Inilah 6 Judul Game yang Berusaha Mengikuti Ketenaran Game Pokemon!

tiruan game pokemon

Enam judul game ini dianggap sebagai tiruan game Pokemon. Selain bersaing ketat dengan Digimon sejak tahun ’90-an, ada judul game apa lagi yang mirip dengan Pokemon?

Jangan Ngaku Master PoGo Sebelum Kenal Game Pokemon Nintendo DS Ini!

Pembahasan sejarah panjang game Pokemon sudah mendekati akhir dan sampai pada bagian ketiga: game-game Pokemon untuk Nintendo DS!
Baca Juga

Popularitas Pokemon memang nggak ada matinya. Sejak pertama kali rilis untuk Gameboy di tahun 1996 dengan judul Pokemon Red dan Green, serial game menangkap monster lucu ini dinobatkan sebagai salah satu waralaba terlaris di dunia dengan total terjual 280 juta kopi game di seluruh dunia.

Sebagai pelopor dan yang membuat sub-genre RPG ini terkenal, pastinya banyak pihak yang ingin mendulang kesuksesan serupa dan menghadirkan pengalaman yang mirip meskipun dengan kulit yang berbeda. Terutama dengan munculnya platform mobile yang mampu menghasilkan ratusan game setiap harinya.

Namun di antara semua judul-judul tersebut, terdapat enam serial yang mampu bersaing ketat dengan Pokemon — dan sebagian dari mereka juga pasti dikenang oleh anak-anak tahun ’90-an! Apa saja judul game tersebut, mari simak pembahasan Duniaku.net kali ini!

6

Yo-kai Watch

Membuka artikel kali ini adalah serial Yo-kai Watch yang sempat melanda Jepang bak tsunami. Bahkan popularitasnya mengalahkan ketenaran Pokemon dan Pikachu beberapa tahun belakangan dengan menguasai poster promosi acara Next Generation Hobby Fair dan sempat mengungguli penjualan game Pokemon Omega Ruby dan Alpha Sapphire sebesar 1,6 juta kopi di minggu-minggu pertama.

Kental dengan suasana Jepang, serial ini menceritakan petualangan Nate bertemu dan berteman dengan beragam monster asli Jepang yang disebut yokai. Game pertamanya dirilis pada Juli 2013 lalu, dan langsung diikuti oleh serial anime dan beragam komik. Game-nya sendiri terakhir mendapatkan dua sekuel di 3DS dan satu spin-off untuk mobile.

Level-5 sendiri sekarang memang sudah dikenal sebagai pengembang yang ahli membuat demam sesaat, terlihat dari serial ini, Inazuma Eleven, dan Little Battlers eXperience.

5

Medabots

tiruan game pokemon medabot
Sumber: dlnime.web.id

Berbeda dari tiruan game Pokemon kebanyakan yang mengajak kita mengumpulkan monster, Medabot, atau dikenal sebagai Medarot di Jepang, menghadirkan tema yang menurut saya jauh lebih keren: robot!

Digarap oleh Natsume (ya, developer Harvest Moon itu) dan pertama kali rilis di tahun 1997, serial Medabot menceritakan dunia di mana tren pertempuran robot rakitan sedang mewabah di kalangan anak-anak. Para robot yang bisa dibongkar pasang ini ditenagai oleh sebuah medali, oleh karena itu disebut sebagai Medabot — gabungan dari Medal dan Robot.

Meski di luar Jepang popularitasnya berakhir setelah anime yang mengisahkan petualangan bocah bernama Ikki Tenryou dan sahabat robotnya Metabee tamat di awal tahun 2000an, di negara asalnya sendiri serial ini masih bertahan sampai sekarang.

Judul paling barunya, Medarots Girls Mission, baru saja rilis untuk Nintendo 3DS pada 10 Maret 2016 lalu.

4

Monster Rancher

tiruan game pokemon monster rancher

Judul kedua dalam tren “Gotta Catch ’em All” yang paling berkesan di masa kecil saya, terutama karena sistem game-nya yang sangat unik. Dan juga opening anime-nya yang asyik juga sih.

Di Monster Rancher cara kamu mengumpulkan monster terbilang canggih (dan entah kenapa belum ada yang mencoba menirunya). Dengan mengganti CD atau DVD saat bermain, kamu bisa mendapatkan monster baru secara “acak” tergantung dari CD-nya. Bahkan beberapa CD khusus seperti film Harry Potter atau game Dead or Alive bisa memunculkan monster khusus!

Selain itu, aspek mengurus dan melatih monster yang sangat kental juga bakal membuatmu merasa “lebih akrab” dengan Suezo, Tiger, Mochi, Naga, atau jenis monster apa pun yang kamu punya. Dibanding dengan Pokemon yang fokusnya lebih pada menangkap dan bertanding saja. Belum lagi kalau tiba-tiba mereka meninggal, sedih rasanya…

Sayangnya Tecmo terakhir memakai Monster Rancher hanya untuk game mobile yang jelas tidak memanfaatkan teknologi canggih menukar CD itu pada 2011 silam. Sudah 20 tahun sejak pertama kali rilis nih, buat game barunya, lah!

Baca Juga

Sudah bisa kira-kira kan judul tiruan game Pokemon apa yang menempati posisi pertama? Tapi bagaimana dengan dua game lainnya? Yuk langsung saja lihat halaman 2!

1
2

SHARE
Previous article4 Hikmah yang Bisa Kita Ambil dari Kasus Video Antisemit PewDiePie
Next articleInilah 5 Manga Populer yang Sepertinya Mustahil Dijadikan Anime
Jadi penulis karena nggak bisa koding.