Ternyata Ini yang Membuat Shikamaru Mendapat Julukan Ninja Jenius Konoha

Ninja Jenius

Salah satu hal baru selama kalian nonton episode terbaru Naruto Shippuden adalah Shikamaru yang kembali diperlihatkan memainkan permainan favoritnya, Shogi. Shikamaru dikenal sangat senang dengan permainan yang mengasah otak semacam ini. Namun seperti apa sih sebenarnya Shogi?

Baca Juga

Di tengah penayangan Naruto Shippuden 489 dan 490, Shikamaru diperlihatkan dua kali memainkan catur Jepang ini. Memang tidak terlalu mengherankan, mengingat Shogi kerap digunakan untuk menunjukkan kejeniusan seorang Shikamaru. Sejak kecil putra Shikaku ini memang suka bermain permainan yang perlu pemikiran, seperti Shogi, Go, Catur, Rubik, hingga TTS.

Selain Shikamaru “Mati,” Ini Fakta Menarik yang Perlu Kalian Ketahui dari Naruto 490

Walaupun mati, Naruto episode terbaru, #naruto490 ini sukses menunjukkan kejeniusan seorang Shikamaru, ahli strategi dari Konoha. Apa lagi hal menarik yang perlu kalian ketahui dari Naruto Shippuden 490? Cekidot di dalam!
Baca Juga

Shogi tidak bisa lepas dari diri Shikamaru. Bahkan harapannya yang pernah diungkapkannya adalah menikahi seorang gadis biasa yang tidak terlalu jelek dan tidak terlalu cantik, kemudian memiliki dua anak, dan setelah anaknya menikah dan menjadi shinobi yang sukses, dia ingin menghabiskan sisa hidupnya hanya untuk bermain Shogi atau Go.

Fakta lainnya mengenai Shikamaru da Shogi adalah permainan ini menjadi kebiasaan hariannya. Hobi Shikamaru adalah tidur siang dan bermain Shogi melawan lawan yang tangguh. Asuma bahkan pernah memberikan tes IQ terselubung melalui permainan Shogi yang dimainkan oleh Shikamaru. Hasilnya di luar dugaan, karena ternyata kecerdasan Shikamaru jauh di atas rata-rata. Bahkan di atas nilai ninja jenius pada umumnya dengan IQ-nya yang melebihi 200.

Karena kecerdasannya, seharusnya seorang Shikamaru bisa menjadi Hokage. Namun Asuma sadar, karena Shikamaru ini terlalu malas, posisi Hokage sepertinya hanya menjadi angan belaka. Namun yang melegakan, Shikamaru masih bisa membantu tugas seorang Hokage, seperti yang dikatakan oleh Kakashi dalam Naruto Shippuden 489. Dia tidak tahu apa jadinya jika tidak ada Shikamaru yang membantunya. Selain menjadi pembatu terbaik Hokage, Shikamaru juga berperan baik dalam misi penting yang melibatkan Konoha. Seperti yang diembannya saat ini selama Shikamaru Hiden.

Kembali pada Shogi, Catur Jepang yang kita bahas kali ini, sebenarnya bukan permainan populer di luar Asia. Bahkan mungkin hanya di Jepang saja kita masih melihat permainan ini eksis. Kemungkinan besar karena yang menyukai Shogi hanya mereka yang sudah mengenal Catur.

Alasan lainnya Shogi tidak begitu dikenal karena memang berbeda dengan Catur umumnya, kalian bisa menggunakan bidak yang sudah kalian menangkan dari musuh, untuk menjadi pasukan kalian. Hal itu menjadikan permainan menjadi lebih intens dan menarik dibandingkan Catur pada umumnya. Namun berkat Naruto, terutama Shikamaru, beberapa tahun lalu ada seseorang cewek dari Polandia, Karolina Styczynska, yang berhasil menjuarai kejuaraan Shogi di Jepang.

“Tabok no Jutsu” dan 9 Hal Menarik Ini Hanya Terjadi dalam Naruto Shippuden 489

Selain perkembangan Konoha yang lebih padat dibandingkan dengan satu dekade lalu, kalian juga akan mengetahui apa yang membuat Naruto itu dianggap aneh di mata Shikamaru!
Baca Juga

Prinsip utama Shogi sendiri tidak jauh berbeda dibandingkan catur, dan tujuan akhirnya juga sama, menangkap raja lawan yang disebut Gyoku. Papan permainan Shogi juga sama seperti catur, hanya saja bentuk bidaknya berbeda. Masih berbahan kayu, namun tipis dan ada tulisan kanji di atasnya (alasan lain tidak populer di luar Jepang).

Board game ini bisa dimainkan oleh dua pemain dengan tujuan menangkap bidak raja dari masing-masing lawan. Dimainkan diatas papan 9 x 9 (8 x 8 jika Catur), kalian melihat papannya memiliki baris vertikal yang disebut file, dan yang horisontal disebut rank.

Perbedaan selain ukuran papannya, jumlah bidak dalam Shogi juga lebih banyak. Jika catur ada 16 bidak, Shogi memiliki 20 bidak, yang disusun dalam 3 baris horizontal. Pada barisan terdalam ada kyousha/lance, keima/knight, ginshou/silver general, kinshou/gold general, gyakushou/king, kinshou/gold general, ginshou/silver general, keima/knight, dan kyousha/lance. Kemudian pada baris kedua, ditempatkan kakugyou/bishop yang ditempatkan di atas keima/knight samping kiri, sedang hisha/rook ditempatkan di atas keima/knight samping kanan.

Terakhir pada baris terluar ditempatkan 9 pion, atau dalam istilah Shogi disebut sebagai fuhyou. Serta bidak yang sudah kita makan bakal diletakan disamping kanan kita. Seperti terlihat di atas, merupakan susunan awal bidak Shogi. Bidak di atas merupakan bidak-bidak yang sudah berpromosi. Namun tidak semua bisa berpromosi, hanya raja serta jendral emas/kinshou saja yang tidak.

Tujuan akhir Shogi adalah menangkap raja lawan, atau checkmate, agar dia tidak mendapat jalan untuk selamat. Naun jika lawan masih memiliki langkah berulang-ulang hingga 4 atau 5 kali, maka permainan dinyatakan seri. Uniknya, ada aturan lain yang membuat pemain yang mencheck lawan secara beruntun 4 atau 5 kali justru akan dinyatakan kalah.

Lebih detailnya, kalian bisa melihat panduan singkat bermain Shogi melalui video di bawah:

SHARE
Previous articleMasako Nozawa, Pengisi Suara Son Goku Pecahkan Dua Rekor Dunia Sekaligus!
Next articleStar Wars Battlefront 2 Bakal Hadirkan Clone Wars dan The First Order!
Penggemar strategy RPG Jepang, serta semua serial Super Robot Wars, yang saat ini masih menjadi kontributor penulis artikel game guide salah satu media game Indonesia. Mulai memburu game-game mobile, dan juga emulator melalui gadget Android, hanya untuk memainkan kembali game-game RPG klasik, yang menurutnya tetap lebih baik dibandingkan game modern.