Mengenal Lebih Jauh Beragam Virus Resident Evil, Mana yang Paling Mematikan?

virus resident evil
Sumber: Youtube

Belasan jenis virus zombie sudah muncul di cerita Resident Evil. Untuk membantu pemain baru (ataupun pemain lama yang sudah lupa) memahami serial ini, berikut pembahasan Duniaku.net mengenai jenis-jenis virus Resident Evil dari game pertama hingga yang paling baru.

Daftar 7 Monster Resident Evil Paling Seram Hingga Saat Ini

Memperingati rilisnya game ketujuh, inilah daftar monster Resident Evil paling seram. Mana di antara makhluk-makhluk mengerikan ini yang paling kamu takuti?
Baca Juga

Umbrella Corporation itu senang sekali membuat onar di dunia Resident Evil. Menyamar sebagai perusahaan obat-obatan biasa, bahkan punya divisi khusus untuk menjual kosmetik dan makanan; laba dan nama baik yang didapat dimanfaatkan untuk mendanai eksperimen virus yang mematikan!

Saat seseorang (atau makhluk hidup lain, seperti hewan dan tumbuhan) terinfeksi virus buatan Umbrella, maka mereka akan bermutasi menjadi mayat hidup atau monster lainnya. Perusahaan multinasional raksasa itu pun menjual produk virus mereka di pasar gelap dan menciptakan “tren” B.O.W. (Bio Organic Weapons, atau senjata bio organik).

Tapi sebenarnya dari manakah asalnya virus yang dibuat Umbrella? Dan ada apa saja jenisnya? Nah, kalau kamu salah satu orang yang penasaran dengan cerita ini, mari kita tilik bersama sejarah dan macam-macam virus Resident Evil!

Abyss Virus

virus resident evil
Sumber: SuperPhillip Central
  • Muncul di: Resident Evil: Revelations

Virus yang ditemukan dalam diri hewan-hewan bawah laut yang memberikan mereka kemampuan hidup dan beradaptasi di laut bagian terdalam. Sampel pertama didapat dari ikan dasar laut di Parit Kermadec, Selandia Baru.

Kemudian perusahaan saingan Umbrella, TRICELL, menggabungkan Abyss Virus dengan t-Virus, menciptakan T-Abyss Virus.

Ancient Virus

virus resident evil
Fosil ratu semut di dunia nyata. Sumber: Senckenberg
  • Muncul di: Resident Evil Code: Veronica, Resident Evil: The Darkside Chronicles

Virus kuno tidak bernama ini ditemukan oleh Kepala Peneliti Senior Umbrella Alexia Ashford dari gen ratu-ratu semut yang memfosil. Tidak seperti virus lain, jenis ini tidak mampu “melompat” antarspesies sehingga tidak berpengaruh pada manusia biasa.

Saat dikombinasikan dengan Progenitor Virus maka lahirlah jenis virus baru bernama t-Veronica.

Progenitor Virus

virus resident evil
Bunga Stairway of The Sun. Sumber: Resident Evil 5/Capcom
  • Muncul di: Resident Evil, Resident Evil 0, Resident Evil 5

Merupakan jenis virus Resident Evil pertama, virus ini ditemukan di dalam bunga bernama “Stairway of The Sun” di Afrika oleh para pendiri Umbrella: Oswell E. Spencer, Edward Ashford dan James Marcus.

RNA retrovirus ini memiliki kemampuan untuk mengakibatkan mutasi genetis secara spontan dan memberikan kekuatan super; peningkatan kecerdasan, kekuatan fisik, dan jangka hidup; bagi pemakan bunga tersebut — jika mereka tidak mati terlebih dahulu. Bangsa Ndipaya kuno di Afrika biasa memakainya sebagai bagian dari ritual mencari pemimpin suku baru.

Namun virus ini tidak memberikan pengaruh besar pada bangsa manusia modern dan hanya membuat penerima virus tewas seketika. Melalui penelitian lebih lanjut terciptalah t-Virus, G-virus, dan Uroboros.

t-Virus

monster resident evil - nemesis

  • Muncul di: Resident Evil, Resident Evil 2, Resident Evil 3: Nemesis, Resident Evil 0, Resident Evil: Outbreak, Resident Evil: Revelations 2

t-Virus atau Tyrant Virus merupakan proyek dari para pendiri Umbrella untuk membuat Progenitor Virus bisa diterima manusia modern, dan agar mereka mendapatkan kemampuan super bagi diri mereka sendiri. Virus ini dibuat melalui penggabungan Progenitor Virus dengan DNA lintah.

Namun pendanaan proyek ini terus menurun sampai akhirnya fokus pengembangan virus berubah menjadi pembuatan B.O.W. untuk dijual ke pasar-pasar gelap. Virus ini juga lah yang sempat lepas di Raccoon City dan mengubah penduduknya menjadi zombie.

Zombie di awal-awal cerita Resident Evil seperti Hunter, Lurker, Tyrant, dan Nemesis semua tercipta dari t-Virus. Kemudian di Resident Evil: Revelations 2, muncul t-Virus baru bernama t-Phobos yang hanya bereaksi ketika korban terinfeksi merasa takut dan panik. Anehnya hanya laki-laki saja yang akan bermutasi sementara perempuan langsung tewas jika mengalami reaksi dengan t-Phobos.

Baca Juga

Ini masih pembukanya saja. Virus Resident Evil yang lebih dahsyat ada di halaman 2!

1
2
3
SHARE
Previous articleZord Power Rangers 2017 Beraksi Lagi di Poster Terbaru Filmnya!
Next articleFilm Black Panther Marvel akan Memiliki Adegan Berlatar Korea Selatan
Jadi penulis karena nggak bisa koding.