Bukan Hoax, Redmi Note 4X yang Lebih Gahar Ini Muncul dan Segera Dijual

Pada 19 Januari 2017 lalu, Xiaomi resmi mengungkapkan Redmi Note 4 Snapdragon. Seperti tahun lalu, varian Snapdragon dijual pertama kali di India (mengingat tidak ada Xiaomi MediaTek yang boleh dijual di sana). Namun seperti rumor sebelumnya, bukan hanya Redmi Note 4 Snapdragon saja yang mereka siapkan, ada varian lainnya yang sejauh ini disebut Redmi Note 4X.

Baca Juga

Ketika Xiaomi menawarkan upgrade seri Redmi 3 dengan Redmi 3 Pro, Redmi 3X serta Redmi 3S, itu sama saja mimpi buruk bagi para retailer. Dalam hitungan bulan sejak Redmi 3 dijual, Xiaomi sudah menawarkan upgrade-nya, dengan harga yang tidak terpaut terlalu jauh. Artinya, para penjual harus segera menghabiskan persediaan tipe lama dan mengisinya dengan yang baru, yang pasti lebih dicari pasar. Demikian juga dengan Redmi Note 4 ini. Selain upgrade minor dengan prosesor Snapdragon 625, yang banyak dikeluhkan mengingat tidak membuatnya lebih baik dibandingkan Redmi 4 Prime, Xiaomi ternyata benar menyiapkan Redmi Note 4X.

Menebak Harga Redmi Note 4 Snapdragon, Xiaomi 2017 Garansi Resmi Indonesia

Kalian mungkin tahunya Redmi Note 4 Snapdragon bentuknya sama seperti yang MediaTek, padahal, ada perbedaannya lho! Kira-kira berapa ya Harga Redmi Note 4 Snapdragon ini ketika dijual resmi di Indonesia nanti?
Baca Juga

Xiaomi baru yang sebelumnya banyak dianggap hoax ini muncul kembali dalam listing retailer online GearBest dalam tiga pilihan warna (dan ya, varian warna Grey yang paling difavoritkan), dan menurut beberapa komentar di laman tersebut, mereka mengaku Redmi Note 4X ini memang eksis dan akan segera dijual. Mengenai harganya, retailer ini menawarkannya dengan harga sekitar Rp4 jutaan. Di sana disebutkan jika Redmi Note 4X bakal menggunakan chipset Snapdragon 653 octa-core, yang kecepatan intinya diset pada angka 1.95 GHz.

Redmi Note 4X

Menggunakan Qualcomm 8976 Pro Snapdragon 653, tentu saja Redmi Note 4X menunjukkan kelasnya di atas Redmi 4 Prime dan Redmi Note 4 buasa. Apalagi Snapdragon 653 menjadi chipset terbaru Qualcomm bersama dengan Snapdragon 835 yang bertujuan membawa kehematan daya untuk pengguna mobile, serta waktu pengisian baterai yang cepat. Jika Snapdragon 835 ditujukan untuk kelas flagship, maka Snapdragon 635 menyasar kategori menengah.

Karena tergolong baru, chipset belum banyak diterapkan pada smartphone Android. Tercatat baru Samsung Galaxy C9 Pro, Oppo R9s Plus, dan “kembarannya,” Vivo X9 Plus yang sudah menggunakan prosesor yang menjadi upgrade dari Snapdragon 650 pada Redmi Note 3 Pro ini.

Beberapa fitur baru dari chipset yang dikenalkan pertengahan Oktober 2016 lalu ini seperti dibangun menggunakan proses 28 nm HPm (high performance mobile), memiliki delapan inti prosesor (melalui dua die, yang masing-masing memiliki 4 core). Satu die menjadi tempat dimana empat inti terkencang berjenis Cortex-A72 ditempatkan, yang kecepatannya mencapai 1.95 GHz. Sedangkan satu die lainnya untuk empat core Cortex-A53 yang kecepatannya 1.44 GHz.

Bandingkan dengan Redmi Note 3 Pro yang menggunakan chipset Qualcomm 8956 Snapdragon 650 dengan enam core total, 2x 1.8 GHz Cortex-A72 dan 4x 1.4 GHz Cortex-A53. Di atas kertas peningkatannya jelas terlihat, dan perhitungan kasanya seharusnya memberi peningkatan kinerja sekitar 10% dibandingkan Snapdragon 652, atau sekitar 30% dari Snapdragon 650 pada Redmi Note 3 Pro.

Ini Daftar Update Android Nougat Xiaomi! Ternyata Redmi Note Ini Tidak Kebagian!

Daftar update Android 7.0 Xiaomi ini seakan menunjukkan, jika Xiaomi memang benar menganaktirikan MediaTek. Pengguna prosesor MTK, tabahkan diri kalian ya... pasti banyak ROM abal-abal yang sudah Nougat bertebaran nantinya!
Baca Juga

Di sisi memory, Snapdragon 653 juga mendukung maksimal hingga 8GB RAM. So, tidak heran jika RAM untuk spesifikasi Redmi Note 4X tertinggi nantinya juga meningkat dibandingkan Redmi Note 3 Pro, dan saat ini sudah dipastikan kalian bisa memilih Redmi Note 4X tertinggi dengan RAM 4GB, atau sama dengan jatah RAM untuk varian tertinggi Redmi Note 4! Menemani jatah RAM yang lega, internal storage-nya atau ROM juga di-upgrade. Dengan versi terbawahnya langsung mengajukan ROM 32 GB (dengan 4GB RAM), dan yang tertinggi 64GB dengan 4GB RAM.

Spesifikasi Redmi Note 4X

Peningkatan lainnya, seperti implementasi Enhanced Voice Services (EVS) pada panggilan VoLTE (suara yang lebih jernih jika operator juga mendukung VoLTE), dan mengintegrasikan modem X9 LTE dengan klaim waktu unduh hingga 300 Mbps, dan waktu unggah hingga 150 Mbps.

Sisa spesifikasi Redmi Note 4X tersebut menurut listing GearBest ternyata sama seperti Redmi Note 4 Snapdragon sebelumnya, yang mana sedikit mengecewakan. Banyak yang berharap kameranya bisa meningkat minimal 16-megapixel seperti pada Redmi Note 3 Pro. Namun tampaknya spesifikasi ini pun juga belum final. Semoga Xiaomi menempatkan kelas Redmi Note 4X ini dengan baik, dan menggunakan fitur yang lebih fresh dibandingkan pendahulunya, bukan sekadar update prosesor.

SHARE
Previous articleBeginilah Ngerinya Mati di Resident Evil 7 yang Sangat Brutal!
Next articleYuk, Nostalgia Era 90-an dengan Karakter Kera Sakti Berikut Ini
Penggemar strategy RPG Jepang, serta semua serial Super Robot Wars, yang saat ini masih menjadi kontributor penulis artikel game guide salah satu media game Indonesia. Mulai memburu game-game mobile, dan juga emulator melalui gadget Android, hanya untuk memainkan kembali game-game RPG klasik, yang menurutnya tetap lebih baik dibandingkan game modern.