Hadiah Sony di Tahun 2017, 5 Xperia Baru dan Cara Unlock Bootloader Xperia Secara Resmi

spesifikasi Xperia XZ

Awal tahun 2016 lalu, Sony Mobile menggebrak dengan mengkonfirmasikan jajaran baru Android Xperia selama Consumer Electronic Show 2016. Mereka meninggalkan pakem penamaan dengan huruf “Z” yang selama ini mewakili kelas flagshipnya, dan mengenalkan identitas baru, Xperia X.

Baca Juga

Namun sepertinya ketiga varian yang langsung diajukan tersebut tidak begitu greget di pasaran. Berlanjut September 2016 lalu, Sony Mobile mengenalkan jagoan barunya, muncul belakangan, namun justru bakal diposisikan sebagai penerus flagship mereka, yaitu Xperia XZ.

Spec Kameranya Paling Gahar! Sony Xperia XZ Ini Bisa Buat Kalian Lupa DSLR Itu Ada!

Sony hanya butuh 6 bulan untuk mengeluarkan flagship baru, setelah Xperia X Performance. Dengan Xperia XZ, peningkatan spec kameranya paling greget. Kalian pasti lupa deh ribetnya bawa-bawa tas berisi perlengkapan DSLR.
Baca Juga

Cara Unlock Bootloader Xperia

Berlanjut untuk Mobile World Congress 2017 nanti, mereka juga dikabarkan menyiapkan smartphone terbarunya. Namun hal ini masih sekadar rumor, jika mereka akan membawa setidaknya lima Xperia baru, lengkap dengan satu penerus Xperia XZ (ya, hanya butuh enam bulan bagi Sony untuk membuat kalian segera berpaling ke tipe yang baru).

Beberapa bukti yang memperkuat dugaan tersebut seperti data hasil benchmark dan bocoran foto tidak resminya sudah banyak beredar sejak Januari 2017 lalu, menemani bocoran lima kode nama Xperia baru yang sudah diketahui eksistensinya, yaitu Yoshino, BlancBright, Keyaki, Hinoki, dan Mineo.

Diantara lima kode nama yang sudah diketahui di atas, salah satu diantaranya, Yoshino, diprediksi menjadi seri teratas yang akan mengusung nama Sony Xperia XZ2. Kabarnya, smartphone papan atas ini dilengkapi layar 5.5-inchi dengan resolusi 4K atau 3840×2160-pixel, dan hal ini bakal menjadi yang pertama untuk kelas flagship.

Kemudian dikabarkan juga bakal menggunakan chipset terkuat Qualcomm, Snapdragon 835, dengan 6GB RAM dan sensor kamera terbaru Sony, Exmor RS IMX400. Di bawahnya duduk varian dengan kode nama BlancBright, karena mengusung layar beresolusi 2K, dan spesifikasi yang tidak jauh berbeda dari Yoshino.

Kemudian salah satu model yang muncul ke permukaan disebut Sony G3221. Android ini muncul pada data benchmark AnTuTu mengusung ROM 64GB dan RAM 4GB, kombinasi kamera selfie 16MP dan kamera utama 23MP yang cukup menegaskan ini sebuah Xperia kelas menengah. Kemudian Prosesornya, ada GPU Mali-T880 dan CPU MediaTek MT6757 Helio P20, yang selama ini identik dengan pilihan kelas menengah. Xperia misterius ini pun sudah menjalankan Android 7.0 Nougat.

Selain itu, ada juga yang muncul bocoran desian purwa rupanya yang sudah beredar beberapa waktu lalu, dengan kode Sony G3121, yang mirip banget dengan Xperia XA, varian terendah dari Xperia X tahun lalu, meskipun bezelnya lebih lebar di sisi bawah dan atasnya. Minusnya, tidak ada fingerprint dan kombinasi tiga sensor imaging yang dimiliki Xperia XA. Kombinasi sensor kameranya pun dipastikan lebih rendah dari G3221 di atas.

Xperia X Compact, Solusi Murah Xperia XZ, Lengkap dengan Teknologi Kamera Profesional

Buat yang males ribet foto sana-sini menggunakan kamera digital, atau bahkan DLSR (yang mustahil muat di kantong celana), Xperia X Compact menawarkan solusi kompak smartphone dengan spec kamera tertinggi di kelasnya.
Baca Juga

Informasi lainnya dari Xperia varian kelas menengah tersebut, seperti menggunakan layar 5-inchi, resolusi hanya HD 720p, berlapis kaca 2.5D, satu lampu kilat LED untuk kamera, casing berbahan plastik doff, slot SIM dan micro SD di sisi kiri, serta tombol volume dan power di sisi kanan. Bahkan perkiraan harganya juga tidak terlalu “premium”, hanya sekitar Rp4.5 jutaan untuk varian terendah dari keluarga Xperia terbaru ini. Mungkin masih cukup tinggi, namun tidak terlalu tinggi seperti tipikal Xperia Sony sebelumnya.

Di kabar lainnya, Sony Mobile juga baru saja memutuskan untuk membantu kalian yang hobi ngoprep, dengan memberi panduan resmi untuk membuka kuncian bootloader sebuah smartphone Xperia. Dengan demikian, kalian yang ingin merasakan menggunakan ROM atau OS custom melalui Xperia, bisa dengan mudah dan mendapatkan solusi yang resmi. Seperti kebijakan vendor lainnya, membuka kunci bootloader sama saja menghanguskan garansi, sampai adanya konten bawaan yang tidak bisa diakses karena kunci keamanan DRM dihapus. Untuk membuka bootloade, kalian tinggal masuk ke laman developer Sony berikut ini.

Cara Unlock Bootloader Xperia

Sumber: XperiaBlog (2), Sumaho, Weibo, Sony Mobile (1),(2)


SHARE
Previous articleIni Fakta Spesifikasi LG G6, Android dengan CPU Snapdragon Terkuat, Siap Hadir Bulan Ini
Next articleCalon Gubernur Jakarta Favorit Gamers Menang Telak! Siapa?
Penggemar strategy RPG Jepang, serta semua serial Super Robot Wars, yang saat ini masih menjadi kontributor penulis artikel game guide salah satu media game Indonesia. Mulai memburu game-game mobile, dan juga emulator melalui gadget Android, hanya untuk memainkan kembali game-game RPG klasik, yang menurutnya tetap lebih baik dibandingkan game modern.