Inilah Alasan Mengapa Centaur Warruner Masih Jadi Hero yang Paling Ditakuti!

Setelah mengejutkan semua orang dalam pertandingan ESL One Genting, kelihatannya kejayaan Centaur Warruner akan terus berlanjut hingga patch 7.02

Inilah Alasan Mengapa Centaur Warruner Masih Jadi Hero yang Paling Ditakuti!

Inilah Alasan Mengapa Centaur Warruner Masih Jadi Hero yang Paling Ditakuti!Setelah namanya mulai naik daun setelah acara ESL One Genting, Centaur Warruner kelihatannya berusaha keras untuk membuktikan bahwa dirinya pantas menjadi raja dari pertandingan publik. Namun, apa sebenarnya yang membuat hero ini sangat ditakuti?

Inilah Alasan Mengapa Centaur Warruner Masih Jadi Hero yang Paling Ditakuti!Walapun mendapatkan nerf yang menghapus damage Return kepada illusion pada patch 6.88f dan peningkatan agility-nya pada 7.00, Centaur Warruner berhasil menjadi salah satu hero paling favorit dengan win rate sebesar 57.48%. Kejayaan ini bahkan terus berlanjut hingga patch 7.01 dimana dia berhasil kembali menguasai pertandingan publik dimana dia berada pada posisi ke-5 dalam urutan kepopuleran Dotabuff, bersama dengan hero lain seperti Spectre dan Omniknight.

Inilah Alasan Mengapa Centaur Warruner Masih Jadi Hero yang Paling Ditakuti!

[read_more id="289870"]

Satu hal yang membuat dirinya sangat unik adalah win rate-nya yang sangat tinggi jika dibandingkan dengan hero offlane lainnya. Satu-satunya hero yang dapat menyainginya adalah Underlord dengan win rate yang sama, namun, hal ini hanya terjadi dalam pertandingan dengan bracket MMR yang tinggi (4K - 5K). Kepopuleran seorang hero offlane seperti ini sangat jarang sekali terjadi, apalagi dengan adanya hero lain seperti Axe yang hanya berada pada posisi 12 karena kekuatannya menguasai jungle dan Slardar yang berada pada posisi 23.

Inilah Alasan Mengapa Centaur Warruner Masih Jadi Hero yang Paling Ditakuti!Hero dengan tingkat kesulitan yang rendah pasti akan memiliki win rate yang relatif lebih tinggi. Para pemain biasa akan lebih unggul bermain hero regular daripada seorang meta hero. Inilah alasan mengapa Wraith King memiliki win rate yang sangat tinggi dalam pertandingan publik (57.63%).

Hal ini juga dapat menjelaskan mengapa Underlord menjadi hero yang paling sering di banned baik dalam meta kompetitif ataupun publik. Kepopuleran Dark Seer juga bisa dikatakan berhubungan dengan hal ini karena kekalahannya dalam hampir 50% match publik, walaupun menjadi hero kedua paling banyak di banned selama acara kualifikasi DAC.

Inilah Alasan Mengapa Centaur Warruner Masih Jadi Hero yang Paling Ditakuti!

[duniaku_adsense]

Centaur Warruner bisa dikatakan termasuk dalam kategori hero yang hanya membutuhkan 0-1 tombol untuk dapat membantu teman satu timnya, sama seperti Crystal Maiden (Global Aura), Spectre (Haunt), dan Zeus (Thundergod's Wrath). Stampede adalah salah satu skill yang dapat digunakan baik secara ofensif maupun defensif, yaitu untuk menolong teman satu tim-nya disaat terdesak atau memberikan kesempatan hero lain untuk memulai gank.

Sebelum mendapat nerf yang menghilangkan efek Return pada illusion, Centaur Warruner mendapat cukup banyak buff selama 7 patch. Di awali dengan Aghanim Scepter yang mengurangi damage pada teman satu tim dari 60% menjadi 70% dan memberikan tidak membatasi gerakan dari skill tersebut. Buff ini telah memberikan Centaur keunggulan di atas hero offlaner lain yang memiliki aura.

Inilah Alasan Mengapa Centaur Warruner Masih Jadi Hero yang Paling Ditakuti!Centaur juga mendapat buff damage untuk Return selama dua patch (6.85 dan 6.86), memperpanjang durasi Stampede (6.87), mengurangi cooldown dari Double Edge dalam dua patch (6.87 dan 6.88), dan peningkatan dari kekuatannya (6.88). Sayangnya semua hal tersebut tidak begitu mempengaruhi keberadaannya dalam meta. Bahkan sepanjang turnamen TI6 dia hanya dipilih sebanyak satu kali.

[duniaku_baca_juga]

Ingin tahu bagaimana cara mengoptimalkan Talent yang dimiliki oleh hero ini? Lanjut ke halaman berikutnya!

Inilah Alasan Mengapa Centaur Warruner Masih Jadi Hero yang Paling Ditakuti!Pemilihan talent adalah hal yang harus dikuasai oleh semua orang setelah kehadirannya dalam patch 7.00. Kira-kira apa saja talent yang paling banyak digunakan oleh para pemain publik dan profesional untuk hero ini?

Salah satu hal penting yang wajib diketahui oleh para pemain Centaur Warruner adalah mengoptimalkan Talent Tree yang dia miliki untuk menutupi kekurangan pada status awalnya, dan dalam hal ini status tersebut adalah intelligence. Sebagai salah satu hero dengan intelligence dan intelligence gain terendah, mengambil Talent +2 Mana Regen adalah pilihan yang terbaik bagi banyak orang jika dibandingkan dengan +35 damage.

Sebagai seorang offlaner yang pasti akan banyak menggunakan skill yang dia miliki, Centaur Warruner sudah jelas membutuhkan talent yang dapat membuatnya bertahan lebih lama dalam posisinya. Inilah alasan mengapa win rate pemain yang mengambil Talent tersebut lebih tinggi walaupun pick rate-nya lebih rendah.

Inilah Alasan Mengapa Centaur Warruner Masih Jadi Hero yang Paling Ditakuti!Sebagai hero yang tidak membutuhkan terlalu banyak damage dalam fase farming. Centaur membutuhkan lebih banyak mana saat akan memulai team fight, dan sebagai seorang offlaner sepertinya memiliki +35 damage tidak akan membantu sebanyak +2 Mana Regen. Talent ini juga menjadi pilihan bagi beberapa pemain profesional seperti MSS dan Khezzu selama pertandingan mereka dalam acara DAC.

Inilah Alasan Mengapa Centaur Warruner Masih Jadi Hero yang Paling Ditakuti![read_more id="291835"]

Talent berikutnya adalah pilihan yang sedikit lebih rumit karena keduanya dapat sangat membantu dalam dua situasi yang berbeda. Walaupun Hood of Defiance atau Pipe of Insight tetap menjadi core item yang diambil oleh para pemain Centaur Warruner, memiliki +10% Magic Resistance dapat menjadi pilihan yang jauh lebih unggul daripada 10% Evasion. Satu-satunya hal yang dapat menghentikan gerakan hero ini dengan cepat adalah magic damage, dan talent ini membuat Centaur dapat bertahan hidup lebih lama untuk menggunakan Stampede disaat terdesak.

Di sisi lain, hero yang mengandalkan serangan right-click mereka seperti Juggernaut atau Phantom Assassin dapat lebih mudah dikendalikan dengan 10% Evasion, dan Centaur tetap dapat menggunakan core item miliknya untuk menutupi magic damage yang akan dia terima. Pemilihan kedua talent saat level 15 ini tergantung sepenuhnya kepada situasi yang akan kamu hadapi, dan kamu juga harus memperhatikan draft musuh sebelum memilih talent yang tepat pada level ini.

Inilah Alasan Mengapa Centaur Warruner Masih Jadi Hero yang Paling Ditakuti!

[duniaku_adsense]

Talent berikutnya pada level 20 adalah +15 Strength atau +10% Spell Amplification. Kelihatannya banyak orang sudah jelas lebih memilih +15 Strength, dan hal ini memang cukup jelas karena "upgrade" dari skill yang dia miliki kelihatannya dapat menjadi kurang efektif. Salah satu alasan mengapa +15 Strength dapat menjadi lebih efektif adalah Return yang dapat memberikan bonus damage sebesar 30%/45%/60%/70% sesuai dengan jumlah strength yang pada saat itu dimiliki oleh Centaur, dan dengan adanya +15 Strength sudah jelas Return dapat menjadi salah satu skill passive/aura yang paling mematikan pada fase mid-game hingga late-game.

Terakhir, pada level 25 pilihan talent yang dia miliki juga sudah sangat jelas. Menambahkan satu detik untuk Hoof Stomp memang cukup bagus, namun, ini bukanlah hal baru yang dapat menarik perhatian banyak orang. Pada saat Return berubah menjadi skill aura, maka keberadaan Centaur menjadi sangat penting bagi teman sati timnya. Keefektifan talent ini juga ternyata belum banyak diketahui oleh banyak orang yang belum pernah menggunakan Centaur, dan mungkin inilah salah satu alasan mengapa para pemain Centaur Warruner memiliki win rate yang cukup tinggi dibandingkan jika dengan hero lain.

Inilah Alasan Mengapa Centaur Warruner Masih Jadi Hero yang Paling Ditakuti!

[read_more id="291844"]

Sebelumnya, Duniaku.net pernah membahas bagaimana patch 7.01 telah memberikan hero ini kesempatan untuk bersinar dalam meta terbaru, ditambah lagi Centaur juga memiliki 83% win rate selama 8 pertandingan yang cukup mengejutkan pada acara ESL One Genting. Namun, sayangnya pada acara kualifikasi DAC dia hanya memiliki win rate sebesar 48% sepanjang 42 pertandingan, dan hal ini berpotensi besar untuk merubah reputasinya dalam pertandingan profesional.

Inilah Alasan Mengapa Centaur Warruner Masih Jadi Hero yang Paling Ditakuti!Pada acara tersebut, posisi offlaner masih dikuasai oleh Slardar yang juga menjadi hero paling banyak di pick dan di banned sepanjang acara kualifikasi. Dalam fase laning, kemampuan Slardar untuk dapat bertahan hidup jauh lebih tinggi daripada Centaur, dan kelemahannya dalam hal jungling tidak lagi menjadi aspek terpenting dalam meta yang ada pada saat ini.

Namun, masih terlalu cepat bagi kita untuk menghapus nama Centaur Warruner dari meta yang ada pada saat ini, dan kita masih harus menunggu performanya selama patch 7.02 untuk dapat mengetahui secara langsung apakah dia pantas berada dalam meta yang akan sekarang.

[duniaku_baca_juga]

Penasaran seperti apa aksi Fear menggunakan hero ini? Kamu dapat melihatnya langsung dalam video di bawah ini

Pick rate bagi Centaur Warruner mungkin memang meningkat, namun, tidak secara drastis. Apakah menurutmu hero ini akan tetap berada dalam meta? Apakah kamu setuju dengan pemilihan talent di atas? Berikan pendapat kamu di komentar yah!

Diedit oleh Febrianto Nur Anwari

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU