One Piece Gold Bersaing dengan Kimi no Na wa Sebagai “Animation of The Year”

Ajang tahunan yang sudah berlangsung selama 40 tahun ini baru saja mengumumkan nominasi untuk kategori Animation of The Year atau film animasi terbaik tahun 2016.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, ajang bergengsi Japan Academy Prize kembali hadir demi memberikan apresiasi bagi insan-insan perfilman di Jepang. Terdapat lima nominasi untuk kategori film animasi terbaik tahun 2016 yaitu Kimi no Na wa, One Piece Film: Gold, A Silent Voice, In this Corner of the World, dan Rudolf of Black Cat. Melihat daftar nominasi tadi, mungkin tidak ada kejutan berarti mengingat kelima film tersebut memang cukup mencuri perhatian penikmat film di tahun 2016.

Baca Juga

Terlebih dengan Kimi no Na wa yang benar-benar mengguncang industri animasi di Jepang maupun dunia. Bukti sahih kenapa Kimi no Na wa layak dinobatkan sebagai film animasi terbaik bisa dilihat dari suksesnya film ini merajai puncak box office film Jepang. Bahkan bukan sekadar memuncaki, namun Kimi no Na wa juga selalu mendominasi puncak box office selama sembilan minggu berturut-turut sebelum dikalahkan oleh film live action Death Note, Death Note Light Up The New World.

Popularitas merajai box office selama sembilan minggu berturut-turut berbanding lurus dengan pendapatan yang diperoleh film Kimi no Na wa. Di minggu ketiganya saja, film ini sudah meraup keuntungan sebesar 6,2 miliar Yen. Padahal pendapatan ini hanya berasal dari Negara Jepang saja dan belum ditambah dengan penghasilan di 85 negara di luar Jepang.

film animasi terbaik tahun 2016 one piece gold

Selain Kimi no Na wa, One Piece Film: Gold juga menjadi kandidat kuat peraih penghargaan animasi terbaik tahun 2016One Piece Film Gold sukses membayar ekspetasi para pecinta animanga One Piece. Diceritakan Luffy dan kawan-kawan datang ke sebuah kapal pesiar super besar dan megah Gran Tesoro yang dilapisi emas untuk berlibur dan mencoba keberuntungan dengan bermain di kasino.

One Piece Film Gold sendiri menduduki peringkat ke-8 sebagai film terlaris di Jepang dengan torehan pendapatan 5,1 miliar Yen.

Pemenang animasi terbaik tahun 2016 akan diumumkan dalam acara Japan Academy Prize yang dihelat tanggal 3 Maret 2017 nanti.

Diedit oleh Arya W. Wibowo

SHARE
Previous articleSony Luncurkan “PS4 Greatest Hits,” Rilis Ulang Game Terlaris dengan Harga Atraktif
Next articleRPG Mobile “TOP”, Triumph Over Pain, Akhirnya Meluncur ke Pasaran!
Penikmat anime detective. Fans Liverpool layar kaca