5 Kekuatan Spider-Man yang Mungkin Kamu Belum Tahu

kekuatan spider-man

Ada beberapa kekuatan Spider-Man yang kadang dilupakan atau bahkan tak diketahui pembaca awam. Apa saja? Ini dia daftarnya!

1

Genius

sekuel spider-man homecoming

7 Film Superhero Bermasalah yang Membuat Studio dan Sutradara Stres

7 film superhero bermasalah ini mengalami banyak kendala dalam proses produksinya hingga studio dan sutradaranya stres. Apa saja? Ini daftarnya!
Baca Juga

Kekuatan Spider-Man yang satu ini sering dilupakan oleh fan. Mungkin karena Spider-Man lebih sering diperlihatkan bergelayutan di kota ketimbang duduk dan belajar atau menciptakan armor canggih seperti Iron Man.

Sebelum digigit laba-laba radioaktif, Peter Parker mungkin adalah remaja yang kurus, lemah, dan mudah ditindas. Tapi sejak saat itu pun ia sudah memiliki kecerdasan yang sangat tinggi. Versi komik Peter Parker memiliki IQ 250, angka yang cukup untuk membuatnya dianggap genius.

Tidak seperti di versi film Sam Raimi, saat akhirnya Peter memperoleh kekuatan Spider-Man, ia tak bisa mengeluarkan jaring dari tangannya. Ia harus menggunakan peralatan web shooter untuk membantunya. Siapa yang menciptakan alat canggih ini? Dia sendiri.

Selain di komik, Peter Parker versi Marvel Cinematic Universe juga menciptakan sendiri web shooter-nya, menunjukkan kemampuannya menciptakan sesuatu memang luar biasa. Dalam berbagai versi, dia juga pernah menciptakan serum yang bisa mengembalikan Lizard menjadi manusia atau melumpuhkan Rhino.

2

Healing Factor

Healing factor lebih identik dengan tokoh seperti Wolverine atau Deadpool. Mau terluka seperti apapun, mereka akan pulih; kadang dalam hitungan detik saja.

Namun yang tak diketahui oleh banyak pembaca adalah Spider-Man juga memiliki healing factor.

Spider-Man akan tewas bila dia sampai terbelah dua, tak seperti Deadpool yang mungkin bisa beregenerasi menjadi dua tubuh terpisah. Tembakan atau tusukan di kepala juga akan menamatkannya, tidak seperti Deadpool maupun Wolverine yang memiliki kesempatan selamat.

Tapi bila Spider-Man patah tulang atau babak belur, durasi penyembuhannya tidak akan mengikuti aturan orang awam. Cidera yang bisa membuat manusia normal lumpuh permanen hanya akan menghambat Spider-Man maksimal beberapa bulan saja.

Mengingat Spider-Man memiliki musuh dengan kekuatan super seperti Rhino, Lizard, dan banyak nama lain, kemampuan healing factor ini memang dia butuhkan untuk bertahan hidup.

3

Kekuatan Super

Jangan kira Spider-Man hanya jagoan yang mengandalkan kelincahan. Dia juga memiliki kekuatan fisik yang tergolong luar biasa. Lihat saja keterangan strength level yang tertera pada gambar di atas.

Di komik, Spider-Man mampu mengangkat beban hingga 10 ton. Sebagai perbandingan, Luke Cage yang berkulit baja hanya mampu mengangkat 3 ton sementara Captain America dengan serum super soldier-nya hanya bisa mengangkat 800 pon. Bahkan setelah alur The Others, kekuatan Spider-Man meningkat lebih tinggi lagi hingga ia bisa mengangkat beban 25 ton.

Sayangnya, alur One More Day menghapus banyak hal tentang Spider-Man, termasuk peningkatan kekuatannya. Setelah kejadian itu kekuatan Spider-Man pun kembali ke 10 ton. Tapi tetap saja, Spider-Man harus menahan diri saat menghadapi musuh, apalagi kriminal biasa. Kalau ia memukul dengan kekuatan penuh, ia bisa membunuh perampok dan penjahat reguler lain.

Kekuatan fisik Spider-Man versi komik ini kurang ditonjolkan di trilogi film pertama maupun The Amazing Spider-Man. Tapi sejak Captain America: Civil War, ditunjukkan kalau level kekuatan Tom Holland lebih mewakili versi komiknya.

Buktinya? Bisa dilihat di atas. Lengan baja Bucky bisa membuat Captain America kewalahan, namun di sini Peter Parker dapat menahannya dengan satu tangan tanpa terlihat kesakitan. Di trailer Spider-Man: Homecoming juga Spider-Man yang satu ini bisa menahan kapal yang sudah terbelah dengan jaring dan kekuatan fisiknya.

Spider-Man versi Marvel Cinematic Universe mungkin masih sangat muda. Tapi bisa jadi dia adalah pahlawan dengan kekuatan fisik murni (tanpa dibantu armor dan peralatan lain) terbesar ketiga di antara para jagoan bumi, hanya di bawah Hulk dan Thor.


 

Baca Juga

Apa lagi nih kira-kira kekuatan Spider-Man yang belum diketahui oleh pembaca dan penonton awam? Kamu bisa membaca lanjutannya di halaman kedua!

1
2
SHARE
Previous article6 Film yang “Haram” Ditonton Saat Hari Valentine
Next articleRayakan Valentine dengan Mass Effect 2 Gratis dan “Visual Novel” Murah
Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.