Benar Tidak Sih Donald Trump Mengutip Bane The Dark Knight Rises?

Dalam pelantikannya kemarin, dikatakan Donald Trump mengutip Bane, penjahat utamanya The Dark Knight Rises! Benar tidak sih?

Benar Tidak Sih Donald Trump Mengutip Bane The Dark Knight Rises?

Benar Tidak Sih Donald Trump Mengutip Bane The Dark Knight Rises? Image credit: Digital Spy[/caption]

Dalam pelantikannya kemarin, dikatakan Donald Trump mengutip Bane, penjahat utamanya The Dark Knight Rises! Benar tidak sih?

[read_more id="291170"]

Kalau benar Donald Trump mengutip Bane, pilihan kata-katanya yang mana yang dia ambil? Apakah "Oh, you think darkness is your ally. But you merely adopted the dark; I was born in it, moulded by it. I didn't see the light until I was already a man, by then it was nothing to me but BLINDING!"

Ataukah, "We will destroy Gotham and then, when it is done and Gotham is ashes, then you have my permission to die."

Tentunya bukan dua kutipan itu yang dikatakan oleh Trump. Itu sih terlalu berlebihan, meski rasanya mayoritas orang Amerika sekarang tak akan mempermasalahkannya.

Benar Tidak Sih Donald Trump Mengutip Bane The Dark Knight Rises?

Bagian kata-kata di mana dicurigai Donald Trump mengutip Bane adalah yang ini,

"Today we are not merely transferring power from one administration or another ... we are transferring power from Washington DC and giving it back to you – the people."

Coba kita bandingkan dengan kutipan asli Bane.

"We take Gotham from the corrupt! The rich! The oppressors of generations who have kept you down with myths of opportunity, and we give it back to you – the people."

Jadi kutipan Bane ini mungkin tidak disajikan persis sama seperti aslinya. Tapi ada kesamaan yang tak bisa dikesampingkan antara ucapan Trump dengan Bane. Mereka sama-sama menyatakan pemindahan kekuasaan dari orang-orang berkuasa ke tangan rakyat. Sebenarnya sentimen yang terdengar mulia... sampai kamu mengingat apa yang dilakukan Bane dengan janjinya itu.

Bane mengatakan kalau ia menyerahkan kekuasaan kepada rakyat jelata. Tapi apakah benar? Sama sekali tidak. Pada akhirnya, dia justu menjadi penguasa absolut di sana. Melihat bagaimana dia memerintah, tampaknya Bane juga tidak memikirkan pendapat dari penduduk biasa Gotham yang menjadi pasukannya. Ia justru melebur mereka menjadi pengikut setia yang bersedia menjalankan perintah-perintah kejamnya.

Bane lalu menggerakkan pengikutnya untuk memusnahkan elemen-elemen yang tidak ia sukai, mulai dari mantan orang kaya dan berkuasa hingga pemberontak seperti Komisaris Gordon. Semua orang ini ia tangkap, diadili dengan seenaknya, lalu diperintahkan untuk berjalan di lapisan es yang terlalu tipis untuk menahan tubuh manusia.

Benar Tidak Sih Donald Trump Mengutip Bane The Dark Knight Rises?

[duniaku_adsense]

Bane juga disajikan sebagai pembohong karismatik. Terungkap kalau pada akhirnya, apapun yang dilakukan oleh penduduk Gotham, ia akan tetap meledakkan kota itu. Jadi kesimpulannya... dari sekian banyak tokoh jahat di dunia fiksi, Bane The Dark Knight Rises bukan sosok ideal untuk ditiru kutipannya.

Dikatakan kalau naskah pidato Trump ini bukan ditulis oleh dia sendiri. Yang menggarapnya adalah staf Gedung Putih yakni Stephen Miller dan Steve Bannon. Entah apa bagian ini dimasukkan atas izin Trump, mereka tulis tanpa menyadari kemiripannya dengan ucapan Bane, atau justru memang dimasukkan untuk menguatkan citra Trump.

Kalau Trump sudah mengakui dia Bane, kira-kira siapa ya sosok Batman yang siap menyelamatkan dunia bila "Bane" mulai membuat masalah?

 

Sumber: Telegraph.co.uk

 

 

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU