7 Film dengan Biaya Murah yang Sukses Masuk Jajaran Box Office Hollywood

film dengan biaya murahTak dapat dipungkiri lagi, uang adalah segalanya di dunia ini. Termasuk dalam pembuatan sebuah film. Dengan berbagai kecanggihan teknologi dan efek-efek visual lainnya, para sineas tak segan menggelontorkan jutaan dolar demi membuat karya yang epik sehingga memanjakan para penikmat film.

Namun, tak semuanya film-film box office Hollywood selalu berbiaya mahal. Masih banyak deretan film dengan biaya produksi sangat terbatas tapi mampu meraih keuntungan luar biasa.

Contohnya seperti tujuh film dengan biaya murah berikut ini nih.

7

Friday the 13th


Salah satu kelebihan dalam membuat film horor adalah film genre ini hampir selalu mendapat tempat di hati para pecinta film di seluruh dunia. Tak terkecuali dengan film Friday the 13th yang dirilis tahun 1980 lalu.

Bahkan Friday the 13th adalah salah satu film slasher paling menguntungkan dalam sejarah perfilman. Bayangkan saja, biaya produksi film yang disutradari oleh Sean S. Cunningham hanya sebesar 50 ribu dolar saja. Namun sepanjang penayangannya, film ini berhasil meraup 12 kali lipat dari biaya produksinya!

Kesuksesan ini pun turut menggoda sutradara Marcus Nipel untuk membuat Friday the 13th versi reboot pada tahun 2009 lalu, dan meraup keuntungan sebesar 91 juta dolar di seluruh dunia.


6

SAW


Lagi lagi genre slasher mengisi daftar film dengan biaya murah namun memiliki pendapatan luar biasa. Yup, bagi kamu yang bukan film horor pun pasti sudah tahu film garapan James Wan ini.

Dikemas dengan latar tempat yang sederhana namun memiliki plot twist tak terduga, film SAW hanya memerlukan dana sebesar 1,2 juta dolar saja selama proses pembuatannya. Hasilnya? bukan cuma dari segi penghargaan dari berbagai ajang film, SAW juga sukses meraup untung lebih dari 103 juta dolar di seluruh dunia.


5

Rocky


Salah satu film yang melambungkan nama Sylvester Stallone ini ternyata tak memerlukan biaya mahal untuk menjadi film box office di masanya. Film ini menceritakan petualangan seorang petinju amatir bernama Rocky Balboa yang mendapat kesempatan bertarung melawan petinju-petinju kelas atas.

Film ini pun laris manis dipasaran lewat keuntungan 1 miliar dolar, meski hanya berbiaya produksi 995 ribu dolar saja. Kesuksesan ini terus berlanjut pada sekuel-sekuel Rocky selanjutnya.

LANJUT KE HALAMAN DUA