Kimi no Na wa Resmi Kalahkan Spirited Away Sebagai Film Animasi Terlaris Sepanjang Sejarah!

Setalah sukses mencuri perhatian di tahun 2016 lalu dan digadang-gadang akan meraih Piala Oscar dalam katagori Film Animasi Terbaik, beberapa waktu lalu Kimi no Na wa akhirnya sukses menggeser Spirited Away sebagai film animasi terlaris sepanjang masa di Jepang.

Kimi no Na wa adalah fenomena baru di industri animasi Jepang belakangan ini. Bagaimana tidak, film garapan animator Makoto Shinkai ini sukses menghipnotis para pecinta film baik di Jepang ataupun negara luar. Lewat alur cerita yang menarik serta grafis yang memanjakan mata, tak mengherankan jika Kimi no Na wa pun berhasil menembus jajaran top film di Jepang maupun dunia.

Baca Juga

Kedigdayaan Kimi no Na wa selama tahun 2016 memang tidak terbendung. Dirilis sejak bulan Agustus lalu, film animasi garapan Makoto Shinkai ini dengan cepat meraih popularitas di negera asalnya, Jepang. Bahkan film ini sanggup mendominasi puncak box office Jepang selama sembilan minggu berturut-turut sebelum akhirnya dikalahkan oleh film live action Death NoteDeath Note Light Up The New World.

Dan seperti dugaan Duniaku.net dalam artikel sebelumnya, Kimi no Na wa akhirnya berhasil menyalip film animasi legendaris Spirited Away dalam urusan pendapatan. Sampai saat ini, Kimi no Na wa sukses meraup keuntungan sebesar 33,93 miliar yen dalam box office internasional sekaligus menggeser film besutan Hayao Miyazaki yang hanya meraih pendapatan 32,96 miliar yen selama penayangannya.

Kesuksesan Kimi no Na wa ini tak terlepas dari populernya film animasi ini di berbagai negara. Sebut saja ketika tayang di Cina, dimana berhasil meraup 9,23 miliar yen sekaligus menduduki urutan kedua sebagai film layar lebar terlaris serta film Jepang pertama berpendapatan terbesar di negara tersebut.

kimi no na waBukan cuma di Cina, beberapa negara Asia lainnya seperti Korea Selatan dan Thailand pun tak ketinggalan mengalami demam Kimi no Na wa.

Tentu hal terpenting yang membuat kenapa Kimi no Na Wa disebut sebagai salah satu film animasi terbaik karena memiliki alur cerita yang unik dan menarik. Meskipun berdurasi cukup panjang yakni 1 jam 46 menit, namun penonton tidak akan dibuat bosan lewat adegan-adegan dan kualitas gambar yang ditampilkan

Kimi no Na wa sendiri mengetengahkan kisah Taki yang tinggal di Tokyo dan Mitsuha yang berada di sebuah desa terpencil. Cerita pun semakin rumit sebab ketika tertidur, kadang tubuh mereka tertukar serta membuat kehidupan mereka menjadi kacau. Taki yang penasaran dengan fenomena aneh yang menimpanya, kemudian bertekad mencari tempat tinggal Mitsuha dan menemukan fakta yang tak pernah ia pikirkan sebelumnya.

Selain Kimi no Na wa, 5 Anime Movie Ini Juga Layak Disebut yang Terbaik di Tahun 2016

Nah anime movie mana sajakah yang sukses mencuri perhatian penikmat film dunia?
Baca Juga

Mengingat film ini masih terus tayang di beberapa negara, bukan tak pundi-pundi uang akan terus mengalir dan semakin menancapkan dominasi film garapan Makoto Shinkai sebagai film animasi terbaik tahun ini.

Diedit oleh Febrianto Nur Anwari