Wah, Popularitas GTA San Andreas Ternyata Masih Mampu Kalahkan GTA V!

GTA San Andreas vs GTA V

Ternyata pemain GTA San Andreas online di PC masih melimpah, dan bahkan mampu mengalahkan jumlah pemain GTA V!

7 Fakta GTA 5 yang Menarik dan Tidak Banyak Diketahui Gamer!

Yakin sudah tahu banyak tentang GTA 5? Bagaimana dengan tujuh fakta ini? Pasti banyak yang belum kamu ketahui!
Baca Juga

Wow, ternyata game zaman PS2 terbukti nggak ada matinya! Game GTA San Andreas yang rilis tahun 2004 lalu ternyata masih lebih laku dimainkan dibanding GTA V versi terbaru yang rilis 2013 kemarin!

Berdasarkan data yang dikumpulkan oleh situs analisis industri video game Newzoo mengenai 20 game online yang paling banyak dimainkan di wilayah Amerika Utara dan Eropa, jumlah pemain GTA San Andreas mampu mengungguli “sang adik” yaitu GTA V.

Bulan Januari ini, GTA San Andreas berhasil naik ke posisi nomor sembilan sebagai game online terpopuler, hanya beda satu tingkat saja, mengalahkan GTA V yang berada di peringkat 10. Meskipun beberapa saat lalu GTA V mendapatkan diskon sebesar 50 persen di Steam, namun dia ternyata tidak bisa mengalahkan pendahulnya yang sudah berusia 12 tahun.

Bahkan update berkala untuk sisi online yang kerap dikeluarkan Rockstar Games masih tetap tidak bisa membendung kesuksesan game pendahulunya tersebut.

GTA San Andreas vs GTA V
Sumber: Newzoo

Pengembang game populer lain, Blizzard, bisa berbangga hati karena mendominasi posisi 10 besar dengan Overwatch, World of Warcraft, dan Hearthstone yang berada menduduki peringkat #6, #7, dan #2 secara berurutan.

Bulan lalu Blizzard merayakan ulang tahun ke-20 serial RPG Diablo dengan event antargame, termasuk di Starcraft II, Diablo III, Hearthstone, World of Warcraft, dan Overwatch. Event tersebut bisa saja membantu meningkatkan jumlah pemain untuk tiga game terakhir barusan — meskipun Diablo III sendiri berada di posisi belakang.

Hearthstone memberikan penghormatan pada Diablo melalui mode Tavern Brawl The Dark Wanderer dan sistem card back, yang memungkinkan pemain untuk mengganti desain kartu bagian belakang. Kemudian game MMO yang masih nggak ada matinya, World of Warcraft, merayakannya dengan loot spesial, seperti gitar yang bisa mengeluarkan musik dari Diablo III.

Terakhir, Overwatch memberikan spray in-game dan ikon pemain baru sebagai bentuk perayaan ulang tahun antargame tersebut. Selain itu, game shooter ini juga sempat mendapat map baru Oasis yang memiliki fitur unik jump pad untuk menambah opsi mobilitas dalam permainan.

Open beta Battlefield 1 Amerika

Di sisi lain dunia tembak-menembak, terdapat penurunan besar dalam popularitas Battlefield 1. Setelah bulan lalu turun ke posisi #15, game first-person shooter garapan Electronic Arts dan DICE turun lagi hingga lima peringkat ke posisi #20.

Larinya para pemain ke game lain kemungkinan besar terjadi karena beberapa kali terjadi kendala server permainan yang mematikan permainan online pada beberapa waktu. Dan juga sering munculnya laporan kalau sistem anti-cheat game ini justru malah secara tidak adil mem-ban pemain-pemain tidak curang yang mendapat skor tinggi.

Selain itu buat yang doyan melihat persaingan genre MOBA, League of Legends terbukti masih jauh lebih populer dibandingkan Dota 2 untuk daerah Amerika Utara dan Eropa; League of Legends berada di peringkat pertama sementara Dota 2 menempati peringkat ke-14.

Namun harus diingat, data jumlah pemain ini diambil dari jutaan pemain wilayah Amerika Utara dan Eropa yang bermain game online sambil memakai aplikasi Overwolf, sehingga pastinya masih ada jumlah-jumlah pemain yang terlewatkan jika mereka tidak memakai aplikasi tersebut.

Newzoo juga tidak mengeluarkan jumlah pemain atau pengguna Overwolf untuk semua game tersebut, jadi kita juga tidak bisa tahu sebenarnya seberapa besar populasi GTA San Andreas di Amerika Utara dan Eropa.

Baca Juga

Yah sayangnya memang kelihatan ramainya bukan di Indonesia sih, tapi denger-denger di sini juga masih suka ada yang main kok!

Sumber: Newzoo. Diedit oleh Febrianto Nur Anwari

SHARE
Previous articleIni Hal Paling Menarik Dragon Ball Super 78, Benarkah Goku Akan Menjadi Jahat?
Next articleMobil Hot Wheels akan Ramaikan Sepak Bola Mobil Rocket League!
Jadi penulis karena nggak bisa koding.