Inilah 5 Hal Tentang Indonesia yang Ternyata Terkenal di Jepang

Bukan cuma anime dan cosplay yang menjelma menjadi budaya baru di Indonesia belakangan ini. Sebaliknya, beberapa hal tentang Indonesia juga ternyata cukup terkenal di Jepang loh.

Inilah 5 Hal Tentang Indonesia yang Ternyata Terkenal di Jepang

Inilah 5 Hal Tentang Indonesia yang Ternyata Terkenal di JepangBukan cuma anime dan cosplay yang menjelma menjadi budaya baru di Indonesia belakangan ini. Sebaliknya, beberapa hal tentang Indonesia juga ternyata cukup terkenal di Jepang loh.

Meskipun punya sejarah masa lalu yang buruk, tak membuat hubungan antara Indonesia dengan Jepang menjadi renggang. Di balik itu, Jepang merupakan salah satu negara Asia yang punya ikatan kuat dalam bidang politik dan ekonomi dengan Indonesia.

Pertukaran budaya populer antara kedua negara pun tak terelakkan. Bahkan belakangan ini, kamu sudah tak asing dengan beberapa acara yang mengangkat budaya populer Jepang seperti cosplay, manga, anime, sampai urusan mode pakaian.

[read_more id="293798"]

Begitu juga sebaliknya, banyak hal tentang Indonesia yang sudah begitu dikenal oleh masyarakat Jepang. Selain peristiwa penjajahan yang begitu pahit selama kurang lebih 3,5 tahun, berikut ini deretan hal tentang Indonesia yang ternyata cukup terkenal di Jepang.

[page_break no="1" title="Presiden Soekarno"]

Inilah 5 Hal Tentang Indonesia yang Ternyata Terkenal di Jepang

Sebagai pencetus kemerdekaan Republik Indonesia, tak mengherankan mengapa Ir. Soekarno cukup dikenal bagi rakyat Negeri Matahari Terbit tersebut.

Selain itu, Soekarno juga memiliki seorang istri yang berasal dari Jepang. Naoko Nemoto yang mempunyai nama Indonesia Ratna Sari Dewi adalah istri kelima Soekarno yang lahir di Tokyo, Jepang. Ia adalah mantan Geisha yang dipinang oleh Soekarno pada usia 19 tahun.

[page_break no="2" title="Pulau Bali"]

Inilah 5 Hal Tentang Indonesia yang Ternyata Terkenal di Jepang

Hal tentang Indonesia selanjutnya yang banyak dikenal oleh warga Jepang adalah Pulau Bali. Tak aneh memang, karena bukan cuma penduduk Jepang saja yang mengenal Bali, hampir negara di seluruh dunia sudah mengakui jika Bali adalah salah satu tujuan wisata yang wajib untuk dikunjungi sekali seumur hidup. Mulai dari keindahan pantainya sampai kekhasan adat budayanya menjadi faktor mengapa Bali begitu populer.

[duniaku_adsense]

Hal yang cukup unik adalah masyarakat Jepang lebih mengenal Bali ketimbang Indonesia.

[page_break no="3" title="Indomie"]

Makanan yang begitu identik dengan anak kostan ini ternyata mampu mendunia loh. Meski sering diremehkan karena disebut makanan akhir bulan, tapi jangan pernah meragukan rasa dan aroma dari mie instan asal Indonesia yang satu ini.

Bahkan banyak Youtubers Jepang yang melakukan challenge makanan Indomie. Salah satunya adalah Yuka Konishita, food blogger yang dikenal punya nafsu makan luar biasa. Tak tanggung-tanggung, dalam video yang telah ditonton dua juta kali ini, Yuka Konishita sanggup menghabiskan enam bungkus Indomie sekaligus!

[page_break no="4" title="Garuda Indonesia"]

Inilah 5 Hal Tentang Indonesia yang Ternyata Terkenal di Jepang

Meski dunia penerbangan Indonesia sering kali tertimpa masalah, namun kita patut berbangga dengan kehadiran maskapai Garuda Indonesia. Maskapai yang sempat menjadi sponsor utama Liverpool ini termasuk ke dalam 10 besar maskapai terbaik di dunia.

Kualitas pelayanan Garuda Indonesia pun diakui oleh warga Jepang. Bahkan banyak turis asal Jepang yang ingin berkunjung ke Indonesia lebih memilih memakai pesawat Garuda Indonesia ketimbang maskapai asli Jepang.

[page_break no="5" title="The Raid"]

Inilah 5 Hal Tentang Indonesia yang Ternyata Terkenal di Jepang

Film juga masuk sebagai hal tentang Indonesia yang terkenal di Jepang. Salah satunya adalah film The Raid. Film yang dibintangi oleh Iko Uwais ini ternyata tak hanya menuia kesuksesan di negerinya sendiri saja, pasalnya film sekuel The Raid 2 cukup populer di Jepang.

Hal ini tak terlepas dari beberapa aktor Jepang yang turut andil membintangi film garapan Gareth Evans ini. Sebut saja Kazuki Kitamura, Ryuhei Matsuda, dan Kenichi Endo. Bahkan kala itu, pembuat seri game Metal Gear, Hideo Kojima, sampai tak sabar ingin menyaksikan film The Raid 2: Berandal.

https://twitter.com/HIDEO_KOJIMA_EN/status/441490362394103808?ref_src=twsrc%5Etfw

Nah hal tentang Indonesia di atas membuktikan jika Jepang dan Indonesia memang punya hubungan baik di segala bidang. Kamu setuju?

[duniaku_baca_juga]

Diedit oleh Arya W. Wibowo

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU