5 Alasan Kenapa Kamu Harus Ikut Global Game Jam 2017

GGJ 2017

Tinggal menghitung hari lagi, pesta developer game indie di seluruh dunia akan digelar. Bertajuk Global Game Jam (GGJ) 2017, acara ini akan digelar secara serentak di seluruh dunia, termasuk beberapa kota di Indonesia!

Baca Juga

Tahun ini, Indonesia memecahkan rekor jumlah site (tempat penyelenggaraan) terbanyak semenjak GGJ diadakan di Indonesia. Total, akan ada 13 site di 13 kota berbeda di Indonesia yang siap menyambut para Jammers (sebutan peserta GGJ) untuk membuat game selama 48 jam penuh.

Mungkin kamu penasaran, apa sih manfaatnya untuk mengikuti ajang bikin game rame-rame di seluruh dunia ini? Berikut alasan kenapa kamu mengikuti GGJ 2017.

1

Belajar Bikin Game Bareng-bareng

GGJ 2017

GGJ 2017 bukan cuma event untuk kamu yang sudah jago bikin game saja. Kamu yang belum bisa bikin game, atau yang punya niat ingin bikin game bisa juga lho ikut acara ini! Di sini kamu akan belajar bikin game bersama dengan teman-teman lain di komunitas kotamu. Dengan belajar bersama sekaligus praktek bikin game, tentu ilmu yang didapat akan bertahan lebih lama di ingatan bukan?

2

Bertemu dengan Teman (atau Gebetan) Baru

GGJ 2017

Banyak teman baru yang bisa kamu dapatkan saat mengikuti GGJ 2017. Mulai dari mahasiswa, artist, programmer, hingga dari kalangan profesional akan hadir dan bikin game bareng-bareng selama 48 jam penuh. Kamu tidak akan satu tim dengan teman-teman yang sudah kamu kenal, karena pembagian tim akan diacak, sehingga kamu bisa dapat kesempatan untuk berkolaborasi dengan teman baru.

Atau bisa juga, kamu dapat gebetan baru di GGJ 2017 kan? Hehehe

3

Membuka Pintu Kolaborasi

GGJ 2017

Banyak game-game keren dari Indonesia yang lahir dari tim yang dibentuk selama GGJ, salah satunya adalah game horor Hollow Rhyme yang saat ini sudah mendapatkan status Greenlit dari Steam.

GGJ seringkali menghadirkan game-game dengan ide menarik yang berpotensi dikembangkan lebih lanjut untuk menjadi game yang utuh. Nah, siapa tahu, tahun ini kamu bisa klop dengan teman setimmu, dan bisa bikin game yang keren untuk dipasarkan bukan?

Atau mungkin dari tim yang dibentuk selama GGJ, bisa jadi pondasi untuk membuat studio game baru yang kamu idamkan?

4

Dapat Banyak Ilmu Baru dari Veteran Industri Game

GGJ 2017

Rangkaian penyelenggaraan GGJ biasanya diawali dengan sesi talkshow yang menghadirkan para veteran industri game di masing-masing komunitas kota. Tentu ini bisa jadi saat yang tepat bagimu jika ingin belajar dari ahlinya. Bukan hanya mendengarkan sesi sharing-nya saja, akan tetapi kamu juga bisa langsung berbincang dan menimba ilmu langsung darinya.

5

Dan Badan Bisa Tetap Sehat

GGJ 2017

Bikin game selama 48 jam penuh mungkin identik dengan terus duduk di depan laptop atau PC. Tapi di GGJ tidak cuma seperti itu lho! Di hari kedua biasanya akan digelar beberapa acara yang bisa membuat badanmu tetap sehat, seperti jalan-jalan santai atau senam pagi. Jadi kamu tidak akan suntuk 48 jam bikin game terus, dan badan juga sehat karena tetap bergerak.

Nah bagaimana, apakah 5 alasan di atas sudah membuatmu tertarik untuk mengikuti GGJ 2017? Kamu tinggal mendaftarkan diri di salah satu site berikut yang terdekat dengan domisilimu. Setelah selesai mendaftar, kamu bisa membaca artikel tentang hal-hal yang perlu disiapkan sebelum mengikuti GGJ agar nge-jam bisa maksimal.


SHARE
Previous articleBaterainya Tahan Lebih dari Satu Bulan, Lenovo P2 Bakal Dijual di Indonesia
Next articleSemakin Seru! Perburuan Motor Baru dari Turnamen 1 Tahun Poker Time
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.