Calon Gubernur Jakarta Favorit Gamers Menang Telak! Siapa?

Siapa sih calon gubernur favorit gamers? Untuk mengetahui jawabannya, kami mengajukan pertanyaan dan survei melalui fans page Facebook Duniaku.net pada tanggal 12 Februari 2017 lalu. Kami mengajukan beberapa pertanyaan terkait gubernur dan preferensi para gamers!

Tujuan dari survei ini adalah untuk menggambarkan image para calon di mata gamers. Survei ini mewakili semua usia dan tidak terbatas untuk penduduk Jakarta. Karena itu, survei ini tentu saja tidak menggambarkan hasil perolehan sebenarnya para calon gubernur di Pilkada 2017. Ini dia hasil survei-nya!

1

Favorit Gamers Menang Telak!

 

Dari survei yang kami dapatkan, ternyata pasangan calon gubernur Basuki-Djarot menang telak dengan perolehan suara 64,5%! Posisi kedua ditempati oleh Anies-Sandiaga dengan angka 24,2%, dan terakhir ditempati oleh Agus-Sylvi dengan 11,3%. Kemenangan ini disebut telak sebab pasangan Basuki-Djarot menang di semua kategori yang diajukan.

Misalnya, berdasarkan kesukaannya pada tiga kategori Duniaku.net (Game, Geek, Gadget), 75% mereka yang suka kategori Game memilih Basuki-Djarot sebagai pasangan favorit mereka. Posisi kedua ditempati oleh Agus-Sylvi dengan 14%, dan di posisi ketiga ditempati Anies-Sandiaga dengan 11%.

Sementara itu, mereka yang suka Geek Culture seperti anime dan manga juga memilih Basuki-Djarot sebagai gubernur favorit mereka, meski dengan angka yang lebih rendah, yaitu 53%. Pada posisi kedua, bila kategori Game memilih Agus-Sylvi, kategori Geek memilih Anies-Sandiaga dengan 37%.

Terakhir, sama seperti Game, mereka yang suka Gadget 75%-nya memilih Basuki-Djarot. Posisi kedua ditempati dengan Anies-Sandiaga dengan 25%. Terakhir ditempati Agus-Sylvi yang angkanya mendekati 0%.

2

Genre Game Favorit Masing-masing Pendukung

Untuk survei genre favorit, masing-masing responden boleh memilih lebih dari satu genre. Karena itu, angka yang ditampilkan lebih dari 100%. Secara umum, game yang paling disukai responden adalah game Action/Adventure dengan 50% responden memilihnya.

Bila dilihat dari genre game favoritnya, ternyata masing-masing pasangan memiliki kesukaan yang berbeda-beda. Partai calon nomor 1, Agus-Sylvi, memiliki ketertarikan yang besar terhadap game Action/Adventure dan Strategi, masing-masing mendapatkan angka 71%, diikuti oleh MOBA dan RPG sebesar 43%.

Pendukung Basuki-Djarot memiliki preferensi lain dan lebih beragam. Tampaknya, pendukung Basuki-Djarot banyak yang berasal dari pemain MOBA seperti Dota 2 dan LOL sebesar 43%. Ini kemudian diikuti oleh RPG sebesar 38% dan strategi sebesar 33%.

Pendukung Anies-Sandiaga juga memiliki kesukaan yang berbeda. Mereka memilih Action/Adventure sebagai game favorit mereka. Angkanya, 80%, selisih jauh dari game favorit kedua, FPS dan Sports, yang masing-masing hanya mencapai 40%. Berbeda dengan dua calon sebelumnya, pendukung Anies-Sandiaga tampak kurang menyukai game MOBA. Hanya 13% pemilih yang menyatakan game MOBA adalah game kesukaan mereka.


Nah, bagaimana pendapat kamu mengenai hasil survei ini? Apakah cukup menggambarkan aspirasi kamu sebagai seorang gamers? Yuk tulis pendapat kamu di kolom komentar!

SHARE
Previous articleHadiah Sony di Tahun 2017, 5 Xperia Baru dan Cara Unlock Bootloader Xperia Secara Resmi
Next articleKomik Pilkada 2017 Ramaikan Hari Pemungutan Suara
Tertarik dengan dunia game sejak kecil. Baginya, game tidak hanya sekedar hiburan, tetapi juga sarana untuk belajar dan refleksi diri. Game yang ia senangi antara lain Grand Theft Auto V, seri Europa Universalis, seri Crusader King, dan seri Romance of the Three Kingdoms.