Inilah 5 Lagu Jepang yang Ternyata Punya Kemiripan dengan Lagu Band Indonesia

lagu jepang

Mungkin mendengar lagu Indonesia yang menjiplak lagu luar negeri itu sudah biasa. Namun apa jadinya jika musik Indonesia tersebut ternyata terdengar mirip dengan deretan lagu Jepang?

Dewasa ini musik sudah sangat berkembang. Terbukti dari lahirnya genre-genre musik baru yang belakangan mencuat dan diminati banyak kalangan. Dengan pertumbuhan musik yang semakin pesat, tentu saja kemiripan nada dalam sebuah lagu dengan lagu lainnya tak bisa dihindari. Kita pun cukup maklum ketika ada lagu yang memiliki nada yang terdengar sama dengan lagu lainnya.

Inilah 5 Hal Tentang Indonesia yang Ternyata Terkenal di Jepang

Bukan cuma anime dan cosplay yang menjelma menjadi budaya baru di Indonesia belakangan ini. Sebaliknya, beberapa hal tentang Indonesia juga ternyata cukup terkenal di Jepang loh.
Baca Juga

Nah jika kita biasanya mengetahui lagu-lagu luar negeri yang “dijiplak” musisi dalam negeri, kali ini Duniaku.net telah merangkum deretan lagu Jepang yang teryata mirip dengan buah karya musisi dalam negeri.

1

Bagi kamu penggemar musik rock Jepang, pasti sudah tak asing dengan grup band Mucc. Berasal dari Prefektur Ibaraki, Mucc dengan cepat mendapatkan popularitas sebagai salah satu band rock paling dihormati di negeri Sakura.

Dari 6 album yang pernah mereka rilis, ada satu lagu berjudul “Zetsubou” yang jika kita dengarkan secara seksama memiliki kemiripan dengan lagu “Impresi” yang diciptakan oleh grup musik Pas Band.

“Zetsubou” sendiri merupakan single Mucc yang dirilis pada tahun 2002. Sedangkan lagu “Impresi” sudah terlebih dahulu tenar di belantika musik tanah air sejak dirilis dalam album In (no) Sensation pada tahun 1995.

Beberapa alasan yang membuat lagu Jepang ini cukup mirip adalah komposisi intro musiknya dan irama yang dihentakkan langsung mengingatkan kita pada lagu dari band asal Bandung ini.

2

Tahun 2000 merupakan eranya musik-musik genre rock metal menjangkiti penggemar musik tanah air. Salah satunya dengan kehadiran band /rif yang merilis album Nikmati Aja. Di situ terdapat lagu berjudul “Loe Toe Ye” yang langsung menjadi hits single dan banyak dinyanyikan oleh band-band rock yang tampil di pentas musik.

Lima tahun kemudian, dedengkotnya band rock Jepang, L’Arc-en-Ciel, merilis album baru, Awake. Siapa sangka salah satu lagu berjudul “New World” dalam album tersebut memiliki kemiripan dengan lagu “Lo Toe Ye” miliki /rif. Kamu bisa dengarkan sendiri bagaimana intro gitar dari dua lagu tersebut yang terdengar lumayan mirip.

3

Boleh dibilang anime Bleach adalah salah satu anime terbaik yang ada hingga saat ini. Selain menyajikan jalan cerita yang menarik, salah satu opening song berjudul “Velonica” juga menjadi nilai plus bagi Bleach sebagai anime yang harus ditonton.

Nah jika didengar secara seksama, lagu Jepang milik Aqua Timez ini cukup mirip dengan lagu miliki band rock indie asal Yogyakarta bernama Captain Jack berjudul “Sempurna”.

Beberapa penggemar musik Jepang pernah menganggap jika lagu milik Captain Jack tersebut menjiplak lagu “Velonica”. Padahal single “Sempurna” sudah dirilis sejak tahun 2004 sedangkan “Velonica” baru muncul sebagai lagu pembuka Bleach pada tahun 2009.

4

Poison - Bento

Takashi Sorimachi adalah aktor yang juga berprofesi sebagai penyanyi. Salah satu lagunya yang populer adalah “Poison” yang rilis tahun 1998. Lagu itu juga sekaligus menjadi soundtrack serial drama adaptasi manga Great Teacher Onizuka (GTO) yang dibintangi sendiri olehnya.

Mundur 10 tahun kebelakang, grup band asal Indonesia bernama Swami yang dianggotai oleh Iwan Fals merilis lagu berjudul “Bento” yang kemudian meledak di pasaran. Liriknya yang menyinggung pemerintahan kala itu membuat lagu Bento dengan mudah diterima di masayarakat.

Intro gitar yang ada dalam lagu Bento ini nyatanya memiliki kemiripan dengan lagu Poison karya Takashi Sorimaschi.

5

Lagu Jepang selanjutnya yang memiliki kemiripan dengan lagu Indonesia adalah “Tsukiakari no Michishirube” karya Stereopony. Band pop rock yang berasal dari Okinawa ini merilis single tersebut pada tahun 2009. Nah jika kamu mendengarkan bagian reffrain dari lagu “Tsukiakari no Michishirube”, bakal merasakan jika nadanya miripan dengan lagu “Janji Suci” milik Yovie & Nuno yang dirilis tahun 2007.

Baca Juga

Meskipun memiliki kemiripan, tapi tentu saja deretan lagu Jepang tersebut tak bermaksud untuk menjiplak lagu-lagu karya musisi Indonesia.

Diedit oleh Arya W. Wibowo


SHARE
Previous articleGameloft Akhirnya Buka Praregistrasi FPS NOVA Legacy untuk Android
Next article10 Kartu Terbaik YuGiOh! Duel Links dari Booster Pack yang Ada
Penikmat anime detective. Fans Liverpool layar kaca