8 Musuh Kenshin Paling Berkesan dari Seri Samurai X

Sepanjang seri Samurai X (Rurouni Kenshin) banyak musuh Kenshin Himura yang menarik perhatian. Mana yang paling berkesan? Inilah delapan di antaranya!

8 Musuh Kenshin Paling Berkesan dari Seri Samurai X

8 Musuh Kenshin Paling Berkesan dari Seri Samurai X

Sepanjang seri Samurai X (Rurouni Kenshin) banyak musuh Kenshin Himura yang menarik perhatian. Mana yang paling berkesan? Inilah delapan di antaranya!

[page_break no="8" title="Usui Uonuma"]

8 Musuh Kenshin Paling Berkesan dari Seri Samurai X

[read_more id="290208"]

Salah satu musuh Kenshin dari Juppongatana ini berkesan karena penampilannya. Mata buta yang ditutupi kain, tempurung kura-kura di punggung yang bisa menjadi tameng, serta tombak panjang yang bisa membantunya perlahan menyakiti musuh.

Usui juga dikatakan sebagai salah satu yang terkuat di Juppongatana. Kira-kira dia berada di peringkat keempat, di bawah Shishio, Soujiro, dan Anji. Kalau dia melawan Kenshin yang lebih suka berceramah ketimbang bertarung atau Sanosuke yang kurang berpengalaman, mungkin dia bisa menyajikan pertarungan yang lebih baik.

Masalahnya, dalam pertarungan klimaksnya Usui justru menghadapi Saito yang kuat, pragmatis, dan tak ragu membunuh. Ia memang berhasil menciderai Saito, namun mantan Shinsengumi itu menamatkannya dengan cepat. Karenanya ia harus berada di posisi buncit di daftar ini.

[page_break no="7" title="Anji Yukyuzan"]

8 Musuh Kenshin Paling Berkesan dari Seri Samurai X

[duniaku_adsense]

Petarung terkuat ketiga di Juppongatana. Mungkin sebutan "musuh Kenshin" kurang tepat untuk Anji, mengingat pada akhirnya dia lebih terikat kepada Sanosuke. Tapi karakter ini begitu berkesan hingga meninggalkannya dari daftar karena alasan itu rasanya tidak benar.

Dengan jurus Futae no Kiwami, Anji memiliki kekuatan laksana manusia super. Satu tinjunya bisa menimbulkan cekungan dan retakan dalam di dinding. Bila menghajar manusia biasa (bukan tokoh utama yang fisiknya juga punya daya tahan absurd seperti Sanosuke) efeknya tentu bisa kamu bayangkan sendiri.

Anji juga dikenal sebagai anggota Juppongatana yang paling pengampun. Ia diberi hak untuk menentukan siapa yang harus mati dan siapa yang hidup. Pada dasarnya Anji adalah orang baik, namun hasratnya balas dendam terlalu membakarnya hingga ia bisa mengikuti perintah Shishio.

[page_break no="6" title="Udo Jin-E"]

8 Musuh Kenshin Paling Berkesan dari Seri Samurai X

Sebelum Jin-E, musuh-musuh Kenshin relatif mudah. Terutama di manga. Konflik bisa terasa panjang semata hanya karena Kenshin menahan diri selama pertarungan. Selain itu skill antara Kenshin dan musuh-musuhnya terasa jauh.

Lalu datanglah pria yang penampilannya terinspirasi Gambit ini. Dengan kekuatan yang menjurus supernatural dan kemampuan berpedang yang bagus, ia menjelma menjadi musuh kuat pertama di latar waktu Rurouni Kenshin. Secara keseluruhan penampilan Jin-E memang singkat, namun tak heran dia tetap dikenang sebagai salah satu musuh Kenshin paling berkesan.

[page_break no="5" title="Hajime Saito"]

8 Musuh Kenshin Paling Berkesan dari Seri Samurai X

Pada akhirnya, Saito menjadi sekutu Kenshin. Dia masih bertingkah seenaknya sendiri dan selalu terlihat memiliki agenda tersembunyi, namun kontribusinya dalam mengalahkan Shishio dan juga konflik dengan Enishi tak bisa dibantah.

Tapi, seperti kebanyakan sekutu Kenshin yang bisa bertarung, Saito mengawali penampilannya di Rurouni Kenshin sebagai musuh. Pertama dia menyerang Sanosuke, lalu dia berduel habis-habisan dengan Kenshin.

Beda dengan Sanosuke, yang dalam duelnya dengan Kenshin terasa kalah skill dari lawannya, Saito dapat mengimbangi teknik Kenshin. Ia bahkan dapat terus mengimbangi Kenshin meski Kenshin masuk ke dalam mode Battousai lagi. Tak heran mengingat dulunya dia adalah anggota utama Shinsengumi.

Tanpa senjata? Tak masalah karena Saito pun bisa bertarung dengan tangan kosong, sabuk, dan obyek-obyek lain yang ada di sekelilingnya. Untungnya Saito tidak lama-lama menjadi musuh Kenshin.


[duniaku_baca_juga]

Siapa lagi musuh-musuh Kenshin paling berkesan selama Rurouni Kenshin? Kamu bisa membaca lanjutannya di halaman kedua!

[page_break no="4" title="Enishi Yukishiro"]

8 Musuh Kenshin Paling Berkesan dari Seri Samurai X

[read_more id="290270"]

Saudara dari Tomoe Yukishiro yang merupakan cinta pertama Kenshin. Seperti Kenshin, trauma atas kematian Tomoe sangat mempengaruhi pemuda yang satu ini. Bedanya sementara Kenshin meninggalkan jalan sebagai pembantai, Enishi justru menjadi gila. Saat ia berinteraksi dengan Tomoe sudah terasa ia tidak normal. Kematian saudarinya hanya membuatnya semakin parah.

Mengandalkan pedang yang terasa seperti gabungan dari desain China dan Jepang, Enishi merupakan lawan yang tangguh untuk dihadapi. Terutama saat ia mengaktifkan jurus otot gila, yang membuat seluruh inderanya ditingkatkan ke level maksimum. Tak hanya cepat, ia pun menjadi begitu lincah hingga sulit untuk diserang.

Karena dia tidak muncul di serial TV animenya, mungkin ada fan yang bahkan tidak mengenal Enishi. Kalau kamu salah satunya, coba tonton OVA atau membaca manganya agar tidak melewatkan penampilan salah satu musuh Kenshin paling berkesan ini.

[page_break no="3" title="Sojiro Seta"]

8 Musuh Kenshin Paling Berkesan dari Seri Samurai X

Sekilas pandang, Sojiro terlihat sebagai pemuda tampan yang sopan, ramah, murah senyum, dan tak berbahaya. Lalu dia bergerak secepat angin dan membunuh orang tanpa kehilangan senyumnya, dan pembaca maupun penonton segera menyadari kalau cowok yang satu ini benar-benar berbahaya.

Dari segi kemampuan bertarung, Sojiro jelas luar biasa. Saat ia bergerak ia seakan sampai tidak terlihat. Tapi yang paling membuat Sojiro berkesan tentunya adalah latar belakangnya yang begitu tragis hingga pembaca mau tidak mau pasti akan merasa simpati kepadanya.

[page_break no="2" title="Aoshi Shinomori"]

8 Musuh Kenshin Paling Berkesan dari Seri Samurai X

Seperti Saito, Aoshi juga debut di Rurouni Kenshin sebagai musuh Kenshin. Bukan musuh biasa malah, tapi juga tukang pukul utama untuk Takeda Kanryuu. Dia dan Oniwabanshu Tokyo akhirnya harus dihadapi oleh Kenshin dan Sanosuke untuk menyelamatkan Megumi.

Setiap anggota Oniwabanshu memiliki ketangguhan sendiri-sendiri. Tapi skill Kenshin baru benar-benar diuji begitu menghadapi Aoshi. Mengandalkan pedang pendek, kecepatan tinggi, dan teknik bela diri, Aoshi membuat Kenshin terdesak habis-habisan.

Aoshi lalu kembali lagi untuk menghadapi Kenshin di alur Shishio. Di sana, sekali lagi Aoshi membuat Kenshin terdesak dalam pertarungan yang berkesan. Baru kemudian ia akhirnya menjadi sekutu Kenshin.

[page_break no="1" title="Shishio Makoto"]

8 Musuh Kenshin Paling Berkesan dari Seri Samurai X

Musuh Kenshin paling berkesan jelas adalah Shishio Makoto. Tak hanya itu, dia rasanya juga pantas disebut sebagai salah satu antagonis paling keren sepanjang sejarah animanga.

Dari segi kekuatan, Shishio diperlihatkan luar biasa. Lawan-lawannya memang sudah kelelahan dan cidera sebelum menghadapinya, tapi tetap saja ia sukses menundukkan Saito, Kenshin, Sanosuke, dan juga Aoshi dalam pertarungan terakhirnya.

Walau Kenshin bangkit kembali dan menghadapinya dengan kekuatan penuh pun Shishio masih bisa bertahan. Bahkan mungkin ia akan tetap memenangkan duel tersebut kalau saja cidera parah yang dideritanya tak menghancurkannya duluan.

Tapi bukan kekuatan dan kemampuan bertarung saja yang membuat Shishio menempati posisi ini. Dia juga cerdas, manipulatif, dan karismatik. Faktor ketiga itu ia buktikan dengan membuat hampir seluruh anggota Juppongatana memujanya dengan fanatik.

Jiwa Shishio diperlihatkan benar-benar mencoba mengambil alih neraka setelah ia mati. Mungkin dia bisa berhasil.


 

Itulah delapan musuh Kenshin paling berkesan dalam animanganya. Apakah ada lagi nama yang seharusnya masuk di daftar ini? Keberatan dengan peringkat pertamanya? Kamu bisa menyampaikan pendapatmu di kolom komentar!

 

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU