Vainglory vs Mobile Legends: 6 Alasan Ini Bukti Bahwa Vainglory MOBA Terbaik di Mobile

Sumber: androidauthority.com

Pada kesempatan ini, Duniaku.net akan membuat sebuah perbandingan antara Vainglory dan Mobile Legends yang akan ditulis oleh saya (yang lebih menjagokan Vainglory) dan rekan saya Pooka (yang menjagokan Mobile Legends)

Vainglory vs Mobile Legends, makin merebaknya genre Multiplayer Online Battle Arena membuat dua game ini bersaing ketat di di ranah MOBA mobile. Dua judul ini adalah judul mobile MOBA yang amat digandrungi para gamers. Namun siapa yang lebih baik? Kalau menurut saya sih, Vainglory adalah MOBA terbaik untuk mobile. Kenapa? Ini 6 alasannya!

Baca Juga

1

Vainglory Punya Gameplay Mechanic yang Orisinil

Vainglory vs Mobile Legends
Sumber: 2p.com

Dibanding Mobile Legends yang map, jungle monster, minion, dan beberapa gameplay mechanic-nya bisa dibilang “menjiplak” League of Legends, Vainglory punya gameplay mechanic yang lebih orisinil. Memang tak bisa dipungkiri pengaruh League of Legends di ranah MOBA sangat kuat, sehingga Vainglory sedikit-sedikit pun masih menggunakan mekanik LoL.

Walau begitu, secara umum konsep permainan Vainglory lebih orisinil dan memang jadi MOBA khusus untuk mobile. Map pertarungan 3v3 namun tetap kompetitif, mekanika Kraken dan Gold Mine yang terbilang baru, menjadi beberapa hal yang membuat Vainglory lebih baik daripada Mobile Legends.

2

Konsep Hero dan Cerita yang Berkesinambungan

Vainglory vs Mobile Legends
Sumber: superevilmegacorp.com

Salah satu hal yang juga membuat Vainglory jadi lebih baik dari Mobile Legends adalah, konsep hero dan kisah pertarungan yang saling berkesinambungan. Meski dalam MOBA aspek storytelling sering seperti dinomorduakan, namun menurut saya sendiri aspek ini tetap jadi bagian penting dari game secara keseluruhan.

Dunia Vainglory yang mengombinasikan teknologi canggih dengan sihir, tampil secara berkesinambungan sepanjang permainan. Mulai dari Turret, environment map pertarungan, sampai kemampuan para hero. Sementara di sisi lain, Mobile Legends terkesan hanya benar-benar cuma ingin “jualan” gameplay saja.

3

Punya Grafis yang Jauh Lebih Baik

Vainglory vs Mobile Legends
Masih mau bilang mobile legends lebih bagus? Sumber: vaingloryfire.com

Dari segi grafis, tentu Vainglory bisa dibilang menang telak dari Mobile Legends. Mungkin hal ini yang juga jadi kelemahan Vainglory di Indonesia, mengingat smartphone low-end cenderung lebih laku di Indonesia. Meski begitu, kalau kamu punya smartphone menengah, bermain Vainglory tentu jadi lebih memuaskan.

Dengan grafis yang memukau, Vainglory mungkin bisa dibilang hampir setara game MOBA di PC. Apalagi baru-baru ini Vainglory juga menghadirkan engine Vulkan yang membuat grafis Vainglory jadi makin bagus. Jadi maaf saja, kalau bicara grafis game, Mobile Legends tentu tak selevel dengan Vainglory.

Masih ada tiga alasan lagi bahwa Vainglory vs Mobile Legends itu gak seimbang!