilkan perseteruan Jedi vs Sith, film ini pun masih sangat sukses di pasaran.

Sumber: iO9