8 Judul Spin-off Dynasty Warriors yang Diadaptasi dari Anime dan Game Lain

spinoff Dynasty Warriors

Sudah ada beragam serial anime dan game yang digarap oleh Omega Force dan dijadikan spinoff Dynasty Warriors, mulai dari Gundam, One Piece, hingga Zelda. Mari kita bahas bersama satu per satu serial anime dan game apa saja yang telah “diubah” menjadi spinoff Dynasty Warriors.

Baca Juga

Serial game Dynasty Warriors — atau Sangoku Musou — memang cukup kontroversial karena sering dianggap nggak perlu membutuhkan skill untuk bermain dan hanya berfungsi memuaskan hawa nafsu menghabisi ratusan orang tanpa perlawanan.

Tapi kepopulerannya berkata lain, terbukti dari judul game bertema Samkok maupun Perang Sengoku Jidai buatan mereka yang keluar tanpa henti. Begitu pula dengan berbagai judul spinoff lainnya.

Bicara soal spinoff, Dynasty Warriors juga telah menelurkan berbagai judul game dengan sistem permainan serupa namun memakai lisensi dari beragam anime maupun serial game lain. Apa saja kah mereka? Yuk kita coba lihat bersama dalam kesempatan kali ini.

1

Fire Emblem Warriors

  • Musim Liburan 2017 – 3DS, Nintendo Switch

Judul spinoff Dynasty Warriors terbaru, namun judul kedua yang memakai properti milik Nintendo. Game ini mengadaptasi dari serial game strategi eksklusif konsol-konsol Nintendo. Mengambil cerita di dunia fantasi penuh konflik dan peperangan, Fire Emblem memang cocok untuk dijadikan game Warriors.

2

Dynasty Warriors: Gundam

spinoff Dynasty Warriors Gundam

  • 28 Agustus 2007 – PS3, Xbox 360 (Dynasty Warriors: Gundam)
  • 22 April 2009 – PS3, Xbox 360 (Dynasty Warriors: Gundam 2)
  • 28 Juni 2011 – PS3, Xbox 360 (Dynasty Warriors: Gundam 3)
  • 1 Juli 2014 – PS3, PS Vita (Dynasty Warriors: Gundam Reborn)

Berbeda dengan judul-judul lain yang sudah nyaman hanya membawa nama Warriors, selaku game adaptasi pertama, serial ini masih membawa lengkap nama Dynasty Warriors di depannya. Mungkin karena takut kurang menjual, ya?

Versi bahasa Inggrisnya keluar pertama kali pada 2007, spinoff Dynasty Warriors ini pun sukses besar (saya rasa berkat “dorongan” dari fans Gundam yang terkenal hardcore juga) dan menelurkan tiga sekuel hingga 2014 silam. Proyek ini kemudian membuka jalan lebar bagi tim Omega Force untuk membuat serial adaptasi lainnya.

3

Fist of The North Star: Ken's Rage

spinoff Dynasty Warriors Fist of The North Star
Sumber: Fist of The North Star: Ken’s Rage/Tecmo Koei
  • 2 November 2010 – PS3, Xbox 360 (Fist of The North Star: Ken’s Rage)
  • 5 Februari 2013 – PS3, Xbox 360 (Fist of The North Star: Ken’s Rage 2)

Nah, berbeda dengan Gundam, adaptasi anime Fist of The North Star ini malah nggak membawa embel-embel Warriors sama sekali di judulnya, walaupun judul asli Jepangnya adalah Hokuto Musou.

Selain itu faktor lain yang membedakannya dari judul Warriors kebanyakan adalah jumlah musuh yang tidak begitu banyak muncul di layar, permainan yang lebih lambat, serta serangan-serangan yang relatif sadis untuk ukuran serial terbitan Koei ini. Musuh-musuh yang digebuk dengan Tinju Bintang Utara bakal meledak dan pecah seperti di anime dan manga-nya.

4

Dragon Quest Heroes

spinoff Dynasty Warriors Dragon Quest

  • 13 Oktober 2015 – PS3, PS4, PC (Dragon Quest Heroes)
  • April 2017 – PS4 (Dragon Quest Heroes II)

Judul yang paling “eksperimental” dari seluruh game Warriors adaptasi, saya rasa. Menampilkan berbagai tokoh dan monster dari dunia RPG legendaris, Dragon Quest Heroes menggabungkan gaya permainan hack-and-slash (atau beat-em-up buat orang-orang yang masih merujuk pada game sejenis Diablo untuk genre tersebut) yang khas dengan elemen RPG lengkap bisa membawa party sendiri.

Rencananya, Koei Tecmo akan merilis bundel Dragon Quest Heroes I dan II dalam satu paket untuk konsol Nintendo Switch.

Dynasty Warriors 9 Diumumkan, Bakal Jadi Game Open World!

Wow, akhirnya Koei Tecmo umumkan Dynasty Warriors 9. Dan katanya mau dibuat open-world, gimana ceritanya, ya?
Baca Juga

Yuk lanjut tilik sejarah adaptasi dan spinoff Dynasty Warriors ke halaman 2!

1
2

SHARE
Previous articleCerita Hero Dota 2: Kisah Para Penghuni Lautan Dunia Dota 2
Next articleOne Punch Man 70: Ternyata Saitama Habis-Habisan Dihajar Suiryu!
Jadi penulis karena nggak bisa koding.