[Video] Review MSI GS43 VR Phantom: Gaming Laptop Ringan, Performa Jempolan!

Kali ini tim Duniaku.net kedatangan MSI GS43 VR Phantom. Gaming laptop ini ringan tapi performanya jempolan! Simak ulasannya di sini!

[Video] Review MSI GS43 VR Phantom: Gaming Laptop Ringan, Performa Jempolan!

MSI GS43 VR Phantom berhasil menyatukan performa dengan mobilitas, yang membuat laptop ini cocok bagi para gamer dengan mobilitas tinggi!

[duniaku_baca_juga]

Bicara soal laptop gaming, beberapa citra yang melekat padanya biasanya adalah berat, sulit untuk dibawa secara mobile, dan tak mampu beraksi jika tak dicolokkan ke listrik. Namun MSI GS43 VR Phantom sepertinya berhasil patahkan semua citra laptop gaming tersebut. Penasaran bagaimana performa laptop yang bisa dibilang sebagai ultrabook gaming ini? Simak ulasan dari Duniaku.net berikut ini:

Spesifikasi MSI GS43 VR Phantom

[Video] Review MSI GS43 VR Phantom: Gaming Laptop Ringan, Performa Jempolan!

Laptop ini terbilang tipis secara body, namun tipis sepertinya bukan alasan bagi MSI untuk tidak menyematkan perangkat keras terbaik demi menghasilkan performa gaming yang mumpuni. Berikut rincian spesifikasi laptop MSI GS43 VR Phantom:

 

[read_more id="289840"]

[duniaku_adsense]

Ini baru pemanasan! Setelah intip video di atas, yuk lanjut simak ulasan MSI GS43 VR Phantom di halaman berikutnya!

MSI GS43 VR Phantom, Gaming Laptop yang Ringan

[Video] Review MSI GS43 VR Phantom: Gaming Laptop Ringan, Performa Jempolan!

Seperti yang dikatakan sebelumnya, citra laptop gaming biasanya berat yang membuat mobilitasnya jadi rendah karena sulit dibawa-bawa. Namun GS43 Phantom seakan ingin patahkan citra tersebut dan berusaha tampil berbeda. MSI GS43 VR Phantom berikan performa yang mumpuni, tetapi dengan mobilitas yang juga tinggi berkat dimensinya yang lebih ringkas dibanding laptop gaming pada umumnya.

Ukuran MSI GS43 VR Phantom terbilang mungil dan ringkas karena memiliki dimensi panjang x lebar 34,5 x 24,5 cm dan ketebalan 2,18~2,28 cm. Laptop ini pun jadi mudah untuk dibawa-bawa kemana pun kamu pergi karena dimensinya, apalagi dengan beratnya yang kurang dari 2 kg.

Menilik ke sisi build quality, MSI GS43 VR masih punya build quality kokoh meski ada kekurangan di bagian tertentu. Salah satunya adalah bagian bawah laptop, bagian terbilang penting karena melindungi komponen penting laptop, yang malah terbuat dari plastik. Hal ini membuat sang Phantom jadi terasa agak ringkih, apalagi jika kamu menjinjingnya dengan satu tangan.

[Video] Review MSI GS43 VR Phantom: Gaming Laptop Ringan, Performa Jempolan!

Kekurangan lain pada bagian body MSI GS43 VR masih mirip-mirip yaitu masalah bagian alumuniumnya yang entah kenapa jadi fingerprint magnet. Memang secara sekilas bekas sidik jari yang menempel tak terlalu terlihat jelas karena warna laptop yang hitam, namun tetap saja kehadiran bekas sidik jari tersebut sedikit banyak mengganggu penampilan si GS43 VR Phantom ini.

Sementara dalam hal cooling system, secara build quality Phantom memberi ventilasi yang terbilang cukup banyak meski body-nya terbilang kecil. Selain di sisi kanan dan belakang, tambahan ventilasi di sisi bawah dapat membantu mendinginkan laptop ini apalagi jika ditambah dengan cooler fan di sisi bawah laptop.

Untuk hal produktifitas MSI GS43 VR sudah menyediakan port USB 3.0 untuk transfer data berkecepatan tinggi. Sayangnya MSI hanya menyediakan dua slot colokan USB 3.0 saja pada MSI GS43 VR Phantom. Sementara selain itu sisa port lainnya ada jack 3.5mm mic dan audio, port HDMI dan USB Type-C di sisi kanan, 1 mini-DisplayPort di sisi belakang, dan di sisi kiri ada satu slot untuk SD Card Reader, satu buah charging AC Adapter port, dan satu buah port untuk konektivitas internet.

[Video] Review MSI GS43 VR Phantom: Gaming Laptop Ringan, Performa Jempolan!

[Video] Review MSI GS43 VR Phantom: Gaming Laptop Ringan, Performa Jempolan!

[Video] Review MSI GS43 VR Phantom: Gaming Laptop Ringan, Performa Jempolan!

Laptop ini juga terbilang sangat nyaman ketika digunakan untuk pekerjaan sehari-hari yang mengandalkan komputer. Selain dari hal spesifikasi GS43 VR Phantom juga punya keyboard yang sangat nyaman ketika digunakan untuk mengetik sepanjang hari.

Tuts keyboard yang empuk ketika ditekan jadi alasan kenyamanan keyboard GS43 VR Phantom, ditambah dengan dilengkapi LED membuat kamu jadi mudah ketika sedang ingin kerja mengetik di malam hari. Ukuran Touchpad yang ideal juga membuat bernavigasi jadi nyaman di laptop ini.

[duniaku_baca_juga]

Mengintip ke sisi display, sang Phantom terbilang memiliki display yang sudah nyaman untuk gaming sehari-hari. Meski cuma 14” saja, namun dengan proporsi yang lebih persegi membuat sang Phantom lebih nyaman dilihat dibanding laptop 14” pada umumnya. Resolusinya yang sudah full-HD (1920 x 1080) juga membuat main game atau menonton film terasa jadi lebih jernih.

Penasaran setangguh apa performa laptop gaming yang tipis ini? Lanjut ke halaman berikutnya untuk lihat ulasan performa MSI GS43 VR Phantom!

[duniaku_adsense]

GS43 VR Phantom Performance

[Video] Review MSI GS43 VR Phantom: Gaming Laptop Ringan, Performa Jempolan!

Performa dari MSI GS43 VR Phantom ini terbilang sudah cukup, meski mungkin kamu tak bisa menikmati gaming ala PC Master Race dengan resolusi 4k, 144fps, ultra setting dan sebagainya. Tapi setidaknya MSI GS43 VR Phantom bisa mendapatkan stabil 60fps pada resolusi HD 1080p dengan settingan di tengah-tengah antara high dengan ultra.

Untuk game populer masa kini seperti Dota 2, Overwatch, atau League of Legends, dapat kamu mainkan tanpa perlu pusing-pusing atur pengaturan grafis lagi. Dengan pengaturan bawaan game, kamu bisa main mulus tanpa hambatan dengan frame per second stabil di kisaran 60. Jadi untuk kamu yang punya cita-cita jadi atlet eSport, laptop ini sepertinya cocok jadi pilihan, karena kamu bisa main jajaran game eSport tersebut dengan lancar tanpa harus pusing mengatur grafis.

[Video] Review MSI GS43 VR Phantom: Gaming Laptop Ringan, Performa Jempolan!

Tak lengkap sepertinya jika mengulas performa gaming laptop, tanpa membahas performanya melahap game kelas AAA. Untuk menguji ketangguhan perangkat keras si Phantom ini, kami mencoba menggunakan game Rise of Tomb Raider. Dengan preset Very High, sang Phantom perangkat keras GS43 VR Phantom seakan belum bekerja super keras. Alhasil, Rise of Tomb Raider dengan preset Very High dilahap mudah dan berhasil dapatkan average FPS sebesar 56.89.

[Video] Review MSI GS43 VR Phantom: Gaming Laptop Ringan, Performa Jempolan! Hasil benchmark jika menggunakan preset Ultra pada Rise of Tomb Raider[/caption]

[Video] Review MSI GS43 VR Phantom: Gaming Laptop Ringan, Performa Jempolan! Hasil benchmark dengan pengaturan custom rata kanan pada Rise of the Tomb Raider.[/caption]

Merasa tak puas, kami mencoba mendorong perangkat keras GS43 VR Phantom untuk kerja lebih keras. Kami pun atur pengaturan grafis jadi rata kanan dengan resolusi HD 1080p, DirectX 12. Akhirnya sang Phantom sedikit keteteran, mesin laptop berpacu lebih kencang, hasil benchmark pun keluar dengan skor average FPS sebesar 24.76 saja. Meski lebih kecil , namun karena masih mendekati 30 FPS, pengaturan rata kanan masih bisa dibilang playable meski tentu tak senyaman biasanya.

[Video] Review MSI GS43 VR Phantom: Gaming Laptop Ringan, Performa Jempolan!

Tak ada gading yang tak retak, kelebihan dari segi performa grafis dan mobility karena dimensi laptop sepertinya harus dibayar dengan kekurangan dari segi suhu laptop. Jika kamu memainkan game kelas AAA yang cenderung resource hunger, suhu laptop segera menjadi liar setelah beberapa waktu kamu memainkan game tersebut.

Suhu laptop bisa mencapai sekitar 70 derajat celsius jika kamu bermain game berat setelah beberapa saat. Hal ini masih bisa kami anggap wajar, mengingat dimensi GS43 VR Phantom yang tak sebegitu besar, tentu membuat ia tak bisa menyematkan sistem pendingin yang mantap.

Walaupun begitu, berkat bagian bawah laptop yang sudah diberi ventilasi, kamu bisa menyiasati masalah suhu tersebut dengan membeli coolerpad laptop dengan kekuatan kipas yang besar dan berbahan alumunium. Sepengalaman kami, penggunaakn coolerpad bisa mengurangi suhu laptop 10 sampai 20 derajat celsius lebih dingin.

[duniaku_adsense]

Kesimpulan

[Video] Review MSI GS43 VR Phantom: Gaming Laptop Ringan, Performa Jempolan!

Melihat dari berbagai aspek laptop MSI GS43VR Phantom, maka kami menganggap laptop ini pantas mendapatkan skor 8 dari 10! Ada beberapa hal yang membuat tim redaksi Duniaku.net kagum, beberapa poin di antaranya:

  1. Dimensi yang ringkas namun tak berkompromi soal performa
  2. Layar 14” yang jernih dengan resolusi HD
  3. Keyboard empuk membuatnya nikmat baik untuk gaming atau kerja sehari-hari
  4. Dimensi laptop yang ringkas membuatnya jadi mudah dibawa kemana-mana

Walau begitu, tetap ada beberapa kekurangan yang terasa meski laptop ini terbilang hampir sempurna. Beberapa di antaranya adalah:

  1. Suhu yang mudah jadi liar jika digunakan untuk gaming terlalu berat
  2. Port USB yang cuma dua buah
  3. Seperti kebanyakan laptop, tak bisa gaming tanpa listrik

[read_more id="289840"]

So? Untuk kamu yang sedang cari-cari laptop gaming yang juga bisa menjadi laptop produktifitas sehari-hari, MSI GS43 VR Phantom sepertinya bisa jadi pilihan tepat untuk kamu yang hobi gaming dan punya mobilitas tinggi.

Diedit oleh Arya W. Wibowo

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU

CPUUp to 6th Gen. Intel® Core™ i7 processor
OSWindows 10 Home

Windows 10 Pro

Display14.0" FHD (1920x1080), IPS-Level
ChipsetIntel® HM170
GraphicsGeForce® GTX 1060 with 6GB GDDR5
MemoryDDR4, 2 Slots, Max 32GB,
StorageSSD

1x M.2 SSD Combo (NVMe PCIe Gen3 x4 / SATA )

HDD

1x 2.5" SATA HDD

WebcamFHD type (30fps@1080p)
KeyboardBacklight Keyboard (Single-Color, Red)
CommunicationKiller Gb LAN

Killer ac Wi-Fi + Bluetooth v4.1

Audio2x 2W Speaker
Audio Jack1x Mic-in

1x Headphone-out (SPDIF)

I/O Ports1x Type-C (USB3.1 Gen2 / DP / Thunderbolt™3)

2x Type-A USB3.0

1x RJ45

1x SD (XC/HC)

1x (4K @ 30Hz) HDMI

1x Mini-DisplayPort

Battery4-Cell , 61 Whr
AC Adapter180W adapter
Dimension (WxDxH)345 x 245 x 21.8~22.8 mm
Weight (w/ Battery)1.8 kg