Inilah 6 Film yang Sempat Dilarang Tayang di Indonesia. Apa Kamu Pernah Menontonnya?

Film adalah salah satu sarana hiburan masa kini yang cukup digemari di Indonesia. Tak mengherankan ratusan film tiap tahunnya telah tersaji untuk dinikmati para penonton. Tapi apa jadinya jika film-film tersebut ternyata dilarang tayang di Tanah Air?

Indonesia merupakan salah satu negara yang begitu ketat dalam menyaring film-film untuk tayang di bioskop. Tak hanya film luar negeri, beberapa film tanah air pun tak luput dari “korban” lembaga sensor sehingga filmnya gagal tayang. Beberapa alasannya seperti adanya unsur kekerasan yang berlebihan atau mengandung nuansa SARA menjadi salah satu faktor yang sering jadi pertimbangan suatu film dilarang tayang.

Baca Juga

Penasaran film mana saja? berikut telah Duniaku.net rangkum tujuh film dilarang tayang di Indonesia dengan berbagai macam alasan.


1

Fifty Shades of Grey


Ketika diumumkan jika bukunya akan diadaptasi ke dalam sebuah film layar lebar, banyak orang yang penasaran bagaimana jadinya. Dan seperti novelnya, filmnya pun dipenuhi akan adegan seks yang begitu vulgar dan terkesan sadis. Tanpa pikir panjang, Lembaga Sensor Film Indonesia pun melarang Fifty Shades of Grey untuk tayang di Bioskop Tanah Air. Eits tapi kamu masih bisa kok nonton lewat streaming.

Selain di Indonesia, Fifty Shades of Gray juga salah satu film dilarang tayang di Malaysia dengan alasan serupa.


2

Noah


Perlu diingat, ini bukanlah nama sebuah band melainkan film yang dirilis tahun 2014 dan disutradarai oleh Darren Aronofsky. Seperti sudah menjadi rahasia umum, jika film-film yang mengangkat tema agama selain Islam selalu sulit untuk mendapat persetujuan tayang di Indonesia, dan salah satunya adalah Noah.

Film yang mengisahkan tentang Nabi Nuh ini dianggap tidak sesuai atau membelot dari ajaran yang benar, khususnya tidak sesuai dengan ajaran agama yang dianut sebagian besar penduduk Indonesia.


3

Balibo Five


Balibo Five merupakan film lawas yang diangkat dari kisah nyata lima orang wartawan yang tewas secara misterius. Diambil dari sudut pandang mantan jurnalis senior Roger East, Balibo Five merupakan salah satu film dilarang tayang di Indonesia. Pencekalan tersebut dilatarbelakangi kekhawatiran akan mengganggu keharmonisan hubungan diplomatik antara pemerintah Indonesia, Timor Leste, dan Australia.

Pemerintah Indonesia mengatakan kelima jurnalis yang berasal dari Inggris, Australia, dan Selandia Baru tersebut tewas dikarenakan terjebak dalam medan peperangan. Sedangkan pengadilan koroner di Australia menyebutkan jika kelimanya dibunuh oleh tentara Indonesia.

5 Film Horor Terbaik yang Sempat Menghantuimu di Tahun 2016 Ini

Penasaran film horor mana saja yang layak disebut film horor terbaik di tahun ini? Simak daftarnya di sini!
Baca Juga

Film apa lagi sih yang sempat dilarang tayang? cek di halaman kedua.

1
2
SHARE
Previous articleIni Bukti Xiaomi Redmi Note 3 Lebih Baik dari Samsung Galaxy S7
Next articleRio Dewanto Merilis Film Dokumenter Terkait Konflik Agraria di Langkat
Penikmat anime detective. Fans Liverpool layar kaca