Inilah 5 Program TV Misteri Indonesia yang Pernah Menghantui Anak Generasi 90-an. Pernah Ketakutan Menontonnya?

program tv misteri

Anak generasi 90-an pastinya sudah tak asing dengan deretan program TV misteri super menyeramkan ini. Mulai dari uji nyali sampai penampakan roh halus, sukses membuat masa kecil kita begitu mencekam!

Sebelum digempur habis-habisan oleh tayangan sinetron yang tak mendidik belakangan ini, program TV Indonesia pernah didominasi oleh beragam tayangan bergenre misteri yang sukses menghantuimu.

5 Urban Legend Jepang yang Bikin Cerita Horor Indonesia Gak Ada Apa-Apanya

Jika membandingkan cerita horor Indonesia dengan deretan urban legend Jepang ini, mungkin akan membuatmu bersyukur tinggal di Indonesia bukan di Jepang
Baca Juga

Meskipun ditayangkan larut malam, namun tak sedikit loh anak-anak kecil generasi 90-an yang rela menunggu demi menyaksikan penampakan roh halus ataupun uji nyali di sebuah tempat angker. Ya meskipun belakangan kita ketahui jika beberapa program TV misteri di Indonesia adalah rekayasa belaka.

Nah kali ini, Duniaku.net akan sedikit mengajakmu bernostalgia mengingat-ngingat deretan program TV misteri yang pernah menghantuimu di waktu kecil.

1

Kisah-Kisah Misteri

program tv misteri

Seperti judulnya, program yang ditayangkan oleh RCTI ini menceritakan kisah-kisah misteri atau urban legend yang ada di Indonesia, di antaranya adalah peristiwa Bintaro, korban kerusuhan Mei 98, sampai cerita tentang Mrs. K, Pocong, dan om Gondo.

Kisah-kisah Misteri memiliki konsep yang cukup unik dibandingkan progam TV misteri lainnya. Acara dimulai ketika narasumber menceritakan seluk beluk kisah misteri yang pernah ia alami. Kemudian kisah tersebut direka ulang sehingga terlihat benar-benar nyata. Bahkan kepopuleran Kisah-Kisah Misteri, menjadi pelopor hadirnya program-program serupa di channel TV lain.

2

Dunia Lain

program tv misteri

Banyak momen menegangkan yang pernah dihadirkan oleh salah satu program TV misteri unggulan dari Trans TV ini. Selain identik dengan host berkepala botak, Hari Pantja, Dunia Lain juga adalah program misteri pertama yang memperkenalkan segmen uji nyali, di mana salah seorang peserta ditantang untuk bisa bertahan selama tiga jam di sebuah tempat yang dipercaya banyak terjadi aktivitas makhluk gaibnya.

Momen paling memorable tentu saja ketika uji nyali dilangsungkan di lawang sewu, tepatnya di ruang bawah tanah yang digunakan sebagai area pendingin suhu sekaligus berfungsi sebagai penjara bawah tanah pada masa penjajahan. Penampakan sesosok makhluk halus secara jelas terekam kamera dan langsung menjadi perbincangan hangat di masyarakat kala itu.

3

Gentayangan

program tv misteri

Nah jika program TV Dunia Lain punya segmen uji nyali, maka Gentayangan punya versi lain yang dinamakan Uka-Uka. Kamu masih ingat? Ya Uka-Uka adalah segmen unggulan yang ada di program Gentayangan. Bedanya, Uka-Uka dikemas lebih kocak dibanding uji nyali Dunia Lain.

Selain Uka-Uka, kehadiran Toro Margens sebagai pembawa acara dengan suara serak-serak basahnya semakin membuat Gentayangan menjadi program TV misteri populer saat itu.

4

Ekspedisi Alam Gaib

program tv misteri

Mungkin ini adalah perpaduan antara program misteri dan program jalan-jalan. Ditayangkan di TV 7, Ekspedisi Alam Ghaib memiliki konsep menelusuri tempat-tempat angker dengan medan yang ekstrem, seperti hutan, sungai, dan gua.

Dikemas semi dokumenter, Ekspedisi Alam Gaib memberikan pilihan baru bagi penonton dalam menyaksikan program-program misteri yang kala itu sangat mendominasi.

5

Pemburu Hantu

program tv misteri

Kalau Amerika punya Ghostbusters, Indonesa pun gak mau kalah dengan menghadirkan program misteri Pemburu Hantu. Acara yang diisi oleh beberapa ustad ini akan mendatangi rumah-rumah warga yang dipercaya dipenuhi oleh makhluk halus.

Dengan gerakan ala pendekar kung fu, sang ustad berhasil menangkap hantu-hantu yang berkeliaran dan memasukannya ke dalam botol.

Baca Juga

Nah program TV misteri mana yang pernah jadi favoritmu?

Diedit oleh Arya W. Wibowo

SHARE
Previous articleDjinn Caster, Action RPG Mobile Terbaru Bernuansa Timur Tengah dari Kemco dan Chocoarts!
Next article7 Film Superhero Bermasalah yang Membuat Studio dan Sutradara Stres
Penikmat anime detective. Fans Liverpool layar kaca