Ini Kelebihan ROM Distributor Xiaomi Abal-abal yang Pasti Belum Kalian Ketahui

Kelebihan ROM Distributor Xiaomi

Pengguna Xiaomi pasti mengenal ada beberapa jenis OS untuk smartphone Xiaomi mereka. Ada OS distributor, Cina, developer, dan juga Global. Pilihan terbaik memang Global, terutama yang Stable. Namun karena suatu hal, justru ada kelebihan ROM distributor Xiaomi yang tidak mungkin ditawarkan OS dari Xiaomi sendiri.

Baca Juga

Lain halnya bagi kalian pengguna baru smartphone Xiaomi, mungkin kalian masih asing dengan yang namanya ROM distributor. Sebenarnya sudah eksis sejak beberapa tahun lalu, namun ROM, software atau OS distributor Xiaomi ini makin populer di Indonesia akhir-akhir ini, mengingat Xiaomi tidak lagi menjual secara resmi smartphone mereka di Indonesia karena batasan TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri).

Sebelum Update MIUI 8, Ini yang Perlu Kalian Ketahui dari UI Terbaru Xiaomi

Bagai pedang bermata dua, update MIUI 8 memberikan banyak fitur dan antar muka yang cantik... namun di sisi lain, sekaligus "menghabisi" opsi 4G LTE di semua smartphone Xiaomi yang menggunakan operator Indonesia.
Baca Juga

Aturan TKDN yang dijalankan sejak akhir 2015 mengharuskan smartphone 4G yang beredar di Indonesia memiliki setidaknya 30% kandungan lokal. Dengan kata lain, harus diproduksi dan dirakit di Indonesia.

Harga Xiaomi Redmi 4 Pro

Imbasnya, mengingat ada banyak Mifans di Indonesia dan menjadi pasar yang potensial, dimanfaatkan para distributor smartphone yang memasarkannya secara tidak resmi. Bisa dikatakan demikian, karena kebanyakan smartphone Xiaomi ini beredar di pasaran tanpa melalui jalur yang resmi, mendapatkan sertifikasi dan diuji lebih awal, sampai adanya layanan purna jual yang memadai di lokasi penjualannya.

Meskipun sebenarnya distributor ini bisa saja tinggal menjual Xiaomi-Xiaomi tersebut, namun mereka memilih memasukkan ROM modifikasi ke dalam Xiaomi yang dijual dengan berbagai alasan, yang sebenarnya menjadi beberapa kelebihan ROM distributor ini.

Kelebihan? Ya, terlepas dari purna jualnya, dan masalah yang mungkin menghantui ROM distributor Xiaomi, atau basa juga disebut ROM Xiaomi abal-abal, sebenarnya ada beberapa kelebihan yang bisa Mifans rasakan ketika menggunaka Xiaomi ROM distributor tersebut.

Kelebihan ROM distributor Xiaomi

1

Ada Bahasa Indonesia

Karena suatu hal, seperti Xiaomi hanya menjual tipe smartphone tertentu mereka hanya di Cina saja, atau smartphone Xiaomi ini masih baru sehingga belum muncul OS Global-nya, maka ROM abal-abal ini adalah pilihan terbaik. Pilihan bahasanya lengkap, termasuk bahasa Indonesia.

Kenapa hal ini sangat penting? Well, Xiaomi saat ini bukan hanya digunakan oleh para Mifans saja yang memang mengenal dan sudah jatuh cintan dengan smartphone Xiaomi luar-dalam. Ada para newbie yang masih cupu, seperti misalnya, adik penulis yang masih SD, hingga bapak dan ibu penulis yang pegang smartphone maksimal hanya untuk WhatsApp dan YouTube.

Baru Sebulan Dijual, Xiaomi Redmi 4 Bakal Dapatkan Upgrade! Ini Fitur Terbarunya

Tepok jidat! Xiaomi sepertinya ngerjain Mifans! Baru saja Redmi 4 dijual, sudah muncul kabar versi upgrade-nya yang akan menutupi kekurangan fatal Redmi 4. Coba tebak, apa kekurangan Redmi 4 selain harganya yang terlalu murah?
Baca Juga

Bahkan, kakek-nenek penulis yang pakai smartphone karena layar lebarnya bisa munculkan teks berukuran besar, pada kenyataannya, golongan-golongan pengguna tersebut tidak semuanya menguasai bahasa Inggris, apalagi, bahasa Cina.

Smartphone Xiaomi selalu memiliki pilihan banyak ROM / OS, dan masing-masing memiliki kelebihan serta kekurangan. Namun hanya ROM developer menggabungkan nilai lebih keduanya.
2

Pasti Bisa Koneksi 4G LTE

Pasca diberlakukannya aturan TKDN, banyak vendor smartphone yang kalang kabut memenuhi regulasi yang ditetapkan pemerintah. Bagi yang tidak mampu, memilih hengkang saja, seperti distributor resmi OnePlus yang juga tidak melanjutkan penjualan smartphone mereka di dalam negeri secara resmi.

Meskipun opsi koneksi 4G LTE bisa diakali dengan trik *#*#4636#*#* dan memasukkan SIM card belakangan, namun cara tersebut tidak praktis, dan bisa saja sewaktu-waktu koneksi internet balik ke “3G only”

Namun ada juga yang nekad dan menjualnya secara tidak resmi. Seperti para distributor Xiaomi ini. Karena aturan TKDN pula, pemerintah sudah melakukan filter agar smartphone yang tidak memenuhi regulasi tidak bisa mengakses koneksi 4G LTE di Indonesia.

MIUI 8 awal dari mimpi buruk akses koneksi 4G LTE. Foto via Android Authority.

Hasilnya, beberapa tipe Xiaomi, yang malangnya, tipe-tipe yang cukup digemari seperti Redmi Note 3 Pro, Redmi 3 Pro, hingga flagship Xiaomi Mi5, terutama setelah mereka diperbarui OS-nya ke MIUI 8, sudah tidak bisa memunculkan pengaturan koneksi 4G LTE.

Xiaomi Menggebrak di Awal Tahun, Redmi Note 4 Snapdragon Segera Dirilis

Redmi Note 4 Snapdragon, pakai ROM Global, dan semoga, koneksi 4G-nya tidak sampai di lock jika masuk ke Indonesia...
Baca Juga

Lain halnya jika Xiaomi-Xiaomi yang masuk daftar hitam pemerintah ini masih menggunakan OS abal-abal. Ini menjadi kelebihan ROM distributor, karena pasti bisa berselancar internet di jalur 4G LTE dengan aman.

3

Gak Bikin Ribet

Berhubungan dengan poin yang pertama dan kedua di atas, kalian pasti bakal mendapatkan Xiaomi OS distributor ini justru gak bikin ribet. Bayangin aja deh, kalian belikan Xiaomi terbaru untuk seseorang, dan merasa OS terbaik adalah Global Stable, kalian memutuskan untuk bayar jasa ganti ROM, atau menghabiskan waktu berharga hanya untuk belajar nge-flash ROM, eh yang mau diberi ternyata gak mau karena tidak bisa 4G, atau, jika bisa 4G pun, ternyata tidak ada bahasa Indonesianya.

Ini 5 Spesifikasi Xiaomi Mi6 yang Bakal Bikin Geger Dunia Smartphone Android 2017

Xiaomi Mi5 dengan CPU 4 core saja hasil benchmark-nya mencapai 130 ribuan, bagaimana Xiaomi Mi6 dengan CPU 8 core yang diklaim jauh lebih irit baterai ini ya? Semoga saja casingnya tidak seperti Xiaomi Mi5 yang begitu mudahnya dipatahkan!
Baca Juga
Pengguna Xiaomi dengan ROM Global yang ada pilihan bahasa Indonesia bakal sangat senang melihat indikator 4G di dekat sinyal.

Dengan setiap tipe Xiaomi ini memiliki beberapa tipe OS, ada Cina developer, ada yang Stable, dimana keduanya dipastikan tidak dikunci akses 4G LTE-nya, ternyata tidak ada bahasa Indonesia-nya. Makin galau ketika beralih ke OS Global Stable yang ada bahasa Indonesianya, namun ternyata 4G LTE dikunci. Paling gak bikin ribet dan pusing pala barbie jelas, OS distributor!

Ada bahasa Indonesia, bisa 4G LTE, yang mendapat hadiah senang, kalian pun tenang

4

Fitur Penting Ini Berfungsi

Mayoritas pengguna Xiaomi juga gak nyadar akan hal ini. Ketika kalian merasa OS Cina yang bisa 4G LTE dengan lancar itu yang terbaik, kalian sebenarnya salah. Karena ada fitur yang memang berhubungan dengan lokasi dimana seharusnya OS tersebut digunakan menjadi tidak berfungsi. Sepeti misalnya, fitur call dan SMS blocking Xiaomi.

Fungsi call dan SMS blocking ini bisa dikatakan tidak berguna di OS Cina,
Bahkan menggunakan ROM Cina kalian tidak bisa mendapatkan tema yang bebas dari gangguan bahasa negara asal Xiaomi.

Ketika kalian masuk ke App Store Xiaomi untuk berbelanja kustomisasi antar muka, seperti tema, kalian juga tidak mendapatkan tema yang memang ditujukan untuk wilayah Indonesia.

Lain halnya ketika kalian menggunakan OS Global. Kalian bisa mengaktifkan fitur tersebut, yang menurut beberapa pengguna sangat penting. Hanya saja OS Global tidak memberikan opsi koneksi 4G LTE pada beberapa tipe Xiaomi tertentu. Ini juga menjadi kelebihan ROM distributor Xiaomi, karena kalian masih mendapatkan fitur pada OS Global, sekaligus menikmati kelebihan dari OS Cina.

Lanjut ke halaman 2…. untuk kelebihan ROM distributor Xiaomi yang terbaik menurut penulis! 

1
2
3

SHARE
Previous articleDarkseid, Brainiac, hingga Si Sexy Poison Ivy Hadir di Trailer Injustice 2 Terbaru!
Next articleYuGiOh! Duel Links – Ayo Berduel Lagi di Perangkat Android dan iOS!
Penggemar strategy RPG Jepang, serta semua serial Super Robot Wars, yang saat ini masih menjadi kontributor penulis artikel game guide salah satu media game Indonesia. Mulai memburu game-game mobile, dan juga emulator melalui gadget Android, hanya untuk memainkan kembali game-game RPG klasik, yang menurutnya tetap lebih baik dibandingkan game modern.